top of page
  • Gambar penulisEditor

Aprilia SR-GT 200 Dipasarkan Mulai Rp63,5 Juta OTR Surabaya, Seperti Apa Naikannya?

Skuter premium sporty ini didesain memberikan keseruan dan kenyamanan dalam berkendara di berbagai medan jalan.

OTOPLUS-ONLINE I PT Piaggio Indonesia mengonfirmasi awal dari tren baru skuter premium sporty di Indonesia, dengan menghadirkan Aprilia SR-GT 200.


Di Surabaya, Aprilia SR-GT 200 diluncurkan pada acara “Aprilia Experience” berlokasi di SMART Motoplex, Surabaya pada 22 Juli 2022.

Prosesi peluncuran Aprilia SR-GT 200 di “Aprilia Experience” berlokasi di SMART Motoplex, Surabaya pada 22 Juli 2022.


Aprilia SR-GT 200 dipasarkan dengan harga OTR Surabaya Rp63.500.000 untuk varian Standar, dan Rp65.000.000 untuk varian Sport.


Aprilia merupakan brand sporty andalan Piaggio Group dengan warisan kuat di dunia balap yang telah memenangkan 294 Grand Prix sehingga menjadikannya pabrikan Eropa yang memegang rekor kemenangan terbanyak dalam sejarah kompetisi kendaran roda dua dan tentu dengan kemenangan lain di masa mendatang.

Jurnalis diberikan kesempatan mencoba Aprilia SR-GT 200


Tidak hanya mengedepankan teknologi engineering Italia, Aprilia juga membawa desain khas Italia dengan menjadi brand dengan pencapaian balap terbaik dalam sejarah. Semangat sportif tersebut melahirkan kendaraan dinamis dan tradisi juara yang menjadi DNA-nya. Melalui sejarah panjang dan pengalaman DNA balap tersebut,


Kehadiran produk terbaru dari Aprilia bertujuan menggebrak pasar melalui desainnya yang menarik, menyenangkan untuk dikendarai, serta memberi pengalaman perjalanan yang seru, setiap hari, di mana saja.

Hadir di segmen skuter premium sporty


“Brand Aprilia selalu berupaya membawa aura dan semangat dari sirkuit MotoGP yang kompetitif dan bergengsi ke jalanan di Indonesia. Salah satunya dengan menghadirkan Aprilia SR-GT 200 sebagai produk terbaru dan paling luar biasa dari keluarga Aprilia yang tetap setia pada esensi brand Aprilia yaitu 'designed for racers, built for riders', namun tetap relevan untuk berkendara sehari-hari, sehingga dapat menjawab kebutuhan akan skuter matik premium yang unique, stylish, serta sporty,” tegas Marco Noto La Diega, Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia


Skuter premium sporty ini didesain untuk menghadirkan rangkaian teknologi terdepan yang memberikan keseruan dan kenyamanan dalam berkendara di berbagai medan jalan, mulai dari permukaan aspal, beton, jalan berbatu, hingga jalur tanah.



Keunggulan tersebut merupakan buah dari desain yang terinspirasi oleh Enduro World, sehingga menjadikannya teman ideal untuk berpetualang di baik di jalur perkotaan maupun di jalur dengan kondisi tidak terduga.


OTOPLUS-ONLINE berkesempatan melakukan test ride singkat dengan rute berkeliling kota Surabaya. Berikut impresi awal kami terhadap Aprilia SR-GT 200.


Varian Sport

Aprilia SR-GT 200 Sport


Selain versi Standar yang lebih kontemporer, Aprilia SR-GT juga menawarkan versi Sport, yang menawarkan grafis dan sentuhan akhir yang lebih berorientasi balap melalui tampilan tangguhnya.


Aprilia SR-GT 200 Standart ditawarkan dalam tiga pilihan warna, Aprilia Black, Street Grey, dan Infinity Blue, masing-masing dipasangkan dengan footpeg, side, dan pegangan tangan penumpang berwarna abu-abu keperakan. Roda dan sadelnya tampil dalam balutan warna hitam dengan jahitan abu-abu.

Jok di varian Sport menggunakan kombinasi warna hitam dan abu-abu dengan aksen jahitan merah


Sementara untuk versi Sport, hadir lebih dekat dengan corak khas motor sport Aprilia. SR-GT 200 Sport ditawarkan dalam skema warna Matte Street Gold, Iridium Grey dan Red Raceway.


Semuanya dipadukan dengan pelek warna merah dan sadel dua kombinasi warna hitam dan abu-abu dengan aksen jahitan merah. Footpeg abu-abu keperakan menampilkan huruf Aprilia, sedangkan kolom tengah dan samping berwarna hitam matte, dengan pegangan penumpang yang sewarna dengan warna motor tersebut. Sebuah huruf 'a' besar ditambahkan di area legshield.


Garis desain sporty dengan nuansa balap yang khas

Selain estetis, desain windshield ini juga efektif mengarahkan angin agar tidak langsung menghempas ke tubuh pengendara


Ketangguhan Aprilia SR-GT langsung terlihat pada detail gayanya yang merupakan perpaduan dari tampilan premium Italia dengan karakter balap motor sport Aprilia. Dari samping, Aprilia SR-GT terlihat langsing dan ramping, dengan overhang yang dikurangi dan garis-garis dinamis tegas yang menekankan karakter sporty-nya.


Selain untuk menampung tangki, kolom tengah juga berfungsi untuk menghubungkan bagian depan dan belakang, memberikan SR-GT tampilan sepeda motor yang gesit. Selain itu, dengan fokus menyuguhkan pengalaman berkendara yang menyenangkan, jok pengendara Aprilia SR-GT sedikit ditarik mundur, sehingga memberikan kesan ‘active and ready” dibandingkan skuter pada umumnya.

Tutup tangki dibuka dengan menekan rumah kunci kontak, tangki bensinnya berkapasitas 9 liter


Berlanjut pada bagian depan yang menonjol adalah klaster tiga lampu full LED, yang merupakan ciri khas dari motor-motor sport dari brand Aprilia, serta fairing ganda yang muncul di sisi pelindung. Ada pula penambahan kaca penahan angin dan setang lebar terbuka yang berkontribusi pada kemampuan kontrol total, terutama saat bermanuver dengan kecepatan rendah di lalu lintas kota.


Kontrol Sempurna untuk berkendara aktif

Setang lebar, manuver jadi ringan


Setang lebar berdesain terbuka pada Aprilia SR-GT menawarkan kontrol tertinggi, yang didukung oleh suspensi dengan jarak main panjang dan ground clearance yang ditingkatkan untuk memastikan segala rintangan dengan mudah diatasi saat berkendara di jalanan kota.


Begitupun pada ban, dengan penampang melintang yang luas dan desain tapak “tangguh”, memungkinkan pengendara untuk bertualang di berbagai permukaan jalan, mulai dari aspal hingga bebatuan dan jalan tanah.

Suspensi belakang punya 5 step setelan preload dengan jarak main suspensi panjang. Ground clearance setinggi 175 mm, aman untuk berbagai kondisi medan jalan


Kemampuan ini ideal untuk berkendara di jalanan kota Indonesia, dimana mobilitas sehari-hari merupakan tantangan tersendiri dengan berbagai kondisi jalan yang berubah-ubah serta rutinitas monoton.


Semua ini dipadukan dengan desain sporty khas Aprilia, mesin i-get terbaru lengkap dengan sistem Start & Stop untuk kinerja premium, serta kelengkapan berkendara yang mumpuni mencakup lampu LED penuh, dan instrumentasi LCD.


