top of page
  • Gambar penulisEditor

Test Drive Chery Tiggo 8 Pro: Fitur dan Performanya Setara Mobil 1 Miliaran

Simak kelebihan dan kekurangan Chery Tiggo 8 Pro setelah kami lakukan test drive.

OTOPLUS-ONLINE I Chery Tiggo 8 Pro merupakan produk flagship yang dimiliki PT Chery Sales Indonesia saat ini. Sebenarnya, dengan dimensi panjang 4.722 mm, Tiggo 8 Pro masuk kategori flagship SUV bersama Hyundai Palisade, Mazda CX-9. Tapi SUV asal Cina ini dipasarkan dengan harga kebanyakan medium SUV macam Honda CR-V, Nissan X-Trail atau Mazda CX-5.

  • Ukurannya masuk kategori flagship SUV dengan panjang 4.722 mm dan jarak sumbu roda 2.710 mm

  • Lebarnya 1.680 mm dengan tinggi 1.746 mm


Di Surabaya, Chery Tiggo 8 Pro dipasarkan dengan harga OTR Rp526 juta untuk varian Luxury, dan Rp558 juta untuk varian Premium. Jauh lebih terjangkau dibandingkan pesaingnya di segmen flagship SUV yang dipasarkan dengan harga sekitar 1 miliar.

Tail light LED bar 3D dengan mika bening.


Tapi jangan salah, fitur dan performa yang disodorkan Tiggo 8 Pro mampu mengimbangi bahkan mengungguli para pesaingnya itu. Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Berikut hasil tes drive kami bersama Tiggo 8 Pro.


Kelebihan

Fitur Super Lengkap

Mesin dapat dihidupkan lewat remote key.


Sisi ini jadi keunggulan utama Tiggo 8 Pro. Fiturnya lengkap banget. Dimulai dari kunci, selain sebagai passive keyless entry kunci ini juga sebagai remote start engine untuk menyalakan mesin dan AC dari jarak jauh. Caranya tekan tombol lock lalu tombol engine start berlogo lingkaran berpanah sekitar 5 detik, mesin dan AC akan menyala sehingga ketika kita masuk ke kabin hawa kabin sudah dingin dan mobil siap melaju dengan terlebih dulu menekan pedal remnya.

Instrument panel digital 12,3 inci.


Masuk ke kabin, kita akan disodori dengan tampilan 3 layar yang menghias dasbor. Di hadapan pengemudi ada instrument cluster berukuran 12,3 inci full TFT. Menu dilihat dengan menekan tombol kontrol di sisi kiri setir. Warna instrument cluster ini akan berubah sesuai mode berkendara yang dipilih.



Pada layar menu utama informasi yang ditampilkan yaitu informasi jarak tempuh, konsumsi BBM rata-rata, konsumsi BBM real time, sisa jarak tempuh, Tyre Pressure Monitoring System (TPMS) dan layar safety active. Tombol di atas tombol kontrol utama untuk memunculkan pilihan menu theme, languange, fault, driving dan time.

Infotainment display 10,25 inci.


Di tengah dasbor bertengger monitor 10,25 inci yang berperan sebagai head unit sekaligus layar untuk mengatur begitu banyak fungsi. Pada menu Setting sangat banyak hal yang bisa dikontrol. Mulai dari ganti wallpaper dan tema layar, atau mengganti kata pemanggil voice command mematikan wireless charger.


Ingin lebih spesifik mengubah setting kendaraan, masuk saja ke menu vehicle setting. Di dalam menu tersebut ada banyak menu yang bisa diatur, seperti mengaktif-nonaktifkan courtesy light, intelligent open, intelligent key dan easy entry.



Juga mengubah setting reverse mirror, setting relate key untuk mengubah posisi jok dan spion tergantung kunci yang dibawa, backlight instrument cluster, DRL, auto hi-beam, auto light (follow me home), setting ambient light, AC, active ventilation, AC self cleaning, auto deffog, auto brightness, auxillary drive untuk mengubah semua setting safety active, autolock, auto retractable mirror sampai mengatur tinggi bukaan pintu bagasi,

Layar kontrol AC 8 inci.


Di bawah infotainment display ada layar kontrol AC capacitive 8 inci full color. AC-nya sendiri tipe dual zone yang dilengkapi air purifier dan ionizer. Suhu terendah yang bisa diset 18 derajat dan tertinggi 30 derajat.

  • Cluster di sisi kanan dasbor diisi dial untuk mengatur ketinggian sorot lampu depan, idle stop.

  • Kontrol di sisi kiri setir untuk mengatur MID, speed limited dan adaptive cruise control.


Fitur lain unggulan Tiggo 8 Pro yaitu voice command yang dilafalkan dengan bahasa Inggris. Untuk mengaktifkannya default-nya ucapkan, “Hello Tiggo!”. Jika ingin menyetel dengan panggilan lain, bisa diset dengan mengakses menu pengaturan di head unit.

  • Sound system 8 spiker dari Sony. Sayangnya koneksi Apple Carplay dan Android Auto masih menggunakan kabel.

  • Power outlet tersebar di sekeliling kabin. Ada model konvensional 12 volt di depan dan wireless charger, dua USB port di konsol tengah, satu USB port lagi di bagian belakang konsol tengah dan satu power outlet 12V konvensional di bagasi.

  • Konsol tengah ada cooler memanfaatkan bypass AC penumpang belakang.


Hampir semua perlakukan yang biasa dilakukan pengemudi atau penumpang di antaranya buka-tutup jendela, mengontrol AC dan radio bisa dikerjakan. Bahkan fitur ini juga dapat mengaktif/nonaktifkan wireless charger sampai membuka/tutup pintu bagasi.

