• Editor

Nissan Motor Indonesia Ajak Masyarakat Coba Langsung Mobil Ramah Lingkungan

Konsumen merasakan langsung Nissan Kicks e-Power dan menanyakan kelebihan dan karakternya.

Test drive ini diharapkan dapat menjawab keingintahuan dan menjawab keraguan masyarakat terhadap Nissan Kicks


OTOPLUS-ONLINE I Nissan Kicks e-Power yang diluncurkan secara nasional pada bulan September 2020 melengkapi jajaran model yang ditawarkan PT Nissan Motor Indonesia (NMI).


“Untuk model bermesin konvensional kami memiliki Magnite, Livina dan Serena. Kicks e-Power akan mengisi model hybrid dan Nissan Leaf untuk model full electric-nya,” urai Yusea Kurnia Abadi, Kepala Cabang Nissan Ahmad Yani, Surabaya.


Berbeda dengan mobil listrik murni yang perlu recharging seperti Hyundai Ioniq yang kapasitas baterainya 38,3 kWh, Nissan Leaf 40 kWh atau BMW i3S yang sampai 42,2 kWh. Kapasitas baterai Nissan Kicks hanya 1,57 kWh.

Mesin bensinnya berkonfigurasi 3 silinder DOHC berkapasitas bersih 1.198 cc. Mesin ini identik dengan bawaan Nissan March, tapi di Kicks fungsinya hanya sebagai generator untuk mengisi baterai berkapasitas 1,57 kWh


Hal itu dimungkinkan lantaran Nissan masih membekali Kicks dengan mesin konvensional yang digunakan sebagai generator untuk mengisi daya baterai (recharging) sepanjang dibutuhkan.


Sementara mobil-mobil listrik murni mengandalkan pengisian daya listrik eksternal di SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) atau wall charger di rumah.


Baca juga: Test Drive Nissan Kicks e-Power, Mobil Listrik yang Katanya Nggak Perlu Dicas


Karena masih menggunakan dua mesin, mesin bensin konvensional dan motor listrik, Nissan Kicks e-Power digolongkan sebagai mobil hybrid.


Bedanya hybrid di Kicks dikategorikan sebagai series hybrid lantaran mesin bensin konvensional tidak bekerja paralel dengan motor listriknya untuk menggerakkan mobil. Berbeda dengan mobil golongan parallel hybrid seperti contohnya Toyota Corolla Cross Hybrid atau Toyota CH-R Hybrid.


Baca juga: Uji Performa All New Nissan Magnite, Compact SUV 1.000 cc Turbo Surabaya-Jakarta PP


Dengan adanya mesin konvensional sebagai generator, pemilik tak perlu repot mencari charging station atau khawatir kehabisan baterai. Tinggal mampir ke SPBU, isi bensin seperti mobil-mobil pada umumnya, praktis!


Di wilayah Surabaya, respon masyarakat terhadap produk hybrid Nissan ini cukup baik. “Dalam sebulan rata-rata sementara ini Nissan dapat menjual 5 unit Kicks e-Power,” tukas Yusea.

Yusea Kurnia Abadi, Kepala Cabang Nissan Ahmad Yani


Nah untuk lebih memperkenalkan Nissan Kicks kepada masyarakat Surabaya, Minggu 28 November 2021, Nissan Surabaya menggelar event 'Test Drive Mobil Ramah Lingkungan Dari Nissan' di Common Grounds, Graha Famili, Surabaya.


“Pada event ini calon konsumen dapat merasakan secara langsung bagaimana rasa berkendara dari Nissan Kicks e-Power dan menanyakan segala hal mengenai kelebihan dan karakternya” pungkas Yusea.

Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto