top of page
  • Gambar penulisEditor

Suzuki Grand Vitara Kembali Hadir dengan Teknologi Elektrifitas Pintar SHVS, Ini Kelebihannya

Grand Vitara dibekali mesin 1.500cc berkode K15C Dual Jet yang ramah lingkungan serta efisien ditunjang teknologi SHVS.

SUV legendaris, Suzuki Grand Vitara kembali hadir dengan teknologi elektrifitas pintar Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS)


OTOPLUS-ONLINE I PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan produk terbaru dengan nama legendaris, Suzuki Grand Vitara pada Kamis, 16 Februari hari ini di press day pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Suasana peluncuran Suzuki Grand Vitara pada Kamis, 16 Februari di IIMS 2023 dan press conference


Suzuki Grand Vitara mengusung teknologi pintar Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), sehingga menjadikannya sebagai mobil dengan teknologi elektrifikasi di kelas Medium Sport Utility Vehicle (MSUV).

Mesin 1.500cc berkode K15C Dual Jet


Diklaim sebagai city cruiser masa kini, Grand Vitara dibekali mesin 1.500cc berkode K15C Dual Jet yang ramah lingkungan serta efisien.



Hal tersebut ditunjang dengan penggunaan teknologi SHVS yang dapat mengoptimalkan penggunaan bahan bakar sesuai kebutuhan, sekaligus menekan emisi gas buang dengan lebih baik.

Performa yang dihasilkan dari mesin tersebut sebesar 103,06 PS/6.000 rpm dan torsi sebesar 136,8 Nm/4.400 rpm disalurkan secara menyenangkan melalui 6-speed Automatic Transmission yang juga dilengkapi dengan paddle shift di balik lingkar kemudi.

6-speed Automatic Transmission dilengkapi dengan paddle shift


Teknologi SHVS mengusung penggunaan ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-ion Battery yang akan mengoptimalkan kinerja mesin K15C Dual Jet tersebut.


Dalam sambutannya, Sales Marketing Director Suzuki Indonesia, Matsushita Ryohei menyampaikan, kembalinya Grand Vitara mengaspal di Indonesia merupakan wujud komitmen kuat dari Suzuki dalam mengakomodir kebutuhan masyarakat Indonesia akan SUV pintar dengan kualitas terbaik dilengkapi kemajuan teknologi.



Ia menambahkan, selain itu kesadaran masyarakat terhadap kendaraan yang ramah lingkungan juga terus meningkat.

Matsushita Ryohei selaku Sales Marketing Director Suzuki Indonesia


"Dengan studi komprehensif dan mendalam, kami berinovasi memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut dengan menghadirkan kembali salah satu SUV bersejarah milik Suzuki yaitu Suzuki Grand Vitara, yang menawarkan SUV premium yang dilengkapi dengan fitur terbaru yang canggih serta teknologi elektrifikasi sehingga penggunaan bahan bakar akan lebih efisien,“ ungkap Matsushita pada acara peluncuran yang digelar di booth Suzuki yang berlokasi di Hall A2, Jiexpo Kemayoran, Jakarta Utara.


Berikut ini kelebihan Suzuki Grand Vitara selain mesin ramah lingkungan yang menawarkan efisiensi optimal.


Dimensi kompak, desain sporty

Dimensi kompak berdesain maskulin


Grand Vitara memiliki dimensi panjang 4.345 mm, lebar 1.795 mm dan tinggi 1.645 mm sehingga memberikan tampilan kompak namun gagah.

Polygonal front grille


Kelincahannya juga didukung oleh wheelbase 2.600 mm. Secara desain, Grand Vitara memberikan tampilan yang agresif namun berkelas, serta lekuk tubuh yang kokoh dan menonjolkan maskulinitas.


Stabil dan Nyaman

Ground clearance atau jarak terdenah ke tanaha 210 mm


Sosok maskulinitas Grand Vitara terlihat dari ground clearance setinggi 210 mm yang dapat memberikan ketenangan dan kestabilan dikala melewati beragam medan jalan yang kurang baik.



Sistem suspensi depan menggunakan MacPherson Strut with Coil Spring dan pada bagian belakang menggunakan Torsion Beam memberikan peredaman perjalanan yang nyaman serta membuat kenikmatan berkendara serasa lebih ‘hidup’.


Keselamatan & Keamanan Berkendara

Cruise Control


Perkembangan perangkat keselamatan juga terdapat pada Grand Vitara, seperti 6 Airbag, ESP (Electronic Stability Program), ABS (Anti-lock Braking System), BA (Brake Assist) dan EBD (Electronic Brake-force Distribution).

360 Degree Front Camera (GX)


Selain itu, Grand Vitara juga dilengkapi dengan 360 camera, rear parking camera serta parking sensor untuk memudahkan pengendara melihat kondisi sekitar mobil dan melanjutkan manuver yang aman.



Kehadiran fitur Hill Hold Control juga memberikan rasa aman saat kondisi mobil mulai bergerak di jalanan menanjak.


Fitur

LED Projector Headlamp dengan Autolight with Guide Me Light


Identitasnya sebagai SUV modern ditandai dengan berbagai kelengkapan menarik, seperti panoramic sunroof, LED Projector Headlamp berikut Autolight with Guide Me Light, Cruise Control, Head Up Display (HUD) dan smartphone wireless charging.

Panoramic sunroof dan smartphone wireless charging

Berkendara dengan Grand Vitara juga semakin menyenangkan berkat head unit touchscreen 9 inci yang dapat terkoneksi dengan smartphone.

Head Up Display (HUD) dan head unit touchscreen 9 inci


Berbagai kelengkapan fitur yang terdapat pada Grand Vitara menambah pengalaman berkendara yang lebih advanced.


Varian & Pilihan Warna

Grand Vitara hadir dengan dua varian yaitu GX dan GL


Berbekal eksklusivitas dan keistimewaannya, Grand Vitara diyakini sebagai city cruiser yang dapat meningkatkan ekslusifitas dan gengsi penggunanya. Grand Vitara hadir dengan dua varian yaitu GX dan GL.


Pada varian GX tersedia 4 pilihan warna Pearl Splendid Silver + Black, Pearl Artic White + Black, Pearl Celestial Blue dan Pearl Midnight Black.


Sedangkan pada varian GL tersedia 3 pilihan warna seperti Pearl Artic White, Prime Grandeur Grey dan Pearl Midnight Black.


Grand Vitara ini dipamerkan selama Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, mulai dari tanggal 16 hingga 26 Februari 2023 mendatang. Belum diungkap berapa harga Grand Vitara.


SPESIFIKASI

ALL NEW GRAND VITARA GX DAN GL

  • 1,462 L with K15C Inline 4 DUALJET Engine + SHVS Smart Hybrid

  • Spark Ignition (ignition System)

  • 6-speed a/T (Transmission)

  • 74.0mm (Bore) x 85.0mm (Stroke)

  • 75,8 kw/6000 rpm (max. power) & 136,8nm/4.400 rpm (Max. torque)

  • 4,345x1,795x1,645x2,600 (Length/width/height/wheelbase)

  • ventilated disc (front) and disc brake (rear)

  • 215/60 r17 96H (wheel Size)

  • 1,190 kg (GX)/ 1,210 kg (GL) (Weight total)

  • Macpherson Strut (susp. Type), coil Spring type, double action telescopic shock absorbers, Torsion beam


Teks: Indramawan

Foto: Suzuki

Komentar


bottom of page