top of page
  • Gambar penulisEditor

Porsche Luncurkaan All New Macan T, Varian Touring Pertama Pada Mobil Sport Empat Pintu

Sebelumnya, sejak tahun 1960-an, Porsche menyematkan varian Touring ini hanya pada model 911 dan 718. Apa keistimewaan varian T ini?

OTOPLUS-ONLINE I T di sini adalah singkatan dari 'Touring,' dan ini adalah untuk pertama kalinya, Porsche memberikan sebutan khusus tersebut pada mobil sport empat pintu produksinya, yakni Macan. Sebelumnya, sejak tahun 1960-an, Porsche menyematkan varian Touring ini hanya pada model 911 dan 718.


'Touring' adalah identifikasi model yang menawarkan pengalaman berkendara yang sangat otentik berkat penyetelan yang presisi, peralatan eksklusif, dan mesin yang efisien.

Sesuai dengan semangat Porsche 911 T dari tahun 1968, All New Macan T yang diluncurkan 17 Februari 2022 lalu ini memiliki fitur pengaturan yang sangat dinamis dan mesin turbo dua liter yang ringan, dikombinasikan dengan desain atletis dan berbagai perlengkapan standar yang ideal untuk gaya mengemudi sporty. Konsep ini memposisikan Macan T di antara Macan dan Macan S.


Detail eksklusif luar-dalam

Elemen desain yang dicat dengan warna Agate Grey Metallic di bagian depan, sayap, dan belakang Macan T membedakan kendaraan ini dari model lain dalam seri ini.

Warna kontras eksklusif dapat dilihat pada trim depan yang dicat, spion luar, bilah samping, spoiler atap, dan logo di bagian belakang.

Tailpipes sport dan trim jendela samping dalam warna Hitam (high gloss) disertakan sebagai standar dan bilah samping menampilkan logo 'Macan T' dalam warna Hitam.

Roda Macan S dua puluh inci yang mengesankan, eksklusif dalam titanium gelap, hadir sebagai standar. Pelanggan dapat memilih dari 13 warna polos, metalik, dan warna khusus untuk eksterior.

Interior Macan T memiliki suasana tersendiri. Kursi sport berpemanas delapan arah yang dapat disetel secara elektrik dilengkapi pelapis eksklusif berdasarkan paket kulit Hitam.


Bagian tengah kursi depan dan kursi belakang luar dilengkapi dengan pola Sport-Tex Stripe dan sandaran kepala depan masing-masing memiliki lambang Porsche yang diembos. Warna kontras dari eksterior berlanjut ke bagian dalam kendaraan dalam bentuk jahitan dekoratif perak pada jok, sandaran kepala, dan setir.

Perlengkapan standar juga termasuk roda kemudi sport berpemanas GT multifungsi dan stopwatch Sport Chrono di bagian atas dasbor. Door entry guard hadir dalam aluminium hitam sebagai standar dan menampilkan logo Macan T. Fitur opsional termasuk roda kemudi sport GT multifungsi di Race-Tex dengan trim karbon dan ioniser.


Macan T juga mendapat manfaat dari semua elemen baru dari model generasi yang direvisi pada musim panas 2021, seperti konsol tengah baru dengan tampilan kaca yang canggih dan permukaan yang peka terhadap sentuhan, serta Porsche Communication Management (PCM) yang berjejaring penuh. sistem dengan layar sentuh 10,9 inci dan navigasi online sebagai standar.



All New Macan T bergabung dengan jajaran model Porsche terlaris di seluruh dunia pada tahun 2021. Macan juga istimewa karena fakta bahwa sekitar 80 persen dari semua pembeli adalah pelanggan Porsche baru.


Selain itu konsumen wanita yang membeli SUV compact ini juga telah meningkat secara konsisten dan merupakan yang tertinggi di semua lini produk Porsche, menunjukkan daya tariknya yang kuat bagi wanita yang bersemangat.



Mesin turbo dua liter dengan tenaga 265 PS

Dibandingkan dengan mesin biturbo V6 2,9 liter pada model Macan S dan GTS, dapur pacu pada Macan T ini lebih ringan 58,8 kg pada as roda depan. Hal ini memberikan performa start-off yang sangat baik dan kemampuan menikung optimal.


Macan T memiliki tenaga 195 kW (265 PS) dan torsi 400 Nm, karakteristik yang sesuai dengan desain kendaraan yang presisi dan menghasilkan penggerak yang mengesankan.



Seperti pada SUV compact umumnya, mesin tersebut digabungkan dengan transmisi kopling ganda tujuh percepatan (PDK) dan sistem penggerak empat roda Porsche Traction Management (PTM). Distribusi torsi yang luas memberikan akselerasi responsif di semua situasi berkendara.


Ketika dilengkapi dengan Paket Sport Chrono standar termasuk sakelar mode dan tombol Sport Response di roda kemudi, Macan T sanggup berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 6,2 detik, dan mencapai kecepatan tertinggi 232 km/jam.


Sasis lebih turun 15 milimeter

Macan T adalah satu-satunya model Porsche yang memiliki suspensi baja dengan Porsche Active Suspension Management (PASM) sebagai standar, dikombinasikan dengan bodi yang diturunkan 15 mm.


Anti-roll bar di gandar depan lebih kaku dan penyetelan sasis mobil telah dioptimalkan untuk menciptakan suspensi yang sempurna untuk kendaraan dan powertrain, menghasilkan perilaku kemudi yang sangat responsif dan penanganan yang gesit.



Porsche Traction Management (PTM) juga telah disesuaikan dengan tuntutan berkendara Macan T dan telah dirancang khusus dengan bias roda belakang.


Menambahkan suspensi udara adaptif dengan PASM dan menurunkan bodi sebanyak 10 mm juga merupakan opsi – fitur baru untuk model Macan dengan mesin empat silinder.


Porsche Torque Vectoring Plus (PTV Plus) juga dapat ditambahkan: sistem telah disesuaikan dengan karakteristik dinamis model T dan semakin mempertajam dinamika berkendara.


Macan T

NEDC: Konsumsi bahan bakar gabungan: 8,8 – 8,7 l/100 km; Gabungan emisi CO2: 200 g/km

WLTP: Konsumsi bahan bakar gabungan: 10,7 – 10,1 l/100 km; Gabungan emisi CO2: 242 – 229 g/km


Teks: Indramawan

Foto: Porsche

Comments


bottom of page