• Editor

Tes Konsumsi BBM Yamaha Gear 125: Seliter Bisa Tempuh 61,259 Km!

Kami melakukan tiga simulasi untuk memastikan konsumsi bahan bakarnya.

Yamaha Gear 125 warna Matte Greenish


OTOPLUS-ONLINE I Yamaha Gear 125 dibekali mesin silinder tunggal SOHC berkapasitas 124,96 cc yang didapat dari komposisi diameter piston 52,4 mm x langkah piston 57,9 mm.


Mesin dengan langkah piston lebih panjang disebut overstroke. Karakter dasarnya dapat menghasilkan torsi maksimum di putaran rendah.

Mesin Blue Core dibekali Smart Motor Generator membuat suara mesin halus saat dinyalakan


Dari data spesifikasi diketahui kalau torsi Yamaha Gear 125 sebesar 9,5 Nm didapat pada 5.500 rpm. Lantas apa keuntungan mesin dengan torsi diraih pada putaran relatif rendah?


Baca juga: Yamaha Gear 125 Memang Skutik Low End Paling YES!


Pertama, kemampuan mengangkut beban lebih baik karena cukup buka gas sedikit saja motor sudah melaju. Kedua, karena tidak perlu buka gas besar-besar, konsumsi bahan bakar jelas irit.


Kami pun coba membuktikan keiritan konsumsi bahan bakarnya.

Kami melakukan tiga simulasi untuk memastikan konsumsi bahan bakarnya


Untuk menguji efisiensi konsumsi bahan bakar Yamaha Gear 125, OTOPLUS-ONLINE menggunakan metode full to full. Bensin diisi penuh hingga bibir tangki, motor ini dipakai dengan simulasi layaknya penggunaan normal sehari-hari yang kadang melalui jalanan lancar, kadang macet. Dipakai sendirian dan sesekali berboncengan.

Kapasitas tangki Gear 125 sebanyak 4,2 liter


Setelah itu tangki kembali kami isi penuh hingga bibir tangki. Kami menggunakan bensin beroktan 92 (Pertamax) sesuai rekomendasi.


Pada simulasi pertama skutik ini kami jalankan dengan santai dan menjaga indikator Eco selalu menyala. Setelah dipakai sejauh 165,4 kilometer ternyata membutuhkan asupan bahan bakar sebanyak 2,7 liter. Artinya didapat konsumsi bahan bakar rata-rata 61,259 km/liter! Irit banget!

Pastikan indikator Eco selalu menyala bila ingin irit BBM


Lalu pada simulasi kedua, perlakuan kami ubah. Kadang santai, kadang agresif seperti umumnya pada pemakaian harian. Hasilnya usai berjalan sejauh 191,7 kilometer, bensin yang diisikan kembali sebanyak 3,86 liter sehingga didapat konsumsi bahan bakar rata-rata 49,66 km/liter, masih tergolong super irit.

Selama pengetesan kami menggunakan bensin beroktan 92


Untuk simulasi ketiga, skutik ini dominan kami coba perlakukan dengan agresif. Setelah menempuh jarak 130,6 kilometer, tangki bensinnya minta tambahan volume sebanyak 2,98 liter sehingga didapat rata-rata 43,82 km/liter.


Baca juga: Tips Turing Jarak Jauh dengan Skutik Low End yang Harus Dipahami Agar Aman dan Nyaman


Dari tiga simulasi tersebut bila dirata-rata maka konsumsi BBM Yamaha Gear 125 ada di angka 51,57 km/liter. Mau kalem atau agresif, Yamaha Gear 125 tetap saja irit BBM.

Harga OTR Surabaya Yamaha Gear 125

Gear 125: Rp 19.245.000

Gear 125 S-Version: Rp 19.851.000

Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto