• Editor

Alasan New Honda Genio Ikut-Ikutan Scoopy Pakai Pelek 12 Inci

Apa plus-minus New Honda Genio ikuti strategi pelek 12 inci yang sebelumnya sukses diterapkan pada Honda Scoopy?

OTOPLUS-ONLINE I Ada alasan tersendiri di balik keputusan Astra Honda Motor (AHM) melakukan perubahan ukuran diameter roda pada New Honda Genio yang baru saja di-launching di Jakarta, 14 Maret 2022 lalu.


Hal ini terungkap saat launching New Honda Genio di Surabaya, yang dilakukan oleh PT. Mitra Pinasthika Mulia atau MPM Honda Jatim selaku main dealer sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT pada 31 Maret 2022 di MPM Simpang Dukuh, Surabaya kemarin.

Dalam presentasinya pada sesi press conference, Suhari selaku Marketing Communication & Development Division Head MPM Honda Jatim mengatakan, New Honda Genio menggunakan pelek dengan ukuran diameter 12 inci, menggantikan pelek sebelumnya yang berdiameter 14 inci.


Baca juga: Pilih Mana All New Honda Vario 160 atau PCX 160?


"Kami mengikuti strategi model yang sebelumnya sukses diterapkan pada Honda Scoopy," tutur Suhari. Ditambahkannya, sejak berubah menggunakan pelek 12 inci tahun 2017 lalu, volume penjualan Scoopy meningkat signifikan.


"Dari sini New Honda Genio menggunakan strategi yang sama dengan Scoopy dengan harapan bisa meningkatkan volume penjualan lebih besar lagi," tandas Suhari.

Memang, dengan mengusung pelek 12 inci ini, New Honda Genio tampil lebih menarik. Namun demikian, apakah perubahan ini tidak berpengaruh ke performa?


Baca juga: Honda CB150X Janjikan Kenyamanan untuk Turing, Juga Harian!


Pasalnya, roda dengan diameter lebih kecil akan berotasi lebih banyak dibandingkan dengan ban yang memiliki diameter lebih besar. Apakah ini tidak akan mempengaruhi akselerasi, top speed maupun konsumsi bahan bakar?


M. Bondan Priyoadi selaku Technical Service Division Head MPM Honda Jatim pun berkenan menjawab pertanyaan OTOPLUS-ONLINE ini.

Bondan mengatakan, dengan digunakannya lingkar pelek ukuran 12 inci yang lebih kecil, namun dengan tapak pelek lebih lebar pada New Honda Genio, maka memungkinkan dipakainya ban dengan tapak lebih lebar, serta profil lebih tinggi.


Ia juga menambahkan, pelek depan Genio lama memiliki lebar 1,85 inci, sementara New Genio 2,15 inci. Kemudian untuk lebar pelek belakang, Genio lama adalah 2,15 inci, sementara New Genio 2,50 inci.

Dari sini kemudian Bonda menjelaskan, perbandingan ban Genio lama dan New Genio. Genio lama sebelumnya memakai ukuran ban depan 80/90-14 M/C 40P. Sementara untuk New Genio pakai spek ban 100/90-12/MC-59J.


Sementara untuk ukuran ban belakang, Genio lama pakai 90/90-14MC/46P, sementara New Honda Genio 110/90-12/MC 64J.


Baca juga: Test Ride All New CB150R StreetFire: Jajal Fitur Andalan Fork Upside Down dan Handlebar


"Pemakaian ban dengan profil lebih lebar dan tinggi ini menjadi kompensasi atas perubahan ukuran lingkar pelek lebih kecil, karena putaran roda akhirnya kurang lebih sama sehingga tidak terjadi penurunan performa yang berarti," jelas Bondan.


Namun demikian, Bondan mengakui profil ban lebih gendut ini turut berkontribusi atas kenaikan bobot New Genio 3 Kg lebih berat dari model sebelumnya.


Baca juga: Hasil Tes 5 Hari All New Honda Scoopy Cocok Buat Jalan Santai dan Irit BBM


"Untuk itu, kami telah melakukan setting ulang pada ECU, sehingga secara performa, baik itu akselerasi maupun top speed hingga konsumsi bahan bakar tetap bisa dipertahankan," jelasnya.


Untuk membuktikan hal tersebut, Bondan pun membacakan hasil pengujian yang telah dilakukan sebelumnya.

