• Editor

Tips Liburan Akhir Tahun yang Aman COVID-19

a

Bisa pilih fun adventure atau motocamp di tempat terbuka, atau city touring ke tempat-tempat yang punya spot city heritage atau ikonik, dengan tetap perhatikan protokol kesehatan

OTOPLUS-ONLINE I Berkendara ke alam bebas dengan menggunakan motor atau fun adventure jadi alternatif liburan akhir tahun yang aman di tengah pandemi COVID-19.


Mengutip dari situs resmi Satgas Percepatan Penanganan COVID-19, Ketua Departemen Epidemiologi Universitas Indonesia, Tri Yunis Miko Wahyono, memberikan tips liburan aman dari penularan virus Corona.

Liburan selama pandemi tetap aman asal tahu caranya


Selain kewajiban untuk tetap menjalankan protokol kesehatan, ada beberapa poin yang sangat memungkinkan dilakukan dengan fun adventure. Di antaranya adalah hindari kerumunan, dan pilih wisata ke tempat terbuka.

Pilih lokasi outdoor dengan jumlah pengunjung tak terlalu banyak


Fun adventure identik dengan dua syarat di atas. Berkendara dalam kelompok kecil ke tempat terbuka seperti pantai atau wisata pegunungan memiliki risiko penularan Corona yang lebih rendah dibandingkan tempat tertutup.

Pastikan kondisi badan dan motor sehat. Jika tidak terlalu yakin sebaiknya tunda perjalanan ke tempat yang butuh stamina tinggi


“Pasalnya, ruangan tertutup tidak masuk cahaya matahari dan sirkulasi udara tidak sebagus di tempat terbuka,” kata Tri Yunis Miko Wahyono.

Black Lava, Kintamani - Bali


Nah untuk wilayah Bali, beberapa destinasi wisata seperti berikut ini bisa dijadikan rujukan. Di antaranya adalah Black Lava Kintamani, atau Pantai Amed di Karangasem.

Pantai Amed di Karangasem - Bali


Sementara untuk wilayah Jawa, fun adventure bisa dilakukan ke Bukit Teletubies, yang berada di Sumberasri, Nglegok, Blitar, Jawa Timur. Atau bisa juga jelajah Pantai Malang Selatan seperti yang pernah OTOPLUS-ONLINE rekomendasikan beberapa waktu lalu (Baca: Otoplus-Online Trip: Jelajah Pantai Malang Selatan).

Pantai Jerangkat di Bangka


Atau di wilayah Sumatera, wisata Pantai Jerangkat yang terletak di Bangka Barat dengan hamparan pasir putih dan bebatuan granit hitam memberikan daya tarik tersendiri.

Air Terjun Riam Dait di Pontianak - Kalimantan Barat


Sedangkan di Kalimantan, menyusuri area off road di Kampung Sunda, Kubu Raya dan berwisata ke air terjun Riam Dait di Pontianak, Kalimantan Barat bakal menjadi liburan yang menyenangkan.


”Riding ke tempat wisata di Pontianak memberikan sensasi tersendiri. Saya ingin melakukannya lagi karena menyenangkan rasanya,” ungkap Asep, pengguna Yamaha WR 155 R di Pontianak.

Motocamp jadi alternatif lain agar fun adventure semakin menyenangkan


Kegiatan fun touring bakal lebih menyenangkan jika digabungkan dengan camping dalam kelompok kecil. Seperti yang dilakukan Djoe Avarell, pendiri komunitas XSR Brotherhood Indonesia (XBI).


"Saya dan teman-teman suka mengunjungi tempat-tempat yang menjadi city heritage, atau melakukan turing motocamp," tutur pengguna Yamaha XSR 155 ini.

Turing dalam kota berkunjung ke tempat-tempat yang jadi city heritage bisa dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan


Wisata dengan motor tak hanya dengan fun touring saja. Bagi mereka yang hanya sekedar jalan-jalan dalam kota saja, kegiatan city touring bisa juga dilakukan. Misalnya dengan mengujungi city heritage, atau lokasi yang menjadi ikon kota yang dikunjungi.

Monumen Bajra Sandhi atau Monumen Perjuangan Rakyat Bali


Hanya saja kenali kota tersebut, apakah aman dari penyebaran virus Corona. Itu jika mengacu pada himbauan yang dikeluarkan Pemerintah dan Satgas Percepatan Penanganan COVID-19.

Garuda Wisnu Kencana di Bali


Untuk mengetahui apakah daerah yang dituju tergolong zona hijau, kuning, oranye, atau merah silakan kunjungi website resmi Covid-19.go.id atau ke laman Covid-19 milik masing-masing pemerintah daerah. Disarankan pilih lokasi hiburan di zona hijau yang relatif lebih aman.


Teks: Indramawan

Foto: Yamaha Indonesia