top of page
  • Gambar penulisEditor

Tips Atasi Sleep Mode Pada Kunci Keyless Entry Peugeot

Kendala ini dapat diatasi lewat beberapa langkah.

Kunci Peugeot New 2008 SUV


OTOPLUS-ONLINE I Keyless entry jadi fitur umum yang kian marak dijumpai pada mobil-mobil keluaran terbaru. Perangkat ini memungkinkan pengguna masuk mobil atau menghidupkan mesin hanya dengan menekan tombol.


Namun di balik kecanggihannya, sistem kunci model keyless entry yang mengandalkan remote key punya kelemahan. Saat tidak berfungsi baik, pintu tidak dapat dibuka sampai mesin tidak bisa dihidupkan.


Peugeot menyebut masalah ini dengan sebutan sleep mode, kondisi dimana kunci dalam keadaan tidak aktif.



Jika mendapati kondisi sleep mode seperti ini pengguna tak perlu khawatir. Kendala ini dapat diatasi lewat beberapa langkah.


Pertama, kendaraan yang masih terkunci dapat dibuka dengan anak kunci yang terselip di dalam casing kunci remote.



Setelah pintu terbuka, untuk menghidupkan tempelkan kunci induk pada sisi samping kiri kolom setir sembari menekan Start/Stop Button. Mesin akan hidup seperti normalnya.

Baterai lemah jadi penyebab umum keyless entry tak dapat berfungsi


“Untuk menghindari sleep mode ada beberapa cara yang dapat diterapkan sebagai antisipasi. Pertama, lakukan rotasi penggunaan remote kunci antara kunci 1 dan 2 (cadangan) setiap 14 hari sekali. Kedua, jauhkan remote kunci dari benda-benda yang dapat memancarkan frekuensi tinggi seperti smartphone, laptop, smart TV, dll,” terang Roni Agung, Kepala Bengkel Astra Peugeot Sunter.



Namun kadang sumber masalah juga dapat disebabkan oleh lemahnya baterai remote key sehingga tak sanggup mengirimkan sinyal.

Detail langkah penggantian dan aktivasi keyless entry di Peugeot dapat disimak pada video.


Penggantian battery dapat dilakukan dengan mencopot cover kunci remote menggunakan koin atau obeng kecil. Ingat, tipe baterai pengganti harus sesuai dengan spesifikasi.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Nugroho Sakri Yunarto, Peugeot

Comentarios


bottom of page