• Editor

Porsche Luncurkan The New Macan 2022 dengan Upgrade Menyeluruh

Peluncuran The New Macan dibarengi peningkatan performa, desain lebih tajam, dan konsep pengoperasian baru.

OTOPLUS-ONLINE I Macan adalah nama compact SUV gacoan Porsche yang kebetulan namanya memang diambil dari bahasa Indonesia, yang berarti Tiger dalam bahasa Inggris.

Sejak peluncuran pasar pada tahun 2014, tak kurang dari 600.000 unit dikirimkan ke seluruh dunia. Menariknya, sekitar 80 persen dari semua pembeli Macan adalah pelanggan baru Porsche.


Baca juga: Driving Impression Porsche Macan (1): Compact SUV Keren Sekaligus Garang!


Selain itu, konsumen wanita yang membeli Macan juga meningkat secara konsisten dalam beberapa tahun terakhir, dan merupakan yang tertinggi di semua lini produk Porsche.


Di Cina, yang merupakan pasar terbesar untuk Macan, di bawah 60 persen pembelinya adalah wanita!

The New Macan 2022 sudah tersedia untuk dipesan sekarang. Untuk Indonesia, dipasarkan oleh Eurokars Group Indonesia selaku dealer Porsche di Tanah Air


Dalam press release yang kami terima, The New Macan 2022 sudah tersedia untuk dipesan sekarang, dan akan dikirimkan di Eropa mulai awal Oktober 2021.


Di negara asalnya, Jerman, harga mulai dari 62.917 euro (sekitar Rp1,074 miliar) untuk Macan, 71.723 euro (sekitar Rp1,225 miliar) untuk Macan S, dan 88.264 euro (sekitar Rp1,507 miliar) untuk Macan GTS, termasuk PPN dan peralatan khusus negara.


Baca juga: Driving Impression Porsche Macan (2): Lebih Terasa Sport Car Ketimbang SUV!


Sementara itu mari kita simak pembaruan apa saja yang dilakukan Porsche pada compact SUV jagoannya ini.


Performa

Dalam hal performa, The New Macan GTS yang menempati kasta tertinggi kini mengusung mesin V6 biturbo kapasitas 2.9 liter dengan kemampuan menghasilkan tenaga lebih besar, yakni 440 HP, atau meningkat 60 HP!

The New Macan GTS mampu melakukan top speed 272 km/jam


Dari kondisi diam (0 Km/jam) hingga 100 Km/jam, sprint bisa dilakukan dalam waktu 4.3 detik saja, dengan menggunakan paket Sport Chrono, serta menyentuh angka top speed 272 km/jam.

Khusus The New Macan GTS dilengkapi sport air suspension sehingga bodi lebih turun 10 milimeter. Selain itu, 10 persen lebih kaku pada sumbu roda depan dan 15 persen lebih kokoh pada sumbu roda belakang


Sementara untuk The New Macan S yang sekarang juga dilengkapi mesin V6 biturbo kapasitas 2.9 liter mampu menghasilkan tenaga 380 HP, atau lebih besar 26 HP dari sebelumnya.

The New Macan S mampu menyentuh top speed 259 km/h


Dengan kemampuan ini, The New Macan S mampu melakukan sprint dari kondisi diam ke 100 Km/jam dalam waktu 4.6 detik, dengan top speed melebihi 259 km/h.


Sementara itu, Porsche juga menghadirkan The New Macan versi entry point dengan menggunakan mesin yang baru dikembangkan dengan spek 4 silinder turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 265 HP.


Baca juga: Kendarai Porsche Taycan Turbo S Ini Rasanya Seperti Didorong Jin!


Kemampuan sprint-nya pun cukup oke, dari kondisi diam ke 100 Km/jam ditempuh dalam waktu 6.2 detik, dan top speed 232 km/jam.

Macan GTS dan Macan S dilengkapi Porsche dual-clutch transmission (PDK) 7-speed


Semua mesin pada tiga tiga versi ini menggunakan Porsche dual-clutch transmission (PDK) 7-speed dan Porsche Traction Management (PTM) all-wheel-drive system.


Desain lebih tajam dan sporty

Desain The New Macan S tampak dari depan


Porsche semakin mempertajam tampilan visual SUV compact ini dengan sejumlah perubahan spesifik. Hidung atau bagian depan yang didesain ulang dengan inlay pada warna eksterior membuatnya tampak lebih lebar.

Bagian belakang The New Macan GTS beberapa elemen ditampilkan dalam warna hitam


Pada The New Macan GTS, bagian tengah bumper depan serta elemen lainnya ditampilkan dalam warna hitam. Bagian belakang sekarang ditegaskan ke arah bawah dengan diffuser mencolok.


Di sini dan di bagian depan, fitur struktur 3D baru, yang juga tersedia secara opsional untuk bilah samping mobil. Lampu depan LED dengan Porsche Dynamic Light System (PDLS) dan kaca spion eksterior Sport Design kini menjadi standar pada semua model.

The New Macan GTS Sport Package tampil dalam warna Python Green


Total ada 14 warna tersedia untuk The New Macan, termasuk warna baru Papaya Metallic dan Gentian Blue Metallic, serta Python Green untuk Macan GTS Sport Package.


Dengan pilihan Individual Color dan Paint To Sample, Porsche Exclusive Manufaktur secara signifikan memperluas kebebasan desain untuk Macan.

Macan GTS dilengkapi lingkar roda lebih lebar, yakni 21 inci


Roda yang lebih besar juga dipasang sebagai standar: berukuran setidaknya 19 inci untuk Macan, 20 inci untuk Macan S, dan 21 inci untuk Macan GTS. Sebanyak tujuh desain roda baru juga telah ditambahkan sebagai pilihan.


Interior dan Konsep Pengoperasian Baru

Porsche The New Macan menawarkan interior yang ditingkatkan secara substansial dengan konsol tengah yang dirancang modern dan elegan.

Suasana interior yang moderen tapi elegan


Konsep pengoperasian barunya, yang memanfaatkan permukaan sentuh, menghadirkan struktur yang jelas pada kokpit. Tuas pemilih transmisi baru yang lebih pendek berada di tengah modul kontrol yang diatur dengan jelas. Jam analog di bagian atas dasbor kini juga menjadi perlengkapan standar.

Konsep pengoperasian baru memanfaatkan permukaan sentuh


Sejumlah paket pelapis kulit dan jahitan kontras dalam Gentian Blue, Pepaya atau Crayon tersedia secara opsional untuk menambahkan highlight warna baru pada interior.


Macan terus menawarkan banyak fungsi dan layanan online sebagai standar. Ini dapat dikontrol melalui layar sentuh Full HD 10,9 inci dari Porsche Communication Management atau melalui perintah suara. Macan mengadopsi roda kemudi multifungsi dan GT Sport baru dari 911.

Paket khusus interior ini hanya ada pada GTS Sport Package sebagai varian tertinggi


Khusus The New Macan GTS Sport Package yang merupakan model paling atas dilengkapi perlengkapan khusus dan eksklusif terutama untuk interior. Ini termasuk kursi sport 18-way, paket interior Carbon, jok Race-Tex dengan elemen kulit, berbagai item dengan jahitan kontras dan huruf GTS dalam warna Python Green.


Teks: Indramawan

Foto: Porsche