top of page
  • Editor

All New Kijang Innova Zenix Diluncurkan di Surabaya, Siapkan DP Rp20 Juta!

All New Kijang Innova Zenix diluncurkan di Surabaya pada hari Jumat, 25 November 2022 di Pakuwon Mall Surabaya.

Dari kiri : Segaryanto Tejo; Direktur Asri Motor, Andrian Permana; MVP & Commercial Department Head Toyota Astra Motor, Judianto; Regional Branch Division Head Jatim Bali, Laz Marthino; Jatim Area Head Toyota Astra Motor, Steven Gunarto; Owner Arina Toyota, Herry Deswanto; Senior Area Business Manager Surabaya


OTOPLUS-ONLINE I Setelah Global Premiere di Jakarta, All New Kijang Innova Zenix diluncurkan di Surabaya pada hari Jumat, 25 November 2022 di Pakuwon Mall Surabaya.


Baca juga: All New Kijang Innova Zenix Usung Kelebihan Toyota Hybrid System Generasi Ke-5 dan TNGA


“Zenix merupakan gabungan dari dua kata. Zenith dan X (Cross). Zenith diartikan sebagai puncak evolusi Kijang untuk era baru sementara X menunjukkan sosoknya sebagai crossover yang menggabungkan kepraktisan dan kenyamanan MPV dengan ketangguhan dan kekuatan SUV,” ungkap Laz Marthino, Jatim Area Head Toyota Astra Motor.

Dari inden yang masuk 70 persennya didominiasi model hybrid (2.0 Q HV)


Kijang generasi ke-7 ini hadir dengan perubahan mendasar dan menyeluruh.Mengusung tagline Cross Into The New Energy, All New Kijang Innova Zenix menyajikan performa berkendara yang superior dengan mengadopsi platform dan mesin TNGA, serta teknologi Toyota Hybrid System generasi ke-5.

Mesin seri Dynamic Force Engine di varian hybrid (M20A FXS) terlihat lebih sesak dengan penempatan boks filter udara yang gak lazim


Platform TNGA GA-C dengan struktur monokok menggantikan struktur rangka ladder yang jadi ciri Kijang sejak awal kehadirannya pada tahun 1977. Platform baru ini memungkinkan engineer Toyota untuk menyematkan berbagai teknologi advance terbaru di All New Kijang Innova Zenix seperti mesin Dynamic Force Engine berkode M20A, keluarga mesin bensin terbaru yang dikembangkan Toyota khusus untuk kendaraan berplatform TNGA.

Transmisi 10 speed Direct Shift CVT


Untuk varian non hybrid menggunakan mesin berkode M20A FKS sementara model hybrid disematkan mesin dengan kode M20A FXS. Di All New Kijang Innova Zenix, mesin berkapasitas bersih 1.986 cc ini dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 172 dk/6.600 rpm dan torsi maksimum 205 Nm/4.500-4.900 rpm (M20A FKS).

Mesin di varian non hybrid (M20A FKS) diklaim dapat menorehkan konsumsi bensin rata-rata 12-13 km/liter pada pemakaian di dalam kota. Bandingkan dengan Innova bensin sebelumnya yang syukur-syukur bisa mendapatkan angka 8 km/liter


Sementara varian hybridnya (M20A FXS) menghasilkan tenaga maksimum 150 dk/6.000 rpm dengan torsi maksimum 188 Nm/4.400-5.200 rpm, angka itu belum ditambahkkan dengan tenaga yang dihasilkan oleh motor listriknya.

Tampak depan varian 2.0 V Gasoline (non hybrid)


Selain itu platform TNGA GA-C juga memberikan ruang bagi engineer Toyota untuk meningkatkan stabilitas dengan memperbaiki rigiditas bodi dan mengurangi berat bodi serta meningkatkan kenyamanan dengan mengurangi suara yang masuk ke dalam kabin. Improvement itu OTOPLUS-ONLINE rasakan sendiri saat melakukan first drive menggunakan All New Kijang Innova Zenix 2.0 Q HV mengelilingi kompleks Pakuwon Mall dengan 6 penumpang di dalam kabin.

