top of page
  • Gambar penulisEditor

Toyota Hilux Rangga Meluncur Januari 2024

“Untuk model bensin akan dipasarkan pada kisaran Rp 180 juta dan Rp 230 juta untuk dieselnya,” bisik narasumber kami.

Toyota Rangga saat diperkenalkan di GIIAS Surabaya 2023.

OTOPLUS-ONLINE I Toyota Hilux Rangga dipastikan akan resmi meluncur Januari 2024. Rangga berwujud mobil ambulance sempat diperkenalkan pada perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 bulan Agustus lalu.


Rangga dipastikan akan hadir dalam dua pilihan mesin, bensin dan diesel. Bedanya jika versi Thailand yang memulai debutnya di Thailand Motor Show 2023 dengan nama Toyota Hilux Champ menggunakan pilihan mesin bensin berkapasitas 2.0 (1 TR-FE) dan 2.7 liter (2 TR-FE) sementara dieselnya 2.4 liter (2 GD-FTV) maka versi Indonesia beda. 


Tampang depan macho.

Versi Indonesia mesin bensinnya akan mengandalkan unit berkode 2NR-FE berkapasitas 1.5 liter yang banyak diandalkan varian model Toyota yang dipasarkan di Indonesia. Sementara mesin dieselnya akan menggunakan unit lawas berkode 2 KD-FTV bawaan Innova 2003-2015. Pertimbangannya tentu untuk mengejar harga kompetitif, efisiensi BBM dan karakter konsumen komersial Tanah  Air yang menyukai BBM berspek rendah.


Ada sentuhan desain Toyota Bandera di area fender.

“Untuk model bensin akan dipasarkan pada kisaran Rp 180 juta dan Rp 230 juta untuk dieselnya,” bisik narasumber kami.


“Dengan harga segitu Hilux Rangga bensin akan berkompetisi dengan pick-up seperti Suzuki Carry, Daihatsu GranMax, DFSK Supercab dan Wuling Formo Max dan Hilux Rangga bermesin diesel bakal berhadapan dengan Mitsubishi L300 dan Isuzu Traga,” tambah narasumber kami lagi.


Spion identik dengan milik Innova Reborn/Zenix.


Pertanyaannya apakah PT Toyota Astra Motor juga akan menghadirkan dua pilihan sasis seperti di Thailand? Untuk diketahui, Toyota Hilux Champ, saudara Rangga di Thailand punya dua pilihan sasis, Short Wheel Base (SWB) dengan jarak sumbu roda 2.750 mm dan Long Wheel Base (LWB) yang jarak sumbu rodanya 3.085 mm.


Pastinya kehadiran Rangga akan menambah pilihan konsumen tak hanya segmen komersial tapi juga penghobi lantaran Toyota sengaja membuat kendaraan ini hanya 70% jadi yang memungkinkan pemiliknya berkreasi sendiri memodifikasi kendaraan ini sesuai kebutuhan mereka.


Jarak Sumbu Roda Kompetitor Toyota Hilux Rangga

  • Daihatsu GranMax Pick Up: 2.650 mm

  • Suzuki Carry Pick Up: 2.207 mm

  • DFSK Supercab: 2.750 mm

  • Wuling Formo Max: 3,160 mm

  • Mitsubishi L300: 2.350 mm

  • Isuzu Traga: 2.250 mm


Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto


Comments


bottom of page