• Editor

Suzuki Ertiga Hybrid Meluncur di Jawa Timur Seharga Low MPV Non-Hybrid

SIS ungkap perbedaan teknologi hybrid pada Ertiga Diesel ZDi tahun 2017 dengan Suzuki Smart Hybrid terbaru.

Dari kiri: Reza Ramadhanov, Ryohei Matsushita, Fredy Teguh, dan Setiawan Surya


OTOPLUS-ONLINE I PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan Suzuki All New Ertiga Hybrid untuk wilayah Jawa Timur di Pakuwon Mall, Surabaya pada 15 Juni 2022.


Ertiga hybrid dipasarkan dengan harga OTR Surabaya mulai Rp 293.000.000 untuk tipe GX bertransmisi manual sampai dengan Rp 316.000.000 untuk tipe Suzuki Sport (SS) bertransmisi otomatis.


Dengan rentang harga segitu artinya banderol mobil hybrid Suzuki ini tidak berbeda dengan LMPV lain di kelasnya yang belum mengadopsi teknologi hybrid.

Eksterior dapat penyegaran berupa New Front Grille Design, New Auto Retractable Outside Mirror, New Antenna Type, New Alloy Wheel Black Polish Design, New Backdoor Garnish Design, New “Hybrid” Emblem yang ada di buritan mobil, serta pilihan warna baru yaitu New Mellow Deep Red Color.


Mobil hybrid Suzuki ini merupakan pengembangan serius dari All New Ertiga, terutama dalam hal teknologi. Hadir dengan 17 perubahan, dengan satu perubahan yang paling menonjol tentu saja diadopsinya teknologi hybrid dengan kategori mild yang dinamai Suzuki Smart Hybrid.


Aplikasi teknologi hybrid tak hanya membuat mobil Ertiga terbaru ini lebih ramah lingkungan tapi juga akan menyuguhkan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dibandingkan dengan mobil bermesin konvensional.

Desain pelek baru di varian SS


Sejatinya PT SIS pernah mengenalkan teknologi mild hybrid pada tahun 2017 silam pada produk Suzuki Ertiga Diesel ZDi.


Menjawab pertanyaan OTOPLUS-ONLINE mengenai perbedaan teknologi hybrid dulu dengan yang sekarang, Yuki Ikhitiar-Assistant of Sales Development PT SIS menyebutkan, perbedaan utama terletak pada penambahan baterai Lithium-Ion. Baterei Li-Ion yang ditambahkan berkapasitas kecil, 6Ah 12 Volt.

Dibedakan dari emblem bertuliskan Hybrid


Dona Susanto-Service Representatif PT United Motors Centre (UMC) menambahkan, “Penambahan baterei Li-Ion tersebut dibutuhkan untuk memaksimalkan ISG (Integrated Starter Generator).”


Sementara Reza Ramadhanov-National Dealer Sales 4W Suzuki Indonesia, menimpali, “Kalau dulu pakai mesin diesel, sekarang menggunakan mesin bensin K15B. Selain itu dulu ditawarkan dengan transmisi manual sekarang ada varian bertransmisi otomatis.”

Mesin bensin K15B sama dengan yang dipakai Ertiga non hybrid


Sebagai informasi, berbeda dengan mobil elektrifikasi yang seluruh sumber tenaganya mengandalkan listrik All New Ertiga Hybrid menggunakan sumber tenaga yang berasal dari mesin bensin konvensional (K15B) digabungkan dengan ISG dan Lithium-Ion Battery.

Saat press conference dijelaskan komponen-komponen penunjang sistem hybrid di Ertiga Hybrid


ISG berfungsi sebagai motor dan generator yang menangkan dan menyimpan energi listrik ke Lithium-Ion Battery. Energi listrik inilah yang menjaga komponen kelistrikan mobil tetap menyala saat mobil dalam posisi berhenti (engine auto start stop aktif), sehingga akan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien karena tidak terjadi proses pembakaran.


