• Editor

Panduan Turing Surabaya-Mandalika (Etape 3): Tiba di Mataram Menuju Sirkuit Mandalika

Jangan lupa booking kamar dan pesan tiket masuk jauh hari sebelumnya.

Otoplus-Online bersama Jefry Chandra, General Manager PT Surapita Unitrans


OTOPLUS-ONLINE I Dari Mataram, Pertamina Mandalika Street Ciruit berjarak sekitar 50 kilometer, untungnya rute sejauh itu terhubung oleh jalan By Pass Bandara, International Lombok sehingga bisa ditempuh antara 60-80 menit.

Start dari dealer Duta Intika Kawasaki di jalan Bung Karno, Mataram, selanjutnya sekitar 100 motor Kawasaki berbagai model menyusuri ruas By Pass Bandara Internasional Lombok sebelum akhirnya sampai ke Mandalika Circuit!


Tetapi harus ekstra hati-hati saat melintas di jalur ini juga jalur-jalur antar kota lainnya di Lombok. “Selain orang penyeberang jalan, hewan seperti sapi atau kambing kadang juga mendadak melintas,“ kata Komang Suryana, salah satu tour guide rombongan yang hafal betul kondisi lalu lintas di Lombok.


Penginapan

Booking penginapan jauh-jauh hari sebelumnya


Nah, yang penting untuk disiapkan jauh hari sebelumnya adalah booking kamar hotel atau penginapan dan pemesanan tiket masuk ke Pertamina Mandalika Street Ciruit. Kita bahas satu-satu.


Ada banyak alternatif tempat menginap di Lombok, khususnya di kota Mataram. Mulai homestay sampai hotel bintang 5. Di daerah Mandalika juga mulai banyak cottage dan villa yang berdiri dan ditawarkan kepada wisatawan.


Mau homestay, hotel atau villa, yang harus diperhatikan, untuk event-event balap internasional seperti World Superbike dan MotoGP nanti sebaiknya lakukan booking jauh-jauh hari sebelumnya.


Seperti yang dilakukan PT Surapita Unitrans dan Duta Intika. “Kami telah melakukan pemesanan kamar hotel sekitar dua bulan sebelum pelaksanaan kejuaraan dunia superbike yang dihelat 19-21 November 2021,” ujar Daniel, Marcomm PT Surapita Unitrans.


Pemesanan Tiket

Tiket masuk sirkuit bisa dipesan via online


Tiket masuk sirkuit bisa dipesan via online. Ada banyak situs dan aplikasi yang menyediakan tiket Motul WorldSBK Mandalika 2021, seperti Tiketapasaja.com, Tiketmu.id, Dyandratiket.com, dan Tiket.com.


Anda juga dapat mengakses tiket WorldSBK Mandalika di website Xplorindonesia (Xplorin.id) atau id.motosport.com.


Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mematok harga tiket termurah untuk penyelenggaraan kejuaraan dunia superbike 2021 dari yang termurah seharga Rp795.000 sampai termahal mencapai Rp2.820.000 belum termasuk pajak. Penetapan harga tersebut ditentukan berdasarkan lokasi duduk atau tribun penonton saat event WSBK Indonesia.

Memegang tiket warna Purple, rombongan PT Surapita Unitrans & PT Duta Intika menempati West Grand Stand


Alokasi tempat duduk ditandai dari warna tiket yakni Red, Blue, Tosca, Purple, Yellow dan Grey. Rinciannya sebagai berikut;


Red

Premiere Grand Stand A Rp 2.820.000

Premiere Grand Stand B Rp 2.750.000

Premiere Grand Stand C Rp 2.650.000


Blue

Main Grand Stand 1A Rp 2.350.000

Main Grand Stand 1B Rp 2.150.000


Tosca

Main Grand Stand 2 Rp 1.850.000


Purple

West Grand Stand Rp 1.395.000


Yellow

Standard Grand Stand 1 Rp 995.000


Grey

Standar Grand Stand 2 Rp 795.000

Parkir

Robby Hardian, peserta asal Makassar ikut turing naik Kawasaki ZX-14-nya bersama rombongan PT Surapita Unitrans dari Surabaya


Panitia membagi lokasi parkir di kompleks Pertamina International Street Circuit menjadi dua. Parkir Barat dan Parkir Timur.

Tarif parkir sepeda motor ditetapkan Rp 15.000 per motor


Untuk tarif parkir sepeda motor ditetapkan Rp 15.000 per motor, sementara mobil Rp 50.000 per mobil. Alurnya dari lokasi parkir, penonton akan diangkut oleh bis feeder ke parkir utama untuk melewati pos protokol kesehatan dengan mengecek suhu tubuh dan scan barcode aplikasi Peduli Lindungi.

Seluruh peserta harus menjalani tes antigen sebelum berangkat ke sirkuit


Yang harus diperhatikan, setiap penonton wajib melakukan tes antigen untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19. Apabila ada penonton yang belum melakukan tes antigen, pihak panitia menyediakannya di area ticketing.


Payung & Botol Air Mineral Dilarang Dibawa Masuk

Tim Focyl yang beranggotakan motor-motor 4 silinder mayoritas berkapasitas 600cc up


Setelah melewati pos protokol kesehatan, penonton akan diarahkan ke loket tiket untuk menukarkan kode booking tiket yang sudah dipesan sebelumnya.


Tiket yang didapatkan berikut gelang dengan ciri warna sesuai tempat duduk yang kita pesan. Untuk yang memesan tiket terusan, perhatikan, gelang kertas yang diberikan akan digunakan selama 3 hari berturut-turut.


Saran OTOPLUS-ONLINE kalau enggan repot mengurus gelang yang rusak karena sobek, pasang cukup longgar saja untuk memudahkan saat akan melepaskan dan memakainya lagi di keesokan harinya.

Pastikan naik bis sesuai tanda warna tiket untuk menghindari nyasar


Dari area ticketing penonton kemudian diarahkan menuju bis untuk diberangkatkan ke area sirkuit. Pastikan bis yang akan dinaiki memiliki tanda warna sesuai warna gelang kita. Lokasi pintu masuk sirkuit cukup jauh, dengan lokasi parkir bis, butuh waktu sekitar 10 menit.

Lokasi pintu masuk sirkuit cukup jauh, dengan bis butuh waktu sekitar 10 menit.


Tiba di sirkuit, seluruh penonton diharuskan melewati pos pemeriksaan keamanan. Barang-barang seperti payung, air mineral botol plastik, makanan, korek api, tripod/monopod, juga lensa tele tidak diperbolehkan untuk dibawa masuk.

Penitipan helm dan apparel disediakan panitia dari Kawasaki


Setidaknya penonton masih dapat membawa jas hujan dan topi untuk melindungi seandainya hujan atau terik panas, pasalnya kecuali


Jangan khawatir, di arena tribun ada banyak stall makanan dan minuman yang tersedia. Pilihannya pun cukup beragam, mulai nasi goreng sampai sushi ada.


Harganya masih masuk akal lah, sebagai contoh air mineral botol 600 ml dihargai Rp 3.500. Itu harga di hari kualifikasi saat race day, harganya melonjak jadi Rp 5.000. Untuk makanan, harganya berkisar Rp 30.000-35.000. Let’s enjoy the race!


Baca juga:

Panduan Turing Surabaya-Mandalika (Etape 1): Menuju Denpasar

Panduan Turing Surabaya-Mandalika (Etape 2): Tiba di Bali Lanjut ke Lombok


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Nugroho Sakri Yunarto, Surapita Unitrans, Duta Intika