top of page
  • Gambar penulisEditor

New Car Assesment Programme (NCAP) dan Pentingnya Keselamatan Berkendara

Meningkatnya kesadaran akan pentingnya keselamatan berkendara membuat faktor safety menjadi salah satu indikator produk pabrikan otomotif bisa diterima publik.

Front offset deformable barrier test 64 km/h


OTOPLUS-ONLINE I New Car Assessment Program (NCAP) adalah program keselamatan mobil yang diinisiasi oleh pemerintah. Peran ini diserahkan kepada sebuah institusi independen yang bertugas mengevaluasi berbagai aspek desain dan teknis mobil-mobil baru terkait kinerjanya terhadap keamanan dan berbagai ancaman keselamatan.


Di Amerika Serikat institusinya bernama National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), European NCAP di Eropa, ANCAP di Australia dan New Zealand, Latin NCAP di Amerika Selatan, C-NCAP di Cina, Bharat NCP (India), ARCAP (Rusia) dan ASEAN NCAP untuk negara-negara Asia Tenggara. Institusi-institusi inilah yang melakukan pengujian dan asesmen terhadap produk yang bakal dipasarkan.

Front Full Width Rigid Barrier Test 50 km/h


Di negara-negara maju khususnya, faktor safety menjadi salah satu indikasi pabrikan otomotif bisa diterima publik. Unsur fitur serta sistem safety dan keselamatan kendaraan menjadi hal standar yang menjadi daya tarik di pasaran global, tak terkecuali di Indonesia saat ini.



Euro NCAP salah satu institusi yang paling ketat soal variabel pengujian berencana akan menambah satu pengujian pada mobil penumpang terkait keamanan berkendara pada tahun 2023. Variabel itu yakni kemampuan mobil dalam mendeteksi dan bereaksi terhadap pergerakan sepeda motor.

Side mobile barrier test 50 km/h


Terkait dengan hal itu, Peugeot tetap memperhatikan faktor keselamatan dalam line up produknya seperti New 3008 SUV dan New 5008 SUV yang dijual di Indonesia.



“New Peugeot 3008 SUV dan 5008 SUV dilengkapi fitur-fitur keamanan di antaranya 6 buah airbag, Anti-Whilpash Front Seat Headrest, Driver Attention Alert, Audio Seatbelt Warning yang melengkapi fitur-fitur keamanan seperti Anti-lock Braking System, Electronic Stability Program, Electronic Brake Distribution, Brake Assist, Anti-skid Regulation,” jelas Samsudin, Aftersales Support PT Astra International-Peugeot.

Anti-Whilpash Front Seat Headrest, desain headrest mampu mengurangi risiko kepala terlempar ke belakang imbas gaya sentrifugal


Penghargaan Euro NCAP sukses diraih line up Peugeot. Safety Technology Award, Excellent Award-5 Stars dan Euro NCAP Reward pun disematkan pada jajaran produk-produk Peugeot dalam 6 tahun terakhir di Eropa.



Penghargaan yang sama diberikan ASEAN NCAP sejalan dengan perayaan ke-10 tahun The New Car Assessment Program for Southeast Asian Countries (ASEAN NCAP) 9 Desember 2021 lalu di Kajang, Malaysia. ASEAN NCAP merupakan program penilaian mobil baru kesembilan di dunia yang melakukan penilaian independen terhadap kinerja keselamatan model mobil penumpang yang dirilis di pasar Asia Tenggara.

Dikawal 6 airbag termasuk di sisi kursi depan


Semangat serta mengampanyekan fitur dan sistem keselamatan kendaraan menjadi standarisasi untuk disiarkan ke publik.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Youcar

bottom of page