top of page
  • Gambar penulisEditor

5 Komponen Motor Ini Wajib Diganti Berkala

Penting dilakukan untuk menjaga usia motor panjang dan kenyamanan, serta keselamatan berkendara.

OTOPLUS-ONLINE I Menurut Dwi Suwanto, Instruktur Service PT Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ), ada 5 komponen motor yang wajib diganti secara berkala.


Hal ini penting dilakukan untuk menjaga performa motor dengan melakukan perawatan berkala, demi kenyamanan dan keselamatan saat berkendara.


“Perawatan berkala itu penting dilakukan agar menjaga kestabilan performa kendaraan, dan memberikan lifetime atau umur kendaraan yang lebih panjang. Pastikan untuk melakukan service rutin di bengkel resmi Yamaha yang sudah terjamin kualitasnya,” buka Dwi.



Ia menambahkan, seringkali konsumen melakukan service karena kendaraannya sudah tidak nyaman untuk dikendarai.


"Nah, untuk menghindari hal itu konsumen harus rajin untuk melakukan service rutin,” tambahnya.


Dan berikut ini beberapa komponen motor yang wajib diganti secara berkala.



Oli Mesin

Oli Mesin sendiri berfungsi sebagai bahan pelumas agar mesin tetap berjalan mulus dan bebas gangguan pada saat berkendara. Idealnya dalam pergantian oli mesin dilakukan sebulan sekali.


Busi

Busi motor sangat berpengaruh terhadap performa motor. Apabila busi mengalami permasalahan maka motor akan sulit untuk dinyalakan, baik dengan kick starter ataupun electric starter. Biasanya busi perlu dilakukan pergantian ketika motor menempuh jarak 20.000 km dan 50.000 km.



Aki

Aki motor sendiri berfungsi untuk menyimpan energi listrik yang berbentuk kimia serta berpengaruh terhadap komponen sensor yang membutuhkan energi listrik maka dari itu aki motor juga merupakan komponen yang wajib diganti secara berkala.


Lampu dan Kampas Rem

Kedua komponen ini wajib diganti secara berkala, karena lampu kendaraan dan kampas rem. Jika tidak bekerja secara optimal, dapat menyebabkan kecelakaan.



Informasi terkait bengkel resmi dapat dilihat melalui website www.yamaha-stsj.com atau melalui instagram @Yamahafriends


Teks: Indramawan

Foto: Dok. Otoplus-Online

Comments


bottom of page