• Editor

PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 akan Jadi Pameran Kendaraan Listrik Terbesar

Seremoni penandatanganan ini menjadi awal dari sosialisasi pameran PERIKLINDO Electric Vehicle Show yang akan dilaksanakan pada 12 – 22 Mei 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Dari kiri: Ralph Scheunemann, Marketing Director PT Jakarta International Expo, Jenderal TNI (Purn.) Moeldoko, Ketua Umum PERIKLINDO, Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo


OTOPLUS-ONLINE I Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia, Dyandra Promosindo dan Jakarta International Expo Surabaya menandatangani kerjasama event PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di Vasa Hotel Surabaya pada 10 November 2021.


Acara ini dihadiri langsung oleh Jenderal TNI (Purn.) Moeldoko, Ketua Umum PERIKLINDO, Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo, dan Ralph Scheunemann, Marketing Director PT Jakarta International Expo.


Seremoni penandatanganan ini menjadi awal dari sosialisasi pameran PERIKLINDO Electric Vehicle Show yang akan dilaksanakan pada 12 – 22 Mei 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Dengan digelarnya PESV diharapkan habitat kendaraan listrik baik mobil maupun motor akan semakin berkembang


Ketua Umum PERIKLINDO menyatakan, acara pameran PERIKLINDO Electric Vehicle Show merupakan wujud keseriusan PERIKLINDO dalam memajukan industri otomotif nasional khususnya di bidang kendaraan listrik dan industri pendukungnya, sekaligus mendukung pemerintah dalam program percepatan kendaraan listrik berbasis baterai.


“Kendaraan listrik telah beredar luas dan akan menjadi kendaraan masa depan. Menyikapi hal ini, Dyandra Promosindo berterima kasih kepada PERIKLINDO dan Jakarta International Expo atas kepercayaannya untuk bekerjasama mewujudkannya melalui PERIKLINDO Electric Vehicle Show,” ujar Kohen, sapaan Hendra Noor Saleh.


Baca juga: Test Drive Nissan Kicks e-Power, Mobil Listrik yang Katanya Nggak Perlu Dicas


"Ini adalah langkah kami bersama untuk berkontribusi dan mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik. Kami mengajak seluruh elemen industri kendaraan listrik untuk ikut serta di gelaran Mei 2022."


PEVS tidak terbatas hanya untuk mobil, namun commercial vehicle, motor, sepeda listrik, aftermarket, dan seluruh industri komponen kendaraan listrik lainnya, dari hulu hingga hilir.

Begitu juga infrastruktur SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaran Listrik Umum)


Melalui acara ini, diharapkan dapat memberi edukasi dan meningkatkan awareness mengenai kendaraan listrik, dan juga mendukung peningkatan penjualan industri kendaraan listrik, industri kreatif serta UMKM.


“Saat ini penjualan mobil listrik di Indonesia belum mencapai 1 persen dari total penjualan mobil. Penyebabnya harga mobil listrik belum bisa dijangkau oleh sebagian besar masyarakat. Di samping itu juga karena masih minimnya wawasan masyarakat mengenai mobil listrik. Lewat pameran ini diharapkan akan membuat masyarakat paham mengenai teknologi serta ragam pilihan kendaraan listrik,” terang Kohen.


Baca juga: Simulasi Pemakaian Motor Listrik United E-Motor T1800 untuk Sehari-hari


Sementara itu, Ralph Scheunemann berharap dengan pelaksanaan event ini di tahun 2022 diharapkan menjadi kebangkitan industri MICE di Indonesia.

Peralihan juga akan menggerakkan sector industri kreatif seperti modifikasi sepeda motor


“Kita sebagai venue owner sangat mendukung pelaksanaan PERIKLINDO Electric Vehicle Show sebagai event baru, yang akan terus berkembang di masa depan," ujar Ralph.


Acara ini adalah bentuk dukungan dan kontribusi terhadap program-program seiring sejalan dengan kebijakan pemerintah, mulai dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian BUMN, dan Kementerian Perhubungan, serta banyak lainnya dari berbagai lintas departemen.


Baca juga: Seperti Apa Naik Hyundai Ioniq, Mobil Listrik Murni di Kondisi Sesungguhnya?


Selain seremonial penandatanganan tersebut, Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik (Periklindo) menunjukkan keseriusan mereka dalam mendukung pemerintah untuk percepatan Kendaraan Listrik Berbasis Baterai (KLBB) dengan memberikan penghargaan kepada generasi muda yang concern terhadap pengembangan kendaraan listrik.


Periklindo memberikan penghargaan kepada dua perguruan tinggi yakni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Gajah Mada (UGM) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI 1 Mejayan, Madiun.


Baca juga: BMW i3s Tak Hanya Praktis dan Efisien Khas Mobil Listrik, Tapi Juga Mewah


DR H.Moeldoko, ketua umum Periklindo menyampaikan penghargaan ini diberikan atas inovasi dalam penelitian dan pengembangan kendaraan listrik. Tim Nogogeni dari ITS berinovasi dan merintis ekosistem kendaraan listrik.


Tim Arjuna dari UGM memiliki pencapaian yang membanggakan dengan prestasi di ajang internasional yakni Formula Society of Automotive Engineers (FSAE). Sementara SMK PGRI 1 Mejayan sukses memperkenalkan kendaraan listrik yakni Mobil Toko Kampung Pesilat untuk keperluan UMKM.


Baca juga: BMW i8 Roadster: Komparasi Mobil Listrik Hibrida dan Mobil Listrik Murni


“Periklindo mengapresiasi pencapaian generasi muda yang mendukung pengembangan kendaraan listrik. Kami percaya di masa mendatang Indonesia akan menjadi negara yang diperhitungkan di bidang kendaraan listrik,”ujar Moeldoko.


Sementara itu, PT Smoot Motor Indonesia, salah satu anggota Periklindo memberikan apresiasi dengan menyerahkan secara simbolis 10 unit motor listrik kepada ketiga pemenang penghargaan Inovator Muda Mobilitas Masa Depan.


Baca juga: Smoot Tempur, Skuter Listrik dengan Charging Time 9 Detik dan Battery Swap


“Kami harapkan kepada para penerima penghargaan untuk tetap menjaga semangat dalam mengembangkan industri kendaraan listrik di Indonesia dengan terus melakukan inovasi,” ungkap CEO PT Smoot Motor Indonesia, Irwan Tjahaja.

Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Dyandra Promosindo, Nugroho Sakri Yunarto