• Editor

Cara Hilangkan Karat dengan Bahan-Bahan yang Ada di Dapur

Bahan-bahan yang ada di dapur seperti cuka, baking soda, dan jeruk nipis ternyata mengandung asam nitrat, asam asetat, dan asam sitrat yang bisa digunakan untuk usir karat.
Foto: Auto2000

OTOPLUS-ONLINE I Tips ringan menghilangkan karat dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur seperti cuka, baking soda, dan jeruk nipis ini diberikan oleh Auto2000.


Kadang tips seperti ini kita butuhkan dalam situasi tertentu yang tidak memungkinkan kita untuk keluar rumah mencari bahan yang yang kita butuhkan di bengkel atau supermarket otomotif.


Kita mulai dulu dengan memanfaatkan cuka, dan baking soda. Namun sebelum mulai, siapkan terlebih dahulu bahan dan alat yang akan digunakan, yakni air, sikat, cuka putih, baking soda, dan lap khusus.


Baca juga: Jangan Remehkan Karat Agar Tidak Menjalar dan Merusak Bodi Mobil


Langkah awal, campur cuka dan baking soda dengan air agar encer terlebih dahulu.


Kandungan dalam cuka, yaitu asam nitrat atau asam asetat dengan air hangat yang dicampurkan dengan baking soda punya efek ampuh untuk menyingkirkan karat.


Apabila bagian mobil yang terkena karat bisa dibongkar, maka sebaiknya lepaskan dulu bagian tersebut, dan rendam bagian yang berkarat di dalam air cuka selama 1 sampai 2 hari.


Baca juga: Busi Mati Dalam Kondisi Darurat? Ini Solusinya!


Jika ternyata karat masih menempel, bisa rendam lagi sampai karatnya hilang. Gunakan sikat dan lap khusus untuk membantu menghilangkan karat secara lebih efektif.


Manfaatkan Buah Lemon atau Jeruk Nipis

Selain menggunakan cuka dan baking soda, ternyata jeruk nipis atau lemon yang biasa untuk membersihkan noda pada pakaian, ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk menghilangkan karat mobil dan bahkan benda yang berkarat lainnya.


Itu karena jeruk nipis mengandung asam sitrat yang kaya.


Pertama, taburi permukaan bagian yang berkarat dengan garam terlebih dahulu, kemudian rendam di dalam air jeruk nipis atau air lemon.


Gunakan bola penggosok alumunium untuk mengikis sisa-sisa karat. Selamat mencoba!


Teks: Indramawan