Sebagai informasi, New Genio mengusung mesin yang sama dengan model sebelumnya, yakni 110cc SOHC eSP (enhanced Smart Power) dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI didapat tenaga maksimal mesin 6,6 kW @ 7.500 rpm, dan torsi puncak di 9,3 Nm @ 5.500 rpm.


"Akselerasi masih mampu dipertahankan di bawah 13 detik. Kalau Genio lama 12,4 detik, maka Genio yang baru ini 12,7 detik. Ada perbedaan tapi sangat sedikit sekali sehingga tidak akan terasa jika digunakan untuk harian," papar Bondan.


Baca juga: Test Ride All New Honda PCX 160: Top Speed 114 Km/Jam, Konsumsi BBM 53,5 Km/Liter


Begitu juga untuk kecepatan maksimal atau top speed. Juga masih bisa di atas 90 km/jam. "Kalau Genio lama bisa 94 km/jam, maka Genio baru ini 93 Km/jam atau agak turun sedikit. Namun sekali lagi, akseleras dan kecepatan maksimum ini masih oke untuk pemakaian sehari-hari."


Bagaimana dengan konsumsi bahan bakar? Berdasarkan hasil tes internal dengan metode WMTC, konsumsi bahan bakar New Genio menunjukkan angka 59,1 km/liter (fitur ISS on) sehingga mampu menempuh jarak hinga 248 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar.


"Juga hampir tidak ada perbedaan berarti dengan Genio yang lama," simpul Bondan.


Fitur New Honda Genio

Selain mengusung ban terbaru berukuran 12 inci yang diklaim mendukung proporsi berkendara lebih seimbang dan stabil, New Honda Genio dilengkapi dengan sejumlah fitur baru yang fungsional.


Di antaranya adalah power charger untuk mengisi ulang baterai gadget saat ini disematkan pada bagian rak depan sehingga lebih mudah diakses oleh penggunanya.

Teknologi lampu depan Honda Genio sudah menggunakan LED, dipadu lampu belakang stylish, serta lampu sein terpisah di bagian cover bodi, memberikan image modern dan pencahayaan optimal.

Panelmeter digital menyajikan berbagai informasi termasuk penunjuk kecepatan, odometer, bahan bakar, dan indikator ECO sebagai panduan berkendara efisien.


Sentuhan aluminium pada pijakan kaki pembonceng dan grip belakang menyuguhkan penampilan yang mewah.

Faktor keamanan ditunjang dengan fitur secure key shutter, dilengkapi tombol pembuka jok yang praktis.


Parking Brake lock, sistem pengereman combi brake, dan side stand switch menjadi fitur standar New Honda Genio yang memastikan keamanan penggunanya.


Launching New Honda Genio di Surabaya

Setelah diperkenalkan terlebih dahulu oleh PT Astra Honda Motor (AHM) pada Senin, 14 Maret 2022 lalu di Jakarta, kini New Honda Genio hadir di Surabaya.


PT. Mitra Pinasthika Mulia atau MPM Honda Jatim selaku main dealer sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT melakukan launching New Honda Genio di hadapan media pada Kamis, 31 Maret 2022 hari ini di MPM Simpang Dukuh, Surabaya.


Selain itu, bagi masyarakat umum bisa mengikuti launching yang digelar secara virtual pada tanggal 2 April 2022 melalui Instagram @mpmhondajatim.


Bisa juga melihat langsung peluncuran New Honda Genio melalui pameran yang diadakan di Royal Plaza dan Malang Town Square ( MATOS ) mulai tanggal 04 – 10 April 2022.


MPM Honda Jatim memberikan penawaran potongan angsuran hingga 2x tenor dan uang muka Rp1juta.


Tipe dan Harga

Info lain, New Honda Genio dipasarkan dengan dua tipe, yaitu CBS dan CBS-ISS dengan total 6 pilihan warna.

Tipe CBS dipasarkan di Surabaya dengan harga Rp19.903.000 on the road (OTR), dan tersedia dalam tiga warna, yakni Radiant Red Black, Radiant Brown Black, serta Radiant Black.


Sementara untuk tipe CBS-ISS dipasarkan Rp20.448.000 on the road (OTR), dengan tiga pilihan warna, yakni Fabulous Matte Black, Fabulous Matte Brown, dan Fabulous Matte Blue.


Teks dan Foto: Indramawan