top of page
  • Editor

Perawatan Cat Dof: Mana yang Haram dan Halal?

Cat dof butuh perhatian lebih, khususnya di musim hujan seperti saat ini.

Jangan biarkan debu dan kotoran hinggap kelamaan di atas permukaan cat


OTOPLUS-ONLINE I Belakangan cat matte atau dof semakin jadi trend. Perhatikan saja pilihan warna-warna motor yang ditawarkan saat ini. Rata-rata menyodorkan pilihan warna-warna dof.


Cat ini disukai lantaran mampu menampilkan aura futuristik sekaligus garang. Positifnya lagi, cat ini matching di beragam model motor. Mulai skutik bergaya retro, skutik harian, sport ber-cc kecil, superbike bahkan motor trail.


Tetapi di balik kelebihan itu, cat matte ternyata butuh perhatian lebih, khususnya di musim hujan seperti saat ini. “Sebaiknya segera cuci motor setelah kehujanan atau terkena hujan,” buka Rizky Firmansyah, pemilik usaha home service vehicle detailing di Surabaya.


Baca juga: AC Jadi Kurang Dingin? Hati-Hati, Ini Salah Satu Tanda Air Radiator Habis!


Pasalnya sisa air hujan atau jamur air dan kotoran yang menempel di atas permukaan cat dof berpotensi membekas permanen. “Itu karena jenis pernisnya tidak seperti pernis cat glossy,” tukas Firman.


Mau dilindungi dengan Nano Ceramic pun hasilnya tidak efektif karena pada cat dof lapisan Nano Ceramic gak akan awet menempel di atas permukaannya.


Jadi solusi mudah dan murah yang bisa dilakukan adalah sesering mungkin mencucinya begitu terkena kotoran atau hujan.

Sesekali ornamen seperti tatakan plat nomor dan visor perlu dilepas untuk mengusir kotoran di bawahnya


Saat mencuci, sesekali lepaskan plat nomor serta tatakan plastik rumah plat nomor. Untuk motor yang dilengkapi visor seperti Yamaha All New Aerox 155. Sesekali copot juga komponen itu untuk membersihkan kotoran atau jamur air yang hinggap di bawahnya.

Cukup gunakan air bersih dan kain lap PVC atau microfiber


Agar tidak berubah warna Firman menjelaskan, “Hindari mengusap silikon di atas permukaan cat, khususnya cat dof karena sifat cairan silikon panas. Panas cairan silikon akan mengubah warna cat khususnya cat dof. Dalam jangka panjang, cat akan memudar dan terlihat kusam keputihan.”


Baca juga: Ban Bocor Halus, Bagaimana Tips Pencegahannya?


Kesimpulannya merawat cat dof itu mudah, dengan rajin mencuci akan mencegah jamur air dan kotoran yang berpotensi menimbulkan bekas permanen dan merusak penampilan motor.


Visor All New Aerox 155

Jangan sembarang ganti dimensi visor karena baut pengikat berbahan plastik tidak didesain untuk mengikat visor berukuran besar


Beberapa model Yamaha seperti All New Aerox 155, Lexi dan Nmax dilengkapi dengan visor. Saat melepas visor berhat-hatilah dengan baut pengikatnya.

Baut plastik ini dijual Rp14.000/piece


Baut ini bukan terbuat dari besi melainkan plastik yang harganya Rp14.000/piece. Saat mengencangkan visor, tidak perlu terlalu kuat karena justru berpotensi drat baut plastik itu patah di dalamnya.


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto

bottom of page