• Editor

Setelah Qatar, Kini Thailand Putuskan Tunda Gelaran MotoGP Terkait Corona


  • Pemerintah Thailand menyatakan tidak meniadakan gelaran MotoGP, tapi menunda hingga waktu yang tepat.

Beberapa jam setelah Dorna Sports dan FIM memutuskan untuk meniadakan kelas MotoGP pada seri pembuka di sirkuit Losail, Qatar (6 – 8/3) mendatang, kini giliran pemerintah Thailand yang mengeluarkan pengumuman serupa.


"Karena penyebaran virus Corona yang semakin meluas, maka keputusan telah diambil untuk menunda GP Thailand. Pemerintah Thailand telah berkomunikasi dengan kami, dan memberitahukan tidak mungkin menggelar Thailand Grand Prix sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Karena itu, FIM, IRTA dan Dorna dengan sangat menyesal mengumumkan event yang semestinya digelar tanggal 22 Maret di Buriram, Thailand ini ditunda. Saat ini, FIM, IRTA dan Dorna sedang mengevaluasi, apakah ada tanggal pengganti yang memungkinkan untuk menggelar event tersebut pada musim tahun ini. Pemberitahuan lebih lanjut akan segera kami umumkan.” Demikianlah pernyataan resmi yang dikeluarkan Dorna Sports dan FIM pada Senin pagi (2/3).


Sementara itu, Menteri Kesehatan Thailand, Anutin Charnvirakul mengatakan, pihaknya tidak bermaksud meniadakan gelaran GP Thailand. “Kami hanya menunda sampai kami menemukan waktu yang tepat untuk menggelarnya kembali,” ujar Anutin.

  • Sementara ini Amerika Serikat masih optimis bisa menggelar seri ke-3 MotoGP, namun demikian jumlah kasus positif Corona di sana terus meningkat.

Dengan ditiadakannya kelas MotoGP di seri 1 Qatar (Moto2 dan Moto3 tetap dilombakan), dan kini GP Thailand dinyatakan ditunda, maka kini tinggal menunggu apakah seri ke-3 yang dijadwalkan digelar di Circuit of the Americas, Texas – Amerika Serikat akan tetap sesuai jadwal. Ataukah pemerintah setempat akan mengambil keputusan yang sama?


Sementara ini, hasil konsultasi antara departemen di Amerika Serikat yang menangani Pengendalian Penyakit Menular dan Dorna menyatakan, balap akan tetap digelar sesuai jadwal. Hanya saja, kasus penyebaran virus Corona di Amerika Serikat saat ini meningkat menjadi 11 kasus yang dinyatakan positif, sementara 1.205 kasus lainnya masih dalam tahap dugaan dan masih terus dimonitor.


Baca juga: Gara-Gara Virus Corona, Kelas MotoGP Ditiadakan Di Seri Qatar


Teks: Indramawan

Foto: MotoGP.com

© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.