top of page
  • Gambar penulisEditor

Porsche New Macan Hadir di Surabaya: Wajah Lebih Sporty, Mesin Lebih Bertenaga

Dipasarkan mulai harga off the road Rp1,7 miliar (Macan) sampai Rp2,65 miliar (Macan GTS).

OTOPLUS-ONLINE I Porsche Indonesia memperkenalkan New Macan di Surabaya pada 28 Maret 2022 lalu. Generasi terbaru Macan dihadirkan dalam 3 pilihan varian yaitu Macan, Macan S dan Macan GTS.



Varian Macan menggunakan mesin 4 silinder turbo berkapasitas 2 liter. Sedangkan Macan S dan GTS memakai mesin V6 turbo ganda dengan kapasitas 2.9 liter.

Mesin turbo 2.000 cc ini bertenaga 265 ps dengan torsi 400 Nm dan kecepatan maksimumnya diklaim mencapai 232 km/jam


“Compact Sporty SUV ini dipasarkan mulai harga off the road Rp 1,7 miliar (Macan) sampai Rp 2,65 miliar (Macan GTS),” ungkap Alexander Riedle, General Manager Porsche Centre Surabaya.

Porsche menyediakan total 17 pilihan motif pelek dengan 7 di antaranya adalah pilihan baru dengan rentang ukuran 19-21 inci. Pelek yang terpasang ini berukuran 20 inci tipe Neodyme


Sosok Macan terbaru kini terlihat lebih sporty berkat sejumlah perubahan spesifik. Di haluan bumper depan yang didesain ulang dengan inlay selaras warna bodi sehingga menegaskan dimensi lebar New Macan.

Lampu depan LED dengan Porsche Dynamic Light System (PDLS) kini menjadi standar


“Lampu depan LED-nya kini telah dibekali fitur Porsche Dynamic Light System (PDLS),” sebut Ricko Boen, Certified Sales Trainer Porsche Indonesia. Teknologi PDLS memungkinkan lampu depan untuk menyesuaikan kekuatan dan arah pencahayaan dengan kondisi lingkungan.

Desain spion baru dengan kebaruan pada bentuk tiangnya


Pada bagian samping ada spion baru yang diadopsi dari Macan GTS serta side body protector yang diimbuhi sentuhan elemen 3 dimensi pada permukaannya.

Lampu rem belakang LED dengan desain baru


Untuk bagian belakang ada lampu baru dengan reflektor yang terintegrasi, menghubungkan lampu belakang sisi kanan dan kiri.

Selain lampu dan reflektor yang terintegrasi, desain diffuser juga baru. Desainnya dibuat sangat teknis dan di-finishing warna hitam


Namun yang signifikan tampak pada panel diffuser yang desainnya meninggi dan terintegrasi dengan moncong knalpot.

Sentuhan elemen 3 dimensi yang menegaskan permukaan panel warna hitam di haluan, samping dan buritan


Perubahan pada sisi interior terletak utamanya pada konsol tengah yang desainnya menyerupai Porsche Cayenne. Saat mesin mati, permukaan konsol hanya terlihat seperti panel hitam glossy.

Direct touch control, berpenampilan rapi dengan permukaan seperti layar sentuh tapi membutuhkan tekanan ringan dari jari tangan untuk pengoperasiannya. Sementara perangkat Sport Chrono yang dulu opsional kini menjadi kelengkapan standar


Namun saat dihidupkan maka akan tampil berbagai fungsi kontrol yang dapat diaktifkan dengan menekan secara ringan panel capactive tersebut.

Setir sport multifungsi yang nyaman digenggam dan menawarkan rentang penyetelan yang luas untuk posisi mengemudi ideal, dengan posisi duduk rendah dan sporty, tipikal Porsche


Tak hanya penampilan, sisi performa juga ditingkatkan. Walau basis mesin masih sama dengan pendahulunya, tenaga dan torsinya meningkat.



Macan mendapatkan kenaikan tenaga sebesar 20 ps dan torsi 30 Nm. Macan S tenaganya terkail 26 ps dan torsi 40 Nm. Sementara Macan GTS tenaganya terdongkrak 60 ps dengan torsi yang meningkat 30 Nm.


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto

Comments


bottom of page