• Editor

Dari Trek Balap, New Porsche 911 GT3 Hadir ke Jalanan Indonesia

Sportcar generasi ketujuh yang dikembangkan bersama Porsche Motorsport.

OTOPLUS-ONLINE I Porsche Indonesia memperkenalkan New Porsche 911 GT3 pada 1 April 2022 di Porsche Centre Jakarta. Ini adalah generasi ketujuh dari mobil sport performa tinggi ikonik yang dikembangkan bersama dengan Porsche Motorsport.

“New GT3 memiliki semua yang diimpikan oleh para pecinta mobil sport, dengan sayap belakang leher angsa yang baru, kap depan berbahan carbon fibre-reinforced plastic (CFRP) dengan saluran udara terintegrasi yang terinspirasi oleh motorsport, mesin empat liter enam silinder naturally aspirated (NA), dan track screen baru, hanyalah beberapa fitur menarik pada mobil sport performa tinggi baru ini,” bangga Michael Vetter, Managing Director Porsche Indonesia.

Artinya New 911 GT3 mentransfer teknologi balap murni ke dalam model produksi massal. Tampak dari tata letak gandar depan suspensi double wishbone yang menghasilkan kestabilan dalam pengandalian.


Baca juga: Porsche New Macan Hadir di Surabaya: Wajah Lebih Sporty, Mesin Lebih Bertenaga


Dipadukan dengan sayap belakang leher angsa serta diffuser yang berasal dari mobil balap 911 RSR GT, aspek aerodinamika benar-benar terjaga dengan lebih banyak downforce secara signifikan, tanpa mempengaruhi koefisien drag secara nyata.

Elemen sayap dan diffuser yang diatur secara manual secara signifikan dapat meningkatkan tekanan aerodinamis untuk kecepatan menikung yang tinggi.


Namun, ini hanya disediakan untuk kegiatan di sirkuit saja, karena di sanalah 911 GT3 dapat memainkan semua 'kartu trufnya'.


Baca juga: Porsche Lakukan Pengembangan Pada Taycan 2022, Mobil Bisa Parkir Sendiri!


Begitu juga mesin boxer empat liter enam silinder 375 kW (510 PS) didasarkan pada drivetrain dari 911 GT3 R, yang telah dicoba dan diuji dalam balap ketahanan.


Mesin putaran tinggi yang mengesankan secara akustik juga digunakan secara praktis tidak berubah di 911 GT3 Cup yang baru. Hasilnya adalah mesin penggerak dengan performa tinggi yang sempurna untuk sirkuit, maupun penggunaan sehari-hari.

Kekuatan khas 911 GT3 terletak pada keseluruhan karakteristiknya. Dengan kecepatan tertinggi 320 km/jam (318 km/jam dengan PDK). Catatan ini bahkan lebih cepat dari 911 GT3 RS sebelumnya. Akselerasinya dari nol hingga 100 km/jam hanya dalam 3,4 detik.

Porsche juga menawarkan model baru dengan transmisi manual enam kecepatan untuk Anda yang ingin merasakan pengalaman berkendara menyenangkan.


Hal istimewa lainnya adalah bobot kendaraan. Meskipun bodinya lebih lebar, roda lebih besar, dan fitur teknis tambahan, bobot GT3 baru ini setara dengan pendahulunya. Dengan gearbox manual beratnya 1,418 kilogram, dengan PDK 1,435 kilogram.


Baca juga: Driving Impression Porsche Macan (1): Compact SUV Keren Sekaligus Garang!


Rahasianya? Kap depan ter-buat dari plastik yang diperkuat serat karbon (CFRP), jendela kaca ringan, cakram rem yang dioptimalkan, dan pelek ringan yang ditempa memastikan disiplin berat, seperti halnya penutup untuk kompartemen kursi belakang.

Sistem pembuangan sport yang ringan mengurangi berat tidak kurang dari sepuluh kilogram. Dengan penutup knalpot yang dapat disesuaikan secara elektrik, ini menyelaraskan pengalaman suara yang sangat emosional dengan standar emisi Euro 6d ISC FCM (EU6 AP). Konsumsi gabungan 911 GT3 adalah 13,3 li-ter/100 km (PDK 12,4).


Baca juga: Driving Impression Porsche Macan (2): Lebih Terasa Sport Car Ketimbang SUV!


Khusus untuk model Porsche GT, semakin banyak pelanggan meminta peralatan yang disesuaikan. Untuk alasan ini, jajaran Porsche Exclusive Manufaktur juga tersedia untuk New 911 GT3 baru dan dilengkapi dengan opsi khusus GT 3-seperti atap ringan yang terbuat dari serat karbon terbuka.

Perhatikan juga bagian atas spion luar yang terbuat dari karbon, lampu utama matriks LED gelap dan lampu belakang desain eksklusif yang serasi dengan busur cahaya tanpa komponen merah.

Pelek roda dicat Merah atau Hiu Biru menyempurnakan velg hitam. Di bagian interior, detail perlengkapan seperti dial untuk penghitung putaran dan stopwatch Sport Chrono, sabuk pengaman dan strip trim memberikan aksen elegan pada warna bodi atau warna lain yang diinginkan.


911 GT3 dan GT3 dengan touring package telah tersedia untuk pre-order di Porsche Centre Jakarta dan Surabaya.


Teks: Indramawan

Foto: Porsche