Mesin i-get New Generation

Mesin i-get generasi terbaru berkapasitas murni 174 cc


Aprilia SR-GT juga menandai skuter premium sporty dengan tenaga dan efisiensi mesinnya. Berada dalam keluarga besar mesin i-get, dengan injeksi elektronik, empat katup dan berpendingin cairan, ini adalah produk terdepan dari pusat litbang Piaggio Group untuk mesin skuter.


Mengusung konfigurasi silinder tunggal dengan kapasitas 174 cc i-get, mesin Aprilia SR-GT 200 mampu menyuguhkan tenaga maksimum sebesar 13 kW atau 17,4 dk/8.500 rpm dan torsi 16,5 Nm/ 7000 rpm. Angka-angka itu memastikan fleksibilitas, akselerasi yang cepat, dan pengendaraan yang mulus di segala kondisi jalan.



Sementara itu, semua model di jajaran Aprilia SR-GT dilengkapi dengan sistem Start & Stop yang dikenal dengan RISS (Regulator Inverter Start & Stop System).

Panel meter negative display yang mudah dibaca saat siang yang terik sekalipun


Sistem ini menghilangkan sistem starter tradisional, yang diganti dengan perangkat listrik brushless yang dipasang langsung di poros engkol. RISS secara otomatis mematikan mesin 1 sampai 5 detik setelah skuter berhenti (tergantung pada apakah mesin telah mencapai suhu operasi yang benar atau tidak).


Sedikit putaran throttle akan menghidupkan kembali mesin secara instan, dalam keheningan total tanpa suara kasar khas sistem starter tradisional.


Enak Buat Dalam Dan Luar Kota

Rentang power yang luas membuat penggunaannya terasa fleksibel di jalan padat atau trek lengang


Posisi duduknya ergonomis. Untuk pembonceng juga tidak melelahkan. Di jalanan, Aprilia SR-GT200 yang berbobot 148 kilogram ini terasa menyenangkan dikendarai. Skuter ini memang dirancang untuk menjadikan setiap perjalanan sebagai sebuah sensasi yang seru dan menyenangkan untuk setiap pengendara.

Dua posisi floor deck untuk fleksibilitas kenyamanan berkendara


Pengembangan rangka dijalankan sepenuhnya oleh teknisi Aprilia dalam menciptakan sasis yang menjamin laju dinamis dan presisi. Rangka dudukan ganda dalam tabung baja berkekuatan tinggi dikawinkan dengan suspensi yang memiliki jarak main jauh dikembangkan khusus untuk model ini.

Bagasi lega berkapasitas 25 liter


SR-GT200 menggunakan pelek alloy ringan berukuran 14 inci yang dibungkus ban 110/80-14 di depan dan pelek 13 inci di belakang dengan ban 130/70-13. Kombinasi itu menawarkan lebih dari kelincahan dan kendali yang sangat baik saat berlalu lintas, tetapi juga stabil pada kecepatan yang lebih secara berkelanjutan.

Lingkar roda belang, Depan pakai ukuran 14 inci sementara belakang 13 inci. Rem belakang dikawal cakram 220 mm.


Sistem pengereman menggunakan cakram depan petal 260 mm, yang terasa lebih ringan dan lebih mampu membuang panas, sehingga menjadikan performa lebih baik. Sementara bagian belakang dilengkapi cakram 220 mm (berbentuk kelopak untuk versi Sport).

Tombol MIA seperti yang ada di Vespa GTS300 Super Tech sudah disiapkan meski saat ini belum difungsikan


Aprilia SR-GT juga tampil menonjol dengan ground clearance minimal 175 mm, pencapaian nilai yang belum pernah ada sebelumnya untuk segmen skuter premium. Hal ini memungkinkan pengendara dengan mudah mengatasi setiap gundukan di jalan dan turunan apapun.



Semua karakteristik tersebut, bersama dengan ban dual purpose yang memiliki tapak sedikit menonjol, membuat Aprilia SR-GT sangat fleksibel dan cocok untuk segala kondisi perjalanan.


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto

bottom of page