• Editor

The New BMW M5 Competition: Business Sedan dengan Performa Sports Car

Sedan mewah 4 pintu ini sanggup berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3,4 detik dan meraih top speed hingga 302 km/jam.

Dijual sangat terbatas dengan harga off the road Rp 4,789 milyar


OTOPLUS-ONLINE I BMW Indonesia akhirnya meluncurkan BMW M5 Competition secara virtual pada 17 September 2021. Versi setir kanan sebenarnya sudah diluncurkan di Inggris setahun yang lalu.


Di Indonesia sports car empat pintu yang masih memiliki kode bodi F90 ini dipasarkan dalam jumlah yang sangat terbatas dengan harga Rp 4.789.000.000 (off the road).


Baca juga: BMW Indonesia Luncurkan 330i M Sport dan 320i Touring M Sport Dengan Ragam Upgrade


BMW M5 Competition dijual mulai 17 September 2021 oleh dealer resmi BMW M. Ada dua pilihan warna baru untuk The New BMW M5 Competition yaitu Brands Hatch Grey dan Motegi Red metallic yang melengkapi pilihan standar; Alpine White, Black Saphire, Marina Bay Blue, Donington Grey Metallic, dan Bluestone Metallic.

Warna baru Brands Hatch Grey


“Tidak hanya untuk memperkuat brand image kami sebagai penyedia kendaraan performa tinggi terbaik di Indonesia, tapi juga meneruskan sejarah 36 tahun BMW M5 sebagai sedan bisnis mewah empat pintu performa tinggi yang selalu menjadi tolak ukur di segmennya," kata Jodie O’tania, Director of Communications BMW Indonesia.


"Kami yakin sports car mewah ini akan terus mempertahankan posisi BMW M sebagai pemimpin di segmen kendaraan mewah performa tinggi di Indonesia,” tambah Jodie O’tania, Director of Communications BMW Indonesia."


Baca juga: The All New BMW 320i Sport Memang Fun Banget Naikannya!


THE NEW M5 dihadirkan ke Indonesia dalam varian tertinggi, yaitu BMW M5 Competition. Varian ini dibekali mesin V8 berkapasitas 4.400 cc yang mengeluarkan tenaga maksimal hingga 625 dk dan torsi hingga 750Nm.


Suspensinya mengadopsi spesifikasi milik BMW M8 Gran Coupé, penyegaran pada desain yang terintegrasi dengan teknologi driving assistance terbaru, hingga sistem operasi iDrive 7.0 yang semakin intuitif, dan menawarkan konektivitas yang seamless dengan wireless Apple CarPlay.

Aksen hitam di gril, spion, lips spoiler belakang, logo sampai frame pintu jadi ciri M5 terbaru


Desainnya merupakan Life Cycle Impulse dari model F90 yang mayoritas terfokus di area depan dengan desain gril double kidney, bumper dengan corong berbentuk heksagonal dan air intakes baru yang lebih besar untuk menyuplai hawa segar menuju intercooler.


Headlampnya juga didesain ulang dengan DRL berbentuk huruf L yang mengarah ke kidney gril


Baca juga: Driving Impression BMW X5 xDrive40i xLine (Bagian 3-Habis): Oke Di Aspal dan Tanah


Selain itu BMW juga membekali teknologi Dynamic Laser Matrix Beam untuk kemampuan pencahayaan lebih pada posisi full beam. Ada opsi lampu BMW Individual Shadowline menambahkan aksen warna gelap pada LED matrix Headlights dan BMW Laserlight yang membuatnya semakin sporty.

Untuk pelek, BMW M menyuguhkan opsi desain yang baru yaitu 20 inci M light alloy wheels Y-spoke style 789 M, forged wheel, Bicolour, Jet Black, burnished with mixed tyres


Kap mesinnya dari aluminium, dengan aksen BMW M gills yang khas di fender, spion BMW M yang ramping, dan atap yang terbuat dari carbon fibre-reinforced plastic (CFRP) melengkapi desain BMW M-specific kidney grille BMW terbaru sebagai fitur desain khas dari model performa di lini BMW Seri 5.

Lampu belakang 3D LED, bumper dengan diffuser besar dan lips spoiler di kap bagasi


Di bagian belakang, apron dengan diffuser besar, lampu LED 3D dan moncong knalpot dari BMW M membuatnya terlihat berotot dan agresif.


Menegaskan status spesialnya, detail-detail seperti BMW M-specific kidney grille logo BMW M5 Competition, M gills, cover kaca spion luar dan spoiler belakang semuanya dibalut warna high-gloss black. Bahkan knalpot dari BMW M Sport exhaust system berbalut black chrome.

Kecuali jok dan penambahan dua tombol yang diadopsi dari BMW M8, improvement di kabin sama dengan 5 Series reguler


Perubahan pada kabin serupa dengan pada 5 Series standar termasuk layar sentuh infotainment berukuran 12,3 inci, sistem i-Drive generasi ketujuh yang semakin intuitif dan menawarkan koneksi tanpa hambatan dengan Apple Carplay.


BMW meningkatkan faktor ergonomi dan kesenangan berkendara lewat penambahan dua tombol pada konsol tengah yang diadopsi dari M8. Satu tombol digunakan agar pengemudi mudah beralih mode berkendara dari Road Mode ke Track Mode.

Sports seat dengan setelan elektrik


Dengan mengaktifkan Track Mode restriksi sistem bantuan pengemudi akan dibatasi, seperti lampu peringatan bahaya sebagai respons terhadap pengereman darurat ditekan dan sistem peringatan tabrakan juga dinonaktifkan. dengan mematikan semua fungsi driving assistant.


Tombol lainnya akan membuat pengemudi lebih cepat mengakses konfigurasi mode berkendara individual untuk mesin, sasis dan transmisi.


Performa

Mesin V8 yang beringas memberikan jaminan kesenangan berkendara


Soal performa masih identik dengan M5 sebelumnya. Mesin M Twin Power Turbo berkonfigurasi V8 dengan kapasitas 4.4 liter di varian Competition ini sanggup menghasilkan tenaga maksimal 625 dk/6.000 rpm.


Sementara versi M5 Standar ‘hanya’ 592 dk. Torsinya mencapai 750 Nm/1.800-5.860 rpm. Hasilnya sedan ini mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 3,4 detik dan 10,8 detik untuk 0-200 km/jam dengan top speed 250 km/jam (dibatasi secara elektronik), dan 302 km/jam bila mengadopsi M Driver’s Package.


Baca juga: Berburu Jalur Bersepeda Bersama The New BMW X1 sDrive 18i xLine


Dengan sistem pendinginan yang lebih advance dibandingkan 5 Series reguler ditambah desain oil pan unik yang dapat mempertahankan tekanan oli tetap stabil di tikungan-tikungan menantang, mesin ini memang diciptakan untuk sanggup dikebut habis-habisan di sirkuit.


Fitur lain yang tidak dimiliki varian 5 Series reguler yaitu flap-controlled dual-branch exhaust system dengan desain dual-branch dan flap-controlled suara mesin yang dihasilkan lebih berkarakter, fitur ini dapat dihadirkan dengan menekan tombol M Sound Control.


Baca juga: BMW i3s Tak Hanya Praktis dan Efisien Khas Mobil Listrik, Tapi Juga Mewah


Sasis M5 Competition juga mengalami revisi. Selain mengadopsi sistem gerak 4 roda M xDrive sebagai standar yang dapat diubah dengan mode 4WD, 4WD Sport dan 2WD, generasi terbaru ini kini menggunakan sokbreker yang diadopsi dari M8 Gran Coupe.


Shockbreaker ini selain meningkatkan kenyamanan juga dapat mengurangi pergerakan bodi saat melintas di jalan yang tidak rata.


Baca juga: Driving Impression BMW 730Li M Sport (4): Kenyamanan Kasta Tertinggi


Untuk memberikan kinerja pengereman dan stabilitas termal yang lebih baik, dan ketahanan yang lebih baik saat digunakan di sirkuit, M5 Competition dilengkapi dengan BMW M Carbon ceramic brakes yang dapat dikenali dari kalipernya yang berwarna emas dengan logo BMW M.


Rem depan dikawal kaliper enam piston (fixed), dan belakang kaliper satu piston di belakang (floating). Fitur ini menahan keausan dengan lebih baik, lebih ringan 23 kilogram.


Baca juga: Apa Kelebihan Skutik Sultan, BMW C400X yang Harganya Nyaris Rp 300 Juta?


Bayu Riyanto, Vice President of Sales BMW Indonesia, menuturkan, “BMW Indonesia dan BMW Eurokars, sebagai satu-satunya dealer BMW M di Indonesia terus melayani pelanggan BMW M di tengah beragam tantangan yang ada."


"Dan kuatnya pesan dari peluncuran BMW M3 dan BMW M4 terbaru membuat kami berkomitmen untuk terus memperbaiki layanan."


Baca juga: New BMW X5 Kini Hadir Dengan Lebih Banyak Fitur


"Dengan peluncuran The New M5, kami akan menggunakan momen ini untuk terus memperkuat brand BMW M, memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan kami, dan juga berusaha lebih dekat dengan pelanggan baru."


"Untuk itu BMW Indonesia dan BMW Eurokars mulai bulan September ini menyelenggarakan BMW M Tour, dimana kami akan datang ke kota besar seperti, Bandung, Semarang, Malang, Bali, Medan, dan Balikpapan. Informasi dan update terbaru terkait program BMW M Tour dapat diakses melalui sosial media BMW Eurokars”.

Teks : Nugroho Sakri Yunarto

Foto : BMW Indonesia