top of page
  • Gambar penulisEditor

Seminar Custom Motor Listrik dan Safety Riding untuk Pelajar SMK di Surabaya

Seminar Custom Motor Listrik dan Safety Riding digelar di SMK Wijaya Putra (20/5) sebagai rangkaian pra-event IIMS Surabaya 2024

Diikuti 70 peserta dari 15 SMK di Surabaya dan juga Gresik


OTOPLUS-ONLINE I Jelang penyelenggaraan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Surabaya yang akan digelar pada 29 Mei - 2 Juni 2024 di Grand City, Dyandra Promosindo selaku event organizer bersama dengan OTOPLUS-ONLINE selaku salah satu media partner mengadakan Seminar Custom Motor Listrik dan Safety Riding untuk pelajar SMK di Surabaya.


Dalam sambutannya, Joshua Azriel Christianto selaku Program Officer mengatakan, Seminar Custom Motor Listrik dan Safety Riding ini dimaksudkan sebagai pra-event IIMS Surabaya 2024.


"Juga sebagai sosialisasi dan promosi kepada warga Surabaya, khususnya pelajar terhadap gelaran IIMS Surabaya 2024," lanjut Joshua.


Seminar Custom Motor Listrik dan Safety Riding untuk pelajar SMK di Surabaya ini sendiri digelar di SMK Wijaya Putra yang ada di Jl. Raya Benowo, Pakal, Surabaya Barat pada Senin, 20 Mei 2024, dengan dihadiri 70 peserta dari beberapa SMK di Surabaya dan Gresik, di antaranya SMK Dharma Bahari, SMK Kartika 2 Surabaya, SMK Hidayatul Ummah, SMK Islam Al Amal Surabaya, SMK St. Louis Surabaya, SMKN 3 Surabaya, SMKN 2 Surabaya, SMK Saintren Al - Hasan dan masih banyak lagi.


Sugeng, S.Pd., MSi Kepala SMK Wijaya Putra Surabaya


Dalam sambutannya, Sugeng, S.Pd., MSi selaku Kepala Sekolah SMK Wijaya Putra menyambut positif Seminar Custom Motor Listrik dan Safety Riding untuk pelajar SMK di Surabaya ini.


Sejauh ini jumlah pendaftar hampir mencapai 100 orang


Pada kesempatan itu, Sugeng, S.Pd., MSi juga menyampaikan dibukanya Program Konversi ke Motor Listrik Gratis untuk masyarakat Jawa Timur yang pengerjaannya dilakukan oleh SMK Wijaya Putra bekerjasama dengan PT Braja Elektrik Motor yang sudah tersertifikasi oleh Kemenhub.


Program Konversi ke Motor Listrik Gratis untuk masyarakat Jawa Timur mendapat perhatian dari peserta seminar


"Kenapa bisa gratis, karena selain mendapat subsidi dari Kementerian ESDM sebesar Rp10 juta, juga ada subsidi sebesar Rp7 juta dari program CSR PLN," terang Sugeng.


Indramawan Editor Otoplus-Online melaporkan trend modifikasi dan custom motor listrik di kalangan komunitas dan insan balap


Terkait dengan trend custom motor listrik, pada kesempatan ini, OTOPLUS-ONLINE yang turut menggandeng Komunitas Motor Listrik (KOSMIK) Indonesia Chapter Surabaya-Jawa Timur memaparkan maraknya modifikasi motor listrik yang kini semakin banyak ditemukan di kejuaraan drag bike.


Dwi Christianto selaku Humas KOSMIK Jatim dan Dwi Priyo Aprianto dari komunitas Bromolis dihadirkan sebagai narasumber


"Kejuaraan balap seperti drag bike sendiri menjadi ajang uji coba riset dan pengembangan yang dilakukan komunitas seperti KOSMIK, melalui Tim Senyap untuk terus meningkatkan performa motor listrik dalam hal top speed, jarak tempuh dan kecepatan charging yang sementara ini dianggap sebagai keterbatasan motor listrik," papar Indramawan selaku Editor OTOPLUS-ONLINE.


Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Dwi Christianto selaku Humas KOSMIK Jatim yang menginfokan pada kejuaraan drag bike di Jakarta beberapa waktu lalu, motor listrik hasil konversi yang dilakukan Tim Senyap telah berhasil menorehkan top speed 280 Km/Jam! dengan catatan waktu 6.5 detik di lintasan sepanjang 201 meter.


Dwi Priyo Aprianto dari komunitas Bromolis (Brotherhood Motor Listrik) di bawah KOSMIK yang juga turut tampil sebagai narasumber menambahkan, semua peningkatan performa motor listrik ini didapat dari hasil sharing modifikasi dan custom, yang dilakukan sesama member KOSMIK.


"Jadi semua modifikasi dan custom yang dilakukan masing-masing anggota KOSMIK ini bersifat personal dan tidak sama satu sama lain. Masing-masing berorientasi pada hasil yang ingin diraih. Apakah mengutamakan kecepatan, jarak tempuh sesuai kebutuhan misal motor listrik digunakan di daerah pegunungan yang naik-turun, dan sebagainya. Di situlah keasikan modifikasi dan custom motor listrik," papar Priyo yang juga berprofesi sebagai blogger ini.


Christian Hartono Direktur PT Integral Motor Indonesia (United E-Motor) menjelaskan beberapa fitur unggulan produk motor listrik yang dipasarkannya


Seminar Custom Motor Listrik dan Safety Riding untuk pelajar SMK di Surabaya ini juga diikuti oleh salah satu merek yakni United E-Motor yang memamerkan line up lengkapnya, seperti ‎MX-1200, ‎T-1800, ‎TX-3000, dan ‎TX-1800 untuk dijajal langsung oleh peserta.


Praktik safety riding dengan menggunakan produk United E-Motor


Acara ditutup dengan pemaparan teori keselamatan berkendara atau safety riding oleh Polrestabes Surabaya, yang dilanjut dengan praktik langsung di lapangan.


IIMS Surabaya 2024 Dimeriahkan Berbagai Program Acara Menarik

Program baru Artomotive lomba painting dengan media helm menggunakan cat kaleng untuk pelajar SMA/SMK


Selain menghadirkan produk otomotif keluaran terbaru dari beragam merek roda dua dan empat serta dari spare part, aksesoris hingga lifestyle, serta program-program belanja yang disiapkan untuk menarik pengunjung bertransaksi, IIMS Surabaya 2024 juga diramaikan dengan berbagai program acara menarik dari komunitas dan brand peserta.


Di antaranya adalah Moto Mingle, IIMS Gymkhana, yang juga merupakan program pre event IIMS 2024 Surabaya berupa CSR program bersama komunitas motor di Surabaya.


Lalu ada juga IIMS Gymkhana yang merupakan ajang balap dengan gabungan dari drifting, slalom, dan berbagai manuver tikungan, dengan rintangan mengemudi tertentu.


Juga IIMS Push Bike Race yang merupakan ajang balap sepeda anak tanpa pedal dan juga rem, sehingga untuk berjalan anak-anak harus mendorongnya.


Tak ketinggalan IIMS Stunt Wars yang merupakan kompetisi freestlyle di atas motor dengan menampilkan atraksi dan trik-trik yang menawan.


Hadir pula IIMS Artomotive, sebuah program untuk menyatukan seni dan otomotif yang dikemas dalam bentuk kompetisi painting pada media helm untuk pelajar SMA/SMK, juga hasil kerjasama dengan OTOPLUS-ONLINE dan Samurai Kurobushi.


Peserta Seminar Custom Motor Listrik mendapat undangan berkunjung ke IIMS Surabaya 2024 dan mengikuti program acara yang disiapkan termasuk test ride dan test drive untuk pengunjung


Selain itu masih banyak acara menarik lainnya yang sudah tak asing lagi seperti Fun Rally, Rolling Thunder, Test Drive & Ride, Community Gathering, Car Contest and Meet Up hingga ajang Miss IIMS Surabaya 2024.


"Rangkaian acara dan program IIMS Surabaya 2024 akan ditutup dengan pertunjukan musik melalui IIMS Infinite Live bersama Ari Lasso dan Yura Yunita yang akan menemani akhir pekan warga Surabaya," papar Joshua.


Teks: Indramawan

Foto: Nugroho Sakri Yunarto

Comments


bottom of page