• Editor

Proyek Iseng, Electric Chopper

Electric old school chopper by Wannabe Choppers

Desain motor elektrik yang beredar saat ini cenderung futuristik, dan atau menyerupai motor-motor yang sudah banyak beredar. Model skuter, sport, atau dual-purpose (trail). Kalau yang berwujud old school chopper? Baca juga: Choppy Cub Elektrik.

Paling tidak inilah yang melatarbelakangi Enrico de Haas untuk membikin motor listrik dengan tampilan yang menarik menurutnya, old school chopper! “Motor elektrik itu tak harus berpenampilan jelek,” buka Enrico atau yang akrab disapa Ricky.


Ditambahkan oleh pria 29 tahun yang mendirikan bengkel Wannabe Choppers ini 14 tahun lalu, bahwa membuat motor listrik yang punya beberapa kelebihan akselerasi dan bobot ringan ini bukanlah target utama.

"Kami sebenarnya sedang membuat mesin bensin kami yang pertama. Yang terpasang itu adalah mock up-nya. Semoga mesin prototype kami nanti bisa selesai 2 atau 3 tahun lagi," ujar Ricky.


Nah sembari menunggu proyek mesin bakar ini kelar, muncullah ide membuat electric chopper ini terlebih dahulu. Singkatnya, proyek ini adalah iseng-iseng saja.

“Tapi kami tidak main-main. Semua komponen kami buat sendiri di bengkel bersama Julius," jelas Ricky sambil menyebut komponen seperti fork, frame, dan lain-lain.

Butuh 1400 jam dalam waktu satu setengah tahun untuk mengerjakan motor ini. "Artinya, setiap hari kami tak mengerjakan hal lain kecuali motor ini. Itu yang bikin kami hampir bangkrut,” senyum Ricky sambil menjelaskan bisnis utama Wannabe Choppers ini adalah membuat komponen-komponen motor.

“Karena itu kami puas karena motor ini menunjukkan kemampuan kami yang sebenarnya,” lanjut Ricky yang menggunakan semua jenis peralatan kecuali mesin CNC.

Dan yang menarik adalah, setelah proyek sampingan ini kelar, Ricky yang kemudian memamerkan motornya ini di Amerika menerima banyak pujian dari banyak pihak, termasuk media.

“Bahkan ada sekitar 4-5 perusahaan yang sudah menghubungi kami. Mereka ingin dibuatkan motor listrik sendiri setelah melihat kami berhasil menjawab kekhawatiran mereka selama ini.”

Di Balik Julukan AlSi9Mg

Yang menarik adalah ketika Ricky bercerita tentang nama julukan motor ini, AlSi9Mg. “Nama itu kami ambil dari kode kimia untuk aluminium, bahan yang kami gunakan untuk membuat semua komponen motor ini. AlSi9Mg adalah singkatan dari Al=Aluminum 90,7%; Si=Silizium 9%; Mg=Magnesium 0,3%. Itulah kenapa motor ini sangat ringan sekali. “Hanya sekitar 80 kg,” kata Ricky.


Tanpa Transmisi Atau Kopling

Penasaran nih dengan sistem penggerak pada motor ini. Kira-kira seperti apa sistem transmisinya?


Apakah hanya pakai satu gir atau direct drive saja? Apakah menggunakan sistem kopling?


Ricky pun langsung menjawab, “Karena motor listrik ini ada dalam teromol, maka tidak ada transmisi atau kopling sama sekali.”


Spesifikasi Frame: aluminium Motor: 48V/50A brushless hubmotor runs on 55V Output: ~60mph Battery: Lithium battery by Motobatt/Wannabe-Choppers Electrical system:Wannabe-Choppers Transmission:Wannabe-Choppers Mock up engine:Wannabe-Choppers c Fuel tank: Wannabe-Choppers Tires: Avon 4.00/19 (F/R) Wheels: Kawasaki heavily modified (F/R) Brakes: drum brake (R) Suspension: - Handlebars: Wannabe-Choppers Headlight: Takahasi Two and Co japan Taillight: Wannabe Choppers Sets: Wannabe-Choppers Seat: Miller Kustom Upholstry Netherlands / Easy Riders Japan Pinstriping: Von Maze/ Germany Builders: Wannabe-Choppers Motorradmanufaktur Enrico de Haas Am Surbach 16 35625 Rechtenbach, +49 (0)641 95 08 91 04, www.Wannabe-Choppers.de, www.Wannabe-Shop.de



Naskah & Foto: Onno Wieringa (madnessphotography.nl)


© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.