Tampak belakang varian 2.0 V Gasoline (non hybrid)


Usai tombol Start ditekan, tidak ada suara mesin yang menjawab. Hening lantaran yang aktif motor listriknya. Mesin akan hidup ketika kapasitas baterai berkurang atau saat crossover ini kita ajak berakselerasi kencang.


Baca juga: Heritage Edition untuk Toyota Kijang Innova dan New Alphard Bisa Didapatkan di Auto2000 Surabaya


Peralihan dari motor listrik ke mesin bensin juga seamless. “Itulah salah satu keunggulan Toyota Hybrid System generasi ke-5. Keunggulan itu diperoleh berkat pengembangan pada komponen transaxle yang lebih kompak, ringan, efisien dan senyap. Pengembangan juga menjamah motor listrik yang kini mengadopsi tipe Compact High Output Motor dan baterai,” terang Laz Marthino.

Setir dilengkapi setelan rake (tilt) dan reach (telescopic)


“Pada Toyota Hybrid System generasi ke-5, ditambahkan filter pada baterai. Tujuannya menghindarkan debu masuk ke sistem baterai sehingga membuat pendinginan baterai terganggu. Dengan adanya filter, pendinginan baterai lebih terjaga,” imbuh I Ketut Sutena, Workshop Head Auto2000 Basuki Rahmat Surabaya.

Interior varian non hybrid menggunakan kombinasi warna hitam dan coklat


All New Kijang Innova Zenix ditawarkan dalam 3 pilihan varian yaitu G, V dan Q dengan dua pilihan mesin untuk varian G dan V. Tidak ada pilihan transmisi manual di Kijang terbaru ini. Semua varian disodorkan hanya dengan transmisi otomatis 10-speed Direct Shift CVT. Lalu khusus untuk varian Q 2.0 HV telah dilengkapi dengan Toyota Safety Sense 3.0.

Bagasi makin lega imbas bertambahnya dimensi panjang dan lebar yang masing-masing 20 mm


“Perbedaan paling mencolok dibandingkan TSS 2.0 yaitu adanya Dynamic Range Cruise Control yang memiliki range pengamanan lebih luas dan sudah berfungsi sejak 0 km/jam. DRCC melengkapi fitur-fitur lain seperti Pre-Collision System, Lane Departure Alert, Rear Cross Alert Blind Sport Monitoring System,” urai Andrian Permana, MVP & Commercial Department Head TAM. Pastinya dengan berbagai teknologi dan pengembangan yang dilakukan membuat Kijang generasi ke-6, Innova Reborn jadi seperti berasal dari zaman batu.

“Siapkan DP 20 juta buat yang mau inden,” kata Judianto (tengah)


Lalu berapa yang harus disiapkan untuk booking fee Kijang generasi terbaru ini? “Siapkan saja DP Rp20 juta,” tukas Judianto, Regional Branch Divison Head Auto2000 Jatim Bali. Berikut daftar lengkap harga OTR Surabaya untuk All New Kijang Innova Zenix.


  • 2.0 G Non Premium Color: Rp 426.833.000

  • 2.0 G Premium Color: Rp 429.833.000

  • 2.0 V Non Premium Color: Rp 474.633.000

  • 2.0 V Premium Color: Rp 477.633.000

  • 2.0 G HV Non Premium Color: Rp 465.733.000

  • 2.0 G HV Premium Color: Rp 468.733.000

  • 2.0 V HV Modelista Non Premium Color: Rp 539.433.000

  • 2.0 V HV Modelista Premium Color: Rp 542.433.000

  • 2.0 Q HV Modelista Non Premium Color: Rp 618.033.000

  • 2.0 Q HV Modelista Premium Color: Rp 621.033.000

(Premium Color: Platinum White Pearl)


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto

bottom of page