• Editor

The All New Subaru XV, Compact SUV All Wheel Drive Ini Lebih Murah dari Honda HR-V RS Turbo

Memiliki kemampuan taklukkan medan offroad ringan ditunjang performa, teknologi, dan fitur lengkap, tapi harga menggoda.

OTOPLUS-ONLINE I Sesuai namanya, sudah seharusnya sebuah SUV memiliki kemampuan menaklukkan medan offroad ringan. Tapi kenyataannya, kebanyakan SUV yang dipasarkan di Tanah Air statusnya banci. Itu terbaca dari sistem gerak dua roda dan ground clearance yang lebih layak masuk kategori hatchback.


The all-new Subaru XV hadir dengan sistem gerak empat roda berjuluk Subaru Symmetrical All-Wheel Drive yang legendaris, Active Torque Vectoring, dan ground clearance 8,7 inci atau 221 mm, menjadikannya sebuah compact SUV yang sangat mumpuni.

Subaru XV menggunakan mesin BOXER 4 silinder 2,0 liter yang mengeluarkan tenaga 156 PS atau 153,9 DK dan torsi maksimal 196 Nm mulai di 4.000 rpm. Tenaga disalurkan menggunakan transmisi Lineartronic CVT 7-percepatan yang tersambung dengan sistem S-AWD dan X-MODE terbaru.


Lebih lanjut The all-new Subaru XV 2.0i S-EyeSight juga dilengkapi dengan teknologi bantuan pengemudi EyeSight yang telah menerima berbagai penghargaan.


Baca juga: The All-New Subaru XV dan The All-New Subaru BRZ Tandai Debut Subaru di GIIAS


Fitur ini meliputi, Automatic Pre-Collision Braking, Pre-Collision Throttle Management, Lane Keep Assist, Lane Departure and Sway Warning, and Lead Vehicle Start Alert.


Sistem ini juga memiliki fitur yang menambah kenyamanan untuk menghadapi jalan perkotaan yang padat seperti, Advanced Adaptive Cruise Control with Lane Centering, Reverse Automatic Braking, and Blind-Spot Detection with Lane Change Assist, Rear Cross-Traffic Alert, dan Steering Responsive Headlights.

Adapun sistem keamanan pasif seperti Airbag juga lengkap tersedia, dimana semua varian the all-new Subaru XV memiliki tujuh airbag yakni airbag depan pengemudi dan penumpang depan, airbag tirai samping dan airbag panggul/torso samping, serta airbag lutut pengemudi.


Untuk bagian interior The all-new Subaru XV dilengkapi dengan Nappa Leather dengan warna yang cukup ekspresif namun mudah untuk dibersihkan, mencirikan posisinya sebagai compact SUV perkotaan yang siap untuk diajak bertualang.


Baca juga: The All New Subaru Forester Hadir dengan Teknologi Symmetrical All Wheel Drive


Center console dengan layar 8-inchi juga dapat terintegrasi dengan Apple CarPlay, Android Auto dan Bluetooth hands-free phone. Kualitas finishing interior dan eksterior menunjukkan perhatian yang tajam terhadap detail, sementara fungsionalitas khas Subaru telah dibawa ke tingkat yang benar-benar baru.

Exterior the all-new Subaru XV memiliki paket desain sangat kokoh dan sporty, namun tetap memiliki identitas Subaru yang kuat dengan stance yang rendah dan lebar.


Desain pada generasi kedua ini mencerminkan filosofi desain “Dynamic x Solid”. Dari depan kita dapat melihat hawk-eye headlights yang terintegrasi dengan bumper terbaru.

Di sisi samping kita dapat melihat over-fender hitam yang menguatkan posisinya sebagai compact SUV yang siap berpetualang.


Di bagian belakang kita juga dapat melihat matte-black cladding menyatu dengan desain lampu belakang serta spoiler yang juga berwarna hitam.

Menariknya The all-new Subaru XV diperkenalkan dengan 2 varian trim ditawarkan dengan harga yang sangat menggoda, sebagai berikut:

  • Subaru XV 2.0i-S ditawarkan dengan harga Rp 449.500.000 (OTR Jakarta)

  • Subaru XV 2.0i-S EyeSight ditawarkan dengan harga Rp 499.500.000 (OTR Jakarta)

Lebih murah dari Honda HR-V RS Turbo yang dibanderol Rp 513,9 Juta (OTR Jakarta)!


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Subaru Indonesia