• Editor

Emil Dardak Buka IIMS Surabaya 2022: Potensi Jatim Sumbang 23% Industri Manufaktur Indonesia

IIMS Surabaya 2022 diselenggarakan secara hybrid 1-5 Juni 2022 secara virtual melalui www.indonesianmotorshow.com/surabaya, dan offline di Grand City Convex, Surabaya.

Emil Dardak, Wakil Gubernur Jawa Timur


OTOPLUS-ONLINE I Perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) Surabaya 2022 yang diselenggarakan di Grand City Convex Surabaya resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Dr H Emil Elestianto Dardak, B Bus., M Sc.

Emil Dardak bersama Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo meresmikan dibukanya pagelaran IIMS Surabaya 2022


Pameran otomotif akbar ini diselenggarakan secara hybrid pada tanggal 1-5 Juni 2022 secara virtual melalui website www.indonesianmotorshow.com/surabaya dan offline di Grand City Convex, Surabaya.


“Kami menyambut baik kehadiran pagelaran-pagelaran atau exhibitions-exhibitions yang mempunyai skala besar seperti Indonesia International Motor Show yang dapat kembali diselenggarakan setelah dua tahun kita semua berjibaku dengan Covid-19," ujar Emil Elestianto Dardak.


Baca juga: Pameran Otomotif IIMS Surabaya 2022 Bakal Banjir Promo dan Diskon, Ada Program Tukar Tambah!


Ia melanjutkan, ini saatnya untuk bangkit. Pertumbuhan ekonomi Jawa Timur di Kuartal I 2022, mencatat angka yang menggembirakan 5,2% lebih tinggi dari angka nasional yakni 5,01%.


"Tentunya dengan mengharap inflasi dapat tetap terkendali, kita meyakini bahwa tren ini bisa kita jaga selama tentunya kita bisa menjaga protokol kesehatan. Ada potensi Jawa Timur sebagai penyumbang kurang lebih 23% dari industri manufaktur di Indonesia, harapan kami industrinya juga akan berkembang," terang Emil.

IIMS Surabaya 2022 diikuti brand-brand besar, seperti Toyota, Honda, Mitsubishi Motors, Daihatsu, dan Wuling di kategori mobil.


IIMS Surabaya 2022 diikuti brand-brand besar, seperti Toyota, Honda, Mitsubishi Motors, Daihatsu, dan Wuling di kategori mobil dan Piaggio, Vespa, Benelli, KTM, Husqvarna, Italjet, Royal Alloy di segmen roda dua. Tak ketinggalan brand-brand electric vehicle, seperti Gesits dan Niu.

  • Piaggio, Vespa, Benelli, KTM, Husqvarna, Italjet, Royal Alloy hadir di segmen roda dua

Gelaran IIMS di Surabaya ini kembali menggandeng PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) bersama PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) dan didukung oleh


MUFG sebagai official bank partner dan official multi finance partner. Dan juga Moladin sebagai official trade in partner.


Baca juga: Layanan Moladin di IIMS Surabaya 2022: Tukar Mobil Lama dengan yang Baru!


"Berbagai kolaborasi dari beragam komponen industri otomotif juga kembali diusung di IIMS Surabaya kali ini, yang tentunya menyajikan suasana berbeda yang dapat dinikmati oleh berbagai usia dan kalangan,” ujar Rudi MF, selaku Project Manager IIMS 2022.


Sementara itu, Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo mengatakan, terselenggaranya IIMS Surabaya 2022 ini berkat usaha dan ikhtiar bersama sebagai pelaku dalam sektor industri otomotif.


Baca juga: Replika New Monkey Z125 Seharga Rp25 Jutaan Hadir IIMS Surabaya 2022


"Kami terus berupaya menyajikan serangkaian kejutan untuk dipersembahkan pada warga Surabaya. Semoga IIMS Surabaya menjadi ajang yang inspiratif dan menebar semangat bagi para pelaku industri otomotif serta sektor pendukung otomotif Jawa Timur,” ungkap Kohen sapaannya.

  • Builderfest, kontes modifikasi motor hasil kerjasama Dyandra Promosindo bersama OTOPLUS-ONLINE

Program acara IIMS Surabaya tahun ini bekerja sama dengan komunitas otomotif di Surabaya, seperti Builder Fest dengan OTOPLUS-ONLINE, Car Community Gathering bersama FK3O, Electric Vehicle Workshop bersama Anargya dan Sapu Angin dari ITS Surabaya, Historade bersama Manasi Ride, Motoran Pagi dan Max Wax dengan rute melewati tempat bersejarah di Surabaya, Kompetisi Mini 4WD oleh Suroboyo Mini 4WD, dan Super Car Show didukung oleh Usedcar Surabaya, Clan 99 dan Just for Fun.

  • Tuksedo Studio membawa 4 unit karya spesial mereka diantaranya Porsche 550 Spyder berwarna merah ini

  • Kuno.id akan mengembalikan mobil bobrok menjadi baru kembali

Tidak ketinggalan kompetisi OOTD -Drive with Style, kompetisi OtoVlog khusus untuk Jurnalis, Fun Rally dan Indonesia Automodified (IAM) juga akan meramaikan gelaran ini. Menjadi menarik, IIMS Surabaya akan menghadirkan classic supercar kreasi Tuksedo Studio yang akan memberikan warna tersendiri selama 5 hari pameran serta layanan restorasi total mobil-mobil klasik yang ditawarkan oleh Kuno.id.

  • Pameran ini untuk semua umur dan minat

  • Mobil listrik karya mahasiswa ITS

“Test drive dari Jakarta ke Surabaya melalui tol merupakan program baru dari IIMS Surabaya. Mobil-mobil peserta dibranding, sehingga akan mendapatkan exposure sepanjang perjalanan, ini merupakan sebuah terobosan bahwa IIMS as a brand tidak berhenti pada simbol tapi pada aplikasinya. Kami ingin mentransfer pengetahuan kepada generasi milenial," ujar Kohen kembali.

  • Mobil test drive yang dipakai melintas Trans Jawa dari Jakarta

Bagaimana cara melakukan test drive yang benar, dan diharapkan ini dapat mengetahui kelebihan produk masing-masing brand. Mobil-mobil partisipan test drive ini ikut dipajang sebelum Opening Ceremony pada tanggal 1 Juni 2022.

  • Menggaet kalangan modifikasi mobil

Dengan adanya beragam program acara ini, IIMS Surabaya akan selalu menjadi wadah positif bagi komunitas untuk saling bertukar pengalaman dan cerita, serta berbagi informasi mengenai perkembangan terkini tentang otomotif, juga dapat memberi semangat yang positif kepada komunitas otomotif di Surabaya.

  • IIMS Surabaya 2022 diselenggarakan 1-5 Juni 2022 di Grand City Convex, Surabaya, dengan tiket masuk hanya Rp10.000 saja.

Pameran ini dibuka pukul 10:00 – 22:00 WIB dengan harga tiket masuk sebesar Rp 10.000, yang bisa didapatkan melalui Loket.com, dan bisa dibeli saat pre-event maupun on the spot.


Baca juga: Emil Dardak Puji Gelaran Builderfest 2022 di IIMS Surabaya 2022: Karya Modifikator Keren dan Unik


Sedangkan untuk IIMS Surabaya Virtual, bisa langsung diakses di website www.indonesianmotorshow.com/surabaya.

  • Unit test ride/drive disediakan buat mereka yang ingin menjajal kendaraan incaran masing-masing.

Untuk pengunjung IIMS Surabaya yang ingin mencoba mobil atau motor incarannya diakomodir dengan program Test Drive & Test Ride dari para brand peserta.


IIMS Surabaya 2022 menjadi gelaran ke-11 dari pameran otomotif yang diselenggarakan oleh Dyandra Promosindo di Surabaya. Sebagai salah satu pameran otomotif terbesar di area Indonesia Timur, khususnya di area Surabaya dan sekitarnya, IIMS Surabaya kembali menancapkan eksistensi untuk selalu memajukan dan mendukung industri otomotif, dan menjadi barometer pameran otomotif, serta memberikan berbagai pilihan teknologi otomotif terkini pada masyarakat.


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto