• Editor

Pemerintah Perpanjang PPKM Darurat, Pengusaha di Malang Galang Misi Sosial Nasi Merah Putih

“Hanya dengan kibarkan Bendera Merah Putih kecil di depan rumah Anda, kami akan antarkan Nasi Merah Putih secara sukarela 2 kali sehari, siang dan malam setiap hari selama PPKM Darurat.” (Arief Utama Waworuntu - Hill House Batu, Malang).

OTOPLUS-ONLINE I Presiden RI Joko Widodo secara resmi mengumumkan hari ini (Selasa, 20 Juli 2021), bahwa Pemerintah akan memperpanjang PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat. Namun jika trend kasus lonjakan Covid-19 terus mengalami penurunan, maka 26 Juli 2021 nanti, Pemerintah akan melakukan pembukaan secara bertahap.


Ajakan Jokowi kepada seluruh lapisan masyarakat, seluruh komponen bangsa, untuk bersatu melawan Covid-19 ini seolah mendapat respon dari pengusaha di Malang, Jawa Timur yang dimotori oleh Arief Utama Waworuntu, owner Hill House Batu – Malang untuk menggalang misi sosial kemanusiaan, Nasi Merah Putih.


Baca juga: Honda Brio Community Baksos Serempak Untuk Indonesia 2021


Idenya adalah membantu warga masyarakat terdampak PPKM Darurat, terutama sekali bagi yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) karena terpapar Covid-19, dengan membagikan nasi bungkus gratis.


Diberi nama Nasi Merah Putih karena selain pada nasi tersebut ditempeli pita merah putih, juga ada makna yang terkandung di dalamnya.


Baca juga: Lady Bikers Malang Gelar Baksos untuk Korban Gempa Malang di Momen Hari Kartini


“Dengan dilandasi semangat nasionalisme, kita sebagai warga Negara Indonesia bersama-sama dan bergotong royong saling membantu sesama untuk bangkit demi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Itulah mengapa nasi bungkus ini saya beri nama Nasi Merah Putih," papar Arief.

Bersinergi dengan sesama rekan-rekan pengusaha, dan juga melibatkan para Kapolres di Malang Raya untuk membantu masyarakat terdampak PPKM Darurat, terutama yang sedang menjalani isolasi mandiri karena terpapar Covid-19, dengan membagikan nasi bungkus


Itu sebabnya Arief yang juga seorang biker ini melibatkan banyak orang dalam misi ini. “Saya mengajak rekan-rekan pengusaha, dan juga melibatkan para Kapolres di Malang Raya yaitu Malang Kota, Malang Kabupaten dan Kota Batu untuk menyukseskan kegiatan sosial ini,” terang Arief.


Lebih lanjut Arief menjelaskan, rencana awal pihaknya akan menyiapkan 100 nasi bungkus untuk makan siang, dan 100 porsi untuk makan malam per harinya, yang akan dibagikan di masing-masing wilayah hukum Polres Malang Kota, Polres Malang Kabupaten dan Polres Batu. “Jadi untuk tahap awal totalnya kami menyiapkan 600 porsi per hari selama masa PPKM Darurat”, imbuh Arief.


Baca juga: Baksos Yamaha N-MAX Club Indonesia (YNCI) Kudus Chapter Serentak 253 Kota


Cara untuk mendapatkan bantuan sosial ini juga cukup mudah. Hanya dengan mengirimkan bukti foto Bendera Merah Putih kecil di pagar rumah, beserta foto KTP dan alamat lengkap ke nomer telepon yang tercantum di flyer, maka tim akan datang mengirimkan Nasi Merah Putih.

Dropping dilakukan setiap siang dan sore selama masa PPKM Darurat


Untuk sementara, jangkauan tim masih di Kota Batu, sedangkan untuk wilayah Malang Kota ada di seputaran Lowok Waru dan untuk di wilayah Malang kabupaten ada di seputaran Dau.


“Mudah-mudahan apa yang saya lakukan ini bisa menggugah pengusaha lainnya dalam kondisi sulit tidak saling menyerang atau tidak saling menjatuhkan, tetapi kita sama-sama bangkit gotong royong membantu sesama”, tutup Arief.


Teks: dJansen

Foto: Istimewa