  • Keempat jendela auto up down.

  • Panoramic sunroof dengan shade electric.


Selain lewat voice command, buka tutup pintu bagasi juga dapat dilakukan lewat tombol di remote, dasbor, tombol di pintu dengan mengantongi passive keyless entry.


Performa

Mesin 1.999 cc dikembangkan bersama Jaguar Landrover berbasis mesin Ingenium seperti yang digunakan oleh Jaguar F-Pace atau Range Rover Evogue.


Tiggo 8 Pro dibekali mesin 2.0 TGDI. Konfigurasinya 4 silinder segaris direct injection dengan bore x stroke (83 mm x 92,3 mm) berkapasitas bersih 1.999 cc yang disuntik turbocharger buatan Borg Wagner.



Tenaga yang dihasilkan fantastis, 250 PS atau 246,58 DK/5.500 rpm dengan torsi 390 Nm/1.200-4.500 rpm yang diteruskan ke roda depan melalui transmisi dual clutch 7 percepatan.

Knalpot dual muffler ganda seolah menunjukkan potensi performanya.


Kombinasi itu memungkinkan Tiggo 8 Pro berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 7,8 detik dan mampu meraih top speed 220 km/jam. Untuk kenyamanan mengemudi, Tiggo 8 Pro dilengkapi 3 mode berkendara (Normal, Sport dan Eco). Mode berkendara yang dipilih akan mengubah karakter kemudi.


Sistem Keamanan

  • Around view monitor HD dengan mode 3D yang sisi tampilannya bisa kita pilih sesuai area yang ingin dipantau.

  • Kamera di spion dan gril.


Selain sistem keamanan umum seperti sensor parkir (sonar dan kamera), ABS, EBD, BA, airbag, Tiggo 8 Pro juga dilengkapi Advance Driving Assistance System yang mencakup blind spot detection, rear cross traffic alert, door open warning, rear collision warning, front collision warning, emergency braking, lane departure warning, intelligent hi-beam control, traffic sign recognition, adaptive cruise control, low speed follow.


Kenyamanan

  • Dasbor, doortrim dan jok terasa mewah.

  • Headrest fleksibel.


Rona interior Tiggo 8 Pro merupakan perpaduan warna peach brown dan hitam yang menghadirkan kesan mewah. Jok, doortrim dan dasbor dibalut material kulit artificial lembut.

Tombol-tombol terasa solid ketika dioperasikan.


Kedua jok depan dibekali setelan elektrik. Jok pengemudi selain dibekali setelan elektrik 6 arah juga ada setelan penyangga punggung 4 arah plus memori dan fitur easy entry.



Fitur ini akan secara otomatis memundurkan jok sehingga memudahkan pengemudi untuk masuk dan keluar. Fitur easy entry diaktifkan melalui setting di head unit. Sementara jok penumpang depan dilengkapi setelan elektrik 4 arah.

  • Jok baris kedua yang nyaman untuk perjalanan jauh.

  • Jok baris ketiga yang diakses lewat sisi kanan ini idealnya dihuni penumpang berpostur di bawah 160 cm.


Ruang di baris kedua menawarkan kenyamanan lebih buat penumpangnya, selain jok dengan setelan recline dan sliding lantai ruang di baris kedua rata sehingga kaki penumpang akan leluasa bergerak.


Kenyamanan kabin semakin paripurna dengan keberadaan panoramic roof dan fitur ambient light dengan 7 pilihan warna yang selain kecerahannya dapat disesuaikan juga dapat diset mengikuti alunan musik.


Kekurangan

Stabilitas Saat Dihentak

Waspadai hentakan torsi yang terasa sangat kuat ketika pedal gas diinjak mendadak.


Torsi maksimal 390 Nm di Tiggo 8 Pro tersedia para rentang putaran 1.200-4.500 rpm. Artinya keganasan performa mesin bisa dirasakan sejak SUV ini mulai berjalan.



Yang perlu diwaspadai hentakan torsi terasa sangat kuat ketika pedal gas diinjak mendadak, hentakan itu rawan mempengaruhi stabilitas.

Ban merek Giti berukuran 235/55-18 kurang optimal menyalur tenaga dan torsi besar Tiggo 8 Pro selain itu road noise-nya termasuk tinggi.


Seperti yang OTOPLUS-ONLINE rasakan ketika coba melakukan akselerasi pertengahan 80-120 km/jam, lantaran rentang drive shaft lebih pendek, roda penggerak kanan depan seakan bereaksi sedikit lebih sigap. Untuk keamanan sebaiknya lakukan akselerasi secara gradual, hindari menghentaknya.


Konsumsi BBM

Meski turbo, cukup mengonsumsi bensin beroktan 92.


Sebagai konsekuensi tenaganya yang besar, konsumsi BBM Tiggo 8 Pro tidak masuk kategori irit. Pada pemakaian dalam kota, menggunakan bensin beroktan 92 konsumsi BBM rata-ratanya hanya berkisar di 7,1-7,8 km/liter. Sementara pada pemakaian luar kota (tol), konsumsinya bisa tembus 12,6 km/liter.


Panas Mesin

Cover plastik menutup seluruh kompartemen mesin baik secara estetika tapi kurang secara fungsi.


Sistem insulasi di Tiggo 8 Pro sangat baik, selain suara, panas mesin tidak menyusup masuk ke dalam kabin. Tapi coba deh berdiri di sisi fender depan, hawa hangat bahkan panas bisa dirasakan keluar dari bagian bawah mesin.


Hal itu lantaran Chery menutup seluruh sisi atas kompartemen mesin dengan cover plastik sehingga hawa panas kesulitan bersirkulasi dan mencari jalan keluar melalui sisi bawah mesin.


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto

bottom of page