• Editor

Auto2000 Hadirkan Robot Pintar untuk Layani Pelanggan

Robot saat ini sudah hadir di Auto2000 cabang Yos Sudarso Jakarta, dan akan hadir 26 robot tersebar di cabang Auto2000 wilayah Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali dan Sumatera.

Pelanggan akan disambut oleh robot pelayanan yang bersahabat

OTOPLUS-ONLINE I Tak lama lagi pelanggan yang berkunjung ke cabang-cabang Auto2000 akan mendapakan pengalaman yang berbeda. Auto2000 berupaya memberikan pengalaman baru serta bentuk interaksi yang inovatif dan personal pada proses pelayanan kepada pelanggan yang berkunjung ke cabang-cabang Auto2000. Pengalaman unik tersebut diberikan oleh Human Assist Technology dalam bentuk Robot Pelayanan.


Keberadaannya merupakan bagian dari konsep pelayanan masa depan Auto2000 yang berorientasi pada teknologi canggih dan terdepan tanpa melupakan sentuhan yang humanis dan berkesan.

Robot akan beroperasi salah satunya di ruang tunggu dan titik-titik lain yang menjadi lokasi berinteraksi dengan pelanggan


Tugasnya meliputi fungsi greeting, pemandu jalan, pramusaji, serta mengantarkan barang kebutuhan pelanggan seperti welcome drink, katalog informasi produk, peralatan makan dan minum, perlengkapan disinfeksi, dan kebutuhan lainnya di area hospitality showroom dan ruang tunggu bengkel Auto2000.


Robot ini bahkan dapat membantu tim cabang Auto2000 memberikan surprise kepada pelanggan yang berulang tahun dan sedang berkunjung ke cabang Auto2000.

Baca juga: Hyundai dan Boston Dynamics Perkenalkan Spot, Robot yang Dikomersialisasikan


Robot Pelayanan sejalan dengan berkembangnya era digital dan perubahan perilaku pelanggan saat ini yang suka like dan share melalui media sosial terutama atas adanya pengalaman personal yang memorable. Robot yang beroperasi di cabang Auto2000 ini merupakan pelaksanaan dari konsep pelayanan automasi dengan tetap mengutamakan nilai-nilai mudah, personal dan andal.


Dengan begitu, Auto2000 berharap inovasi ini dapat menciptakan customer engagement dan pengalaman tidak terlupakan ketika berkunjung ke outlet Auto2000, serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada AutoFamily.

Perannya menjadi media promosi bergerak yang menampilkan informasi program, layanan terkini Auto2000, dan informasi produk terbaru Toyota


Robot ini memiliki karakter dinamis, serbaguna, multi tasking, suka menolong, energik, cerdas, ceria, dan mampu berteman dengan mudah. Selain itu juga dapat bertugas sebagai media promosi bergerak yang menampilkan informasi program, layanan terkini Auto2000, dan informasi produk terbaru Toyota.


Baca juga: Honda Kembangkan Mobil Pintar yang Bisa Menyetir Sendiri


Termasuk mendukung aktivitas promo dan event lainnya, serta sebagai visual appeal pada acara maupun konten sosial media Auto2000. Sebagai informasi, penggunaan robot di bagian frontliners belum ada di Indonesia, sehingga menjadikan robot milik Auto2000 sebagai yang pertama untuk dealer otomotif di Indonesia.

Toyota telah mengembangkan robot pelayanan sejak 2019


Sebagai informasi, Toyota telah mengembangkan dengan apa yang dinamai Delivery Support Robot sejak 2019 dalam proyek 'Tokyo 2020 Robot Project'. Sebuah proyek yang diinisiasi oleh Tokyo Organising Comitte of the Olympic and Paralympic Games (Tokyo 2020) yang menggandeng pemerintah,pemerintah metropolitan Tokyo, juga para rekanan yang memiliki keahlian di bidang robotik.


Salah satu robot yang dibuat dijuluki Toyota Deliver Support Robot (DSR) yang diciptakan khusus untuk penyelenggaraan olimpiade Tokyo 2020. Robot yang diciptakan untuk mengantarkan minuman dan barang-barang kepada para penonton inilah yang dikembangkan menjadi robot seperti yang ada di cabang Auto2000 saat ini.


Baca juga: Olimpiade Tokyo 2020 Dimeriahkan Teknologi Terkini Toyota dan Bridgestone

Dalam tahap awal, Robot saat ini sudah hadir di Auto2000 cabang Yos Sudarso Jakarta, dan akan hadir 26 robot tersebar di cabang Auto2000 di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali dan Sumatera. Diharapkan Robot Pelayanan ini akan menciptakan pengalaman yang berbeda bagi pelanggan yang melampaui ekspektasi dalam upaya menyambut era Customer Mobillity, di mana Auto2000 menjadi pioner dalam menyajikan konsep pelayanan 'autonomous & frictionless services' dengan tetap mengedepankan nilai-nilai ease, personal dan reliable.

Sesuai pelayanan future Outlet Auto2000 yang mengacu pada S.A.F.E Outlet (Safety, Adaptive, Frictionless dan Eco friendly), khususnya pada poin 'Adaptive' dan 'Frictionless', Auto2000 berusaha memberikan terobosan bentuk pelayanan baru. Salah satunya dengan adanya robot pelayanan.


Baca juga: Ashirase, Sepatu Canggih Honda dengan Sistem Navigasi untuk Tunanetra


“Menuju konsep 'Dealer of Tomorrow - Ultimate Channel,' peran human assist technology menjadi satu hal menarik dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang berorientasi pada teknologi. Hadirnya robot ini, kami harapkan dapat menciptakan visual appeal atau impresi yang unik dan berbeda ketika AutoFamily berkunjung ke Auto2000," terang Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000 dalam rilis yang terima redaksi.


Ditambahkannya, layanan ini menciptakan pengalaman baru dan interaksi yang inovatif juga personal sebagai bentuk hospitality bersama robot plus karyawan frontliners Auto2000.


"Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan saat berkunjung ke cabang sebagai bagian dari misi kami, to help people enjoy their mobility,” pungkasnya. Teks: Nugroho Sakri Yunarto Foto: Auto2000