• Editor

All New Isuzu Mu-X Bakal Meluncur di GIIAS?

All New Isuzu Mu-X sudah dipasarkan di Australia dengan harga tertinggi Rp 680 juta untuk varian 4x4 LS-T Auto.

OTOPLUS-ONLINE I Isuzu Phillipines Corporation dipastikan akan meluncurkan generasi terbaru Isuzu Mu-X pada 22 September 2021 nanti. Bagaimana dengan Indonesia?


"Sedang dalam persiapan, tunggu tanggal mainnya ya..." jawab sumber kami di PT. Isuzu Astra Motor Indonesia saat kami hubungi.

Teaser sudah beredar Januari 2021 lalu


Sebenarnya teaser kehadiran All New Isuzu Mu-X sudah beredar sejak Januari 2021 lalu, namun agaknya imbas pandemi Covid-19 memaksa Astra International-Isuzu Sales Operation harus melakukan reschedule peluncurannya.


Baca juga: Tahun Ini Isuzu Akan Rilis New MU-X, D-Max, dan Stop Produksi Panther


Kemungkinan besar, SUV tersebut akan meluncur di event GIIAS 2021 yang rencananya diselenggarakan pada 11-21 November 2021 nanti. Berikut profil SUV yang di Australia dipasarkan dengan harga tertinggi Rp 680 juta untuk varian 4x4 LS-T Auto.


Pilihan Varian

Dimensinya membengkak lebih besar


Di Australia, All New Isuzu Mu-X diluncurkan pada 30 Juli 2021 dan mulai tersedia di dealer-dealer pada 2 Agustus 2021.


Untuk pasar Australia, ada 3 varian yang model yang dihadirkan LS-M (low), LS-U (medium) dan LS-T (high) dengan pilihan penggerak 4x4 atau 4x2 dan pilihan transmisi manual 6 percepatan atau otomatis 6 percepatan.


Desain Eksterior

Desain belakang berubah total


Secara dimensi All New Mu-X membesar, lebih panjang dan lebih lebar. Tampilannya kini terlihat berotot dan modern, menawarkan kompromi antara desain dan fungsi dengan memberikan kebanggaan dan kepercayaan diri saat dipakai di jalanan perkotaan serta ketangguhan ketika diajak berpetualang di medan off-road.


Interior Lebih Lega & Nyaman

Kabin makin lega dan nyaman


Melarnya dimensi panjang menjadi 4.850 mm dan lebar menjadi 1.870 mm berimbas pada meningkatnya kelegaan kabin. Kini 7 penumpang dewasa dapat duduk dengan leluasa di dalam kabinnya.


Khusus untuk varian LS-T, seluruh joknya sudah dibalut kulit dan jok depan dibekali juga dengan fitur heated seat.


Fitur Pintar

Fitur Power Tailgate memudahkan mengakses bagasi, dan dengan Remote Engine Start dapat menghidupkan mesin melalui remote


Isuzu meningkatkan aspek kenyamanan dan fungsional seperti Power Tailgate, Remote Engine Start atau Voice Command.

Lane Keep Assist membantu pengemudi agar kendaraan ini selalu di jalurnya, sementara Autonomous Emergency Braking memungkinkan SUV ini mengerem sendiri ketika situasi darurat


Selain itu Isuzu juga membekali generasi terbaru ini dengan fitur keamanan canggih yang mereka namakan IDAS (Intelligent Driver Assistant System).

Ada 8 airbag yang tersedia untuk keselamatan pengemudi dan penumpang


Fitur-fitur di dalamnya termasuk Autonomous Emergency Braking, Adaptive Cruise Control, Lane Keep Assist sampai airbag yang jumlahnya 8 buah.


Pilihan Mesin

Untuk pasar Australia pilihan mesin yang tersedia hanya diesel berkode 4JJ3-TCX berkapasitas 2.999 cc yang merupakan pengembangan dari mesin Mu-X sebelumnya yang berkode 4JJ1. Tenaga mesin ini lebih besar 13 dk menjadi 187,7 dk/3.600 rpm dengan torsi lebih besar 70 Nm menjadi 450 Nm (1.600-2.600 rpm).


Sedangkan untuk pasar Filipina, selain mesin 3.0 liter tadi, juga disodorkan mesin diesel generasi terbaru dari Isuzu yang memiiki kapasitas 1.9 liter berkode RZ4E yang dapat menghasilkan tenaga 148 dk dan torsi 350 Nm khusus sebagai pilihan untuk Mu-X berpenggerak 4x2.


Kemampuan Offroad Meningkat

Dapat melintasi genangan air sampai kedalaman 800 mm


Tak hanya meningkatkan kemampuan mesin, Isuzu juga meningkatkan kemampuan offroad dari SUV ladder frame yang memiliki tipe suspensi double wishbone dengan coil spring di depan dan multilink di belakang.


Isuzu menanam fitur 4x4 Terrain Command yang memungkinkan pengemudi memindahkan mode 4x2 menjadi 4x4 pada kecepatan maksimal sampai dengan 100 km/jam.


Baca juga: Tiga Tahun Bebas Perawatan untuk Pembelian Isuzu mu-X


Selain itu juga ada differensial lock belakang, Rough Terrain Mode yang khusus digunakan untuk medan offroad parah serta kemampuan melintasi genangan air hingga kedalaman 800 mm. Layak dinantikan deh!

Teks: Nugroho Sakri Yunarto, Indramawan

Foto: Isuzu