top of page
  • Gambar penulisEditor

Yamaha STSJ Jelaskan Pentingnya Tune Up Kendaraan

Masyarakat harus paham Tune Up itu berbeda dengan service biasa.

OTOPLUS-ONLINE I Ilham Wahyudi, General Manager Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) mengungkapkan, meski tune up dan servis kendaraan memiliki tujuan yang sama, yaitu menjaga performa kendaraan agar tetap awet, namun keduanya beda.


“Istilah Tune Up pasti sudah banyak didengar oleh masyarakat. Namun yang masyarakat harus dipahami oleh konsumen adalah Tune Up itu berbeda dengan service biasa,” kata Ilham.


Lebih lanjut ia menjelaskan, tune Up berfungsi untuk mengembalikan mesin kendaraan ke posisi yang optimal, efisiensi bahan bakar, meningkatkan akselerasi, hingga meningkatkan kenyamanan dalam berkendara.


Sehingga dapat dikatakan, tune up berguna untuk menstandarisasi kondisi kendaraan seperti standar awal. Ketika performa kendaraan mengalami gangguan, konsumen bisa melakukan tune up kendaraan di bengkel resmi Yamaha.


Tune up berfungsi untuk melakukan pemeriksaan dan pemeliharaan komponen yang ada dalam kendaraan. Kegiatan ini dapat dilakukan secara berkala sehingga membantu pengendara untuk mendeteksi potensi kerusakan yang ada pada kendaraan.


Tune Up sendiri dapat dibagi kedalam tiga bagian. Untuk bagian pertama difokuskan pada komponen mesin seperti busi, oli, filter udara, filter bensin, kopling, hingga karburator.


Untuk bagian kedua yaitu pengecekan pada chasis yaitu kemudi pada motor, suspensi, rantai, ban, velg, hingga kampas rem pada kendaraan.


Selanjutnya adalah bagian kelistrikan sepeda motor seperti tegangan aki, pengisian, fuel injeksi, lampu hingga klakson juga turut masuk dalam komponen yang harus diperhatikan.


Agar performa kendaraan tetap optimal, pengendara disarankan untuk melakukan tune up dalam kurun waktu 3 bulan sekali atau per 3.000 km. Waktu tersebut merupakan waktu yang tepat untuk melakukan perawatan pada kendaraan.


“Konsumen juga bisa langsung datang ke bengkel resmi Yamaha terdekat untuk melakukan perawatan kendaraannya. Teknisi handal Yamaha dengan sigap akan membantu merawat kendaraan anda agar performanya tetap terjaga,” tambah Ilham.


Teks: Indramawan

Foto: Yamaha STSJ

Comments


bottom of page