Ryohei Matsushita-Managing Director PT SIS tak menepis akan kemungkinan hadirnya model-model lain Suzuki Hybrid.


Baca juga: Suzuki All New Ertiga Hybrid, Mobil Elektrifikasi Pertama Harga Terjangkau


Lima perubahan lainnya yang ada di dalam Ertiga Hybrid adalah fitur-fitur baru yang canggih dan mendukung teknologi Suzuki Smart Hybrid. Fitur-fitur tersebut adalah New ESP (Electronic Stability Programme), New Hill Hold Control, New GSI (Gear Shift Indikacator), New Cruise Control, dan New Light with Guide Me Light. Semua fitur tersebut semakin menambah kenyamanan mengendarai All New Ertiga Hybrid.


Dengan teknologi terbaru, fitur-fitur terkini dan harga Ertiga Hybrid yang affordable diyakini mobil hybrid Suzuki ini akan menjadi pelopor mobil elektrifikasi yang terjangkau masyarakat dan sesuai dengan kebutuhan saat ini, terutama bagi yang tinggal di kota-kota besar.


Baca juga: Penyerahan Unit Pertama Suzuki All New Ertiga Hybrid


Reza Ramadhanov mengatakan, “Di tengah kenaikan harga bahan bakar yang terus terjadi, All New Ertiga Hybrid adalah pilihan pintar yang sangat cocok untuk kondisi saat ini. Manfaatnya pun akan terasa lebih optimal saat digunakan dalam kondisi kemacetan. Apalagi All New Ertiga Hybrid sudah dilengkapi berbagai fitur terbaru seperti cruise control, ESP, dan smartphone mirroring technology yang akan memberikan pengalaman baru dalam berkendara. Untuk hari yang lebih baik, kami mengajak Anda menggunakan All New Ertiga Hybrid yang nyaman digunakan, ramah lingkungan, dan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien.”


Baca juga: Suzuki Smart Hybrid Tawarkan 3 Manfaat: Ramah Lingkungan, Efisiensi BBM, Harga Terjangkau


Lebih lanjut disampaikan Setiawan Surya, President Director Sejahtera Buana Trada, khusus pembelian semua tipe Ertiga saat pameran berlangsung, konsumen bisa mendapatkan DirectGift berupa HP Samsung A03 tanpa diundi beserta 1 buah Tumbler Exclusive yang bisa langsung dibawa pulang dengan UTJ atau Uang Tanda Jadi minimal Rp3.000.000.


Lalu bagi konsumen yang melakukan Test Drive akan berkesempatan memenangkan Undian Nasional berupa 20 unit Suzuki Nex II dan 1 unit Grand Prize All New Ertiga Hybrid selama periode 10 Juni – 30 September 2022.


Baca juga: Bedah Teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS)


Fredy Teguh, Sales and Marketing Director UMC menyampaikan, “All New Ertiga Hybrid dihadirkan dalam pilihan transmisi manual (MT) 5 percepatan dan otomatis (AT) 4 percepatan dengan dua tipe yaitu GX dan Suzuki Sport.

Dipasarkan mulai harga Rp290 jutaan


Berikut harga Suzuki Ertiga Hybrid dalam kondisi On The Road untuk wilayah Jawa Timur bulan Juni 2022:

  • All New Ertiga Hybrid SS-AT: Rp316.000.000

  • All New Ertiga Hybrid SS-MT: Rp304.500.000

  • All New Ertiga Hybrid GX-AT: Rp305.000.000

  • All New Ertiga Hybrid GX-MT: Rp293.000.000


Bagi masyarakat yang penasaran dengan Ertiga Hybrid dan ingin melihat tampilannya secara langsung sekaligus merasakan sensasi mengendarai mobil hybrid Suzuki, bisa datang langsung ke atrium Pakuwon Mall, Surabaya mulai dari tanggal 15-19 Juni 2022.


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto