• Editor

Porsche Lakukan Pengembangan Pada Taycan 2022, Mobil Bisa Parkir Sendiri!

Melalui fitur baru Remote Park Assist, kontrol parkir bisa dilakukan jarak jauh melalui smartphone tanpa pengemudi di belakang kemudi.

Taycan model year 2022 yang tersedia mulai September mendatang mengalami sejumlah pengembangan teknologi dan fitur


OTOPLUS-ONLINE I Porsche melakukan pengembangan untuk Taycan dan Taycan Cross Turismo untuk model year 2022 dengan sejumlah perubahan ekstensif.


Berkat pengembangan teknologi yang diberikan, mobil sport listrik ini punya jangkauan sehari-hari lebih jauh lagi.


Selain itu, terdapat pula peningkatan signifikan lebih lanjut, termasuk integrasi mendalam Android Auto dalam sistem Porsche Communication Management (PCM), serta ketersediaan Remote Park Assist untuk pertama kalinya di Taycan.

Taycan sukses diterima pasar dengan sekitar 20.000 unit dikirim pada paruh pertama 2021


Dengan sistem bantuan opsional baru ini, proses parkir mobil dapat dikontrol melalui smartphone, tanpa pengemudi harus berada di belakang kemudi!


Baca juga: Sssttt... Electric Vehicle Pertama Porsche Ini Bakal Hadir Awal 2021 di Indonesia


“Pengembangan teknis berkelanjutan dari kendaraan kami adalah bagian dari DNA Porsche. Generasi terbaru Taycan mengesankan dengan konektivitas smartphone tanpa batas, yang kini mencakup Android Auto,” kata Kevin Giek, Vice President Model Line Taycan melalui press release.

Model terbaru Taycan Cross Turismo juga sangat diminati konsumen


“Rangkaian Taycan all-electric kami tumbuh dan berkembang. Cross Turismo baru, yang ditambahkan ke line-up di musim semi, terbukti sangat populer di kalangan pelanggan kami, seperti yang ditunjukkan oleh jumlah pesanan untuk model tersebut.”


Baca juga: Taycan: Sedan Sport Elektrik Paling Murah Porsche Seharga Rp 2,5 Miliar


Selain itu tersedia pilihan warna baru melalui opsi Paint to Sample, dan Paint to Sample Plus yang baru, pilihan warna yang tidak biasa dan personal kini dapat diwujudkan. Misalnya, Taycan sekarang dapat dicat dengan Rubystar klasik tahun 90-an atau Acid Green yang cerah.


Jangkauan Lebih Jauh

Kemampuan dalam hal jarak tempuh telah menjadi isu di antara konsumen mobil listrik. Untuk itu, Porsche telah melakukan pengembangan teknologi, sehingga Taycan dan Taycan Cross Turismo versi terbaru ini memiliki jangkauan lebih jauh dalam penggunaan sehari-hari.


Dalam mode Normal dan Range, motor listrik depan hampir sepenuhnya dipisahkan dan dihilangkan energinya dalam rentang beban parsial pada model all-wheel drive (penggerak semua roda).

Selain itu, tidak ada penggerak yang ditransmisikan ke kedua gandar saat mobil meluncur atau berhenti. Fungsi freewheel listrik ini mengurangi kerugian drag.


Motor dihidupkan kembali dalam milidetik hanya ketika pengemudi meminta lebih banyak daya atau mengubah mode mengemudi. Selain itu, manajemen termal, dan fungsi pengisian daya juga telah lebih ditingkatkan.


Remote Park Assist: Parkir Kendali Jarak Jauh

Dengan opsi baru Remote Park Assist, adalah mungkin untuk mengontrol manuver parkir dari jarak jauh melalui smartphone saat mengemudi masuk dan keluar dari tempat parkir tanpa pengemudi harus berada di belakang kemudi.


Kontrol otomatis dimungkinkan untuk ruang parkir dan garasi paralel dan tegak lurus. Sistem secara otomatis mendeteksi ruang parkir dan mengukurnya menggunakan sensor ultrasonik dan sistem kamera kendaraan.


Baca juga: Kendarai Porsche Taycan Turbo S Ini Rasanya Seperti Didorong Jin!


Jika ada cukup ruang, pengemudi dapat memulai proses parkir melalui aplikasi Porsche Connect dan kemudian turun dari kendaraan.


Pengemudi dapat terus memantau proses parkir dengan menekan dan menahan tombol pada antarmuka aplikasi smartphone.


Baca juga: Driving Impression Porsche Macan (1): Compact SUV Keren Sekaligus Garang!


Fungsi Remote Park Assist secara independen mengambil alih kemudi dan mengontrol gerakan maju dan mundur kendaraan. Jika tombol dilepas, Taycan segera menghentikan manuver parkir.


Android Auto: Terintegrasi ke Dalam Sistem Infotainment

Porsche Communication Management (PCM) generasi keenam telah dipasang pada Taycan sejak diperkenalkan. Mobil sport serba listrik ini selalu menjadi pelopor konektivitas, dimulai dengan integrasi mulus Apple Music dan Apple Podcasts.


Baca juga: Driving Impression Porsche Macan (2): Lebih Terasa Sport Car Ketimbang SUV!


Android Auto kini juga terintegrasi di PCM, bersama dengan dukungan Apple CarPlay untuk iPhone. Artinya smartphone dengan sistem operasi Google Android kini juga didukung.

Oleh karena itu, fungsi telepon dan aplikasi ponsel cerdas tertentu yang tidak memengaruhi keselamatan berkendara kini dapat dioperasikan melalui PCM 6.0 atau perintah suara Asisten Google.

Sistem navigasi satelit menghitung lebih cepat, terutama menggunakan pencarian online untuk point of interest (POI) dan juga menampilkan informasinya dengan lebih jelas.


Tata letak dan sistem operasi juga telah sedikit diubah. Sekarang ada lima opsi menu, bukan tiga di sisi kiri tampilan tengah dan ikon dapat diatur satu per satu.


Warna Cat Lebih Individual

Pada tahun 90-an, Porsche memperkenalkan sejumlah cat yang sangat berwarna-warni. Ini dengan cepat mencapai status kultus di kalangan penggemar merek dan sangat populer saat ini di mobil klasik seperti mobil generasi 964.


Warna-warna eye-catching ini sekarang membuat comeback. Sebagai bagian dari strategi personalisasi Porsche Exclusive Manufaktur yang terus berkembang, Taycan kini juga tersedia dengan Paint to Sample dan Paint to Sample Plus selain 17 warna cat standar.

Saat ini, opsi pertama memungkinkan 65 warna tambahan. Ini termasuk warna Moonlight Blue Metallic, Acid Green, Rubystar, Riviera Blue dan Viola Metallic yang menjadi ciri khas merek tersebut.


Paint to Sample Plus memberi pelanggan hampir kebebasan penuh dalam memilih warna, bahkan memungkinkan mereka untuk mencocokkan Taycan dengan aksesori favorit mereka.


Teks: Indramawan

Foto: Porsche