• Editor

Fabio ELD1ABLO Quartararo Kunci Gelar Juara Dunia MotoGP 2021 di Misano

Marc Marquez dan Pol Espargaro persembahkan podium 1-2 bagi Repsol Honda Team sejak Aragon 2017.

Fabio Quartararo berhasil menjadi juara dunia MotoGP 2021 di GP Misano (24 Oktober 2021)


OTOPLUS-ONLINE I Francesco Bagnaia hanya perlu unggul tiga poin saja dari Fabio Quartararo untuk menjaga perebutan gelar juara dunia MotoGP2021 tetap terbuka hingga dua seri tersisa.

Francesco Bagnaia punya kemampuan lakukan start dengan baik


Awalnya, kemungkinan itu terbuka lebar. Pembalap Ducati Lenovo Team yang menjadi pesaing terdekat Quartararo di puncak klasemen dengan selisih 52 poin sampai dengan seri ke-15 GP Amerika lalu itu langsung memimpin terdepan usai start dari pole position.

Francesco Bagnaia mendominasi balap dari mulai start hingga lap ke-22 sebelum terjatuh!


Selama 22 lap Bagnaia berada di depan, dan hanya Marc Marquez yang mampu menempelnya dengan ketat di posisi kedua.

Start dari posisi 15 tidak mudah bagi Quartararo untuk maju ke barisan depan


Sementara Quartararo, dia harus berusaha keras setelah start dari posisi ke-15 sebagai hasil kualifikasi yang kurang baik pada hari Sabtu 23 Oktober 2021 sebelumnya.


Tak disangka, Bagnaia kemudian kehilangan cengkeraman roda depan saat hendak masuk tikungan.


Baca juga: FIA Tunjuk Jakarta Tuan Rumah Formula E Pada 4 Juni 2022


Semua harapannya untuk menjadi juara dunia MotoGP 2021 pun sirna, sementara bagi Quartararo, dengan hasil finish keempat saja sudah lebih dari cukup untuk mengunci gelar juara dunia MotoGP 2021 di seri ke-16 dari 18 seri yang dipertandingkan musim ini.

Finish di urutan ke-4 sudah cukup bagi Quartararo untuk kunci gelar juara dunia MotoGP 2021


Quartararo adalah pertama pertama Prancis yang berhasil menjadi juara dunia MotoGP. Apalagi dengan usianya yang masih sangat muda, 22 tahun!


Baca juga: Tiket Nonton SBK Mandalika Sudah Banyak Dipesan, Meski Belum Dijual Resmi!


Gagal finish (DNF) yang terjadi pada Bagnaia ini sekaligus memberi Marquez kemenangan ketiganya musim ini.

Juga sebuah kemenangan yang indah bagi tim Repsol Honda karena rekan satu tim Marquez, yakni Pol Espargaro berhasil finish di posisi kedua.

Marc Marquez berhasil merebut kemenangan ketiganya musim ini


"Saya sangat gembira buat diri saya sendiri maupun Repsol Honda team karena kami berhasil finish di posisi pertama dan kedua. Kemenangan ini sangat penting bagi semua staff HRC, terutama saya karena bisa menang di sirkuit yang didominasi tikungan kanan," ujar Marquez yang masih belum pulih benar dengan cedera pada bahu kanannya.

Podium 1-2 bagi Repsol Honda Team sejak Aragon 2017


Podium 1-2 bagi tim pabrikan Honda ini adalah yang pertama di MotoGP sejak Aragon 2017. Sementara bagi Pol Espargaro, ini adalah podium pertamanya sejak bergabung sebagai pembalap HRC.

Selebrasi podium GP Misano 2021: Marc Marquez (juara 1), Pol Espargaro (juara 2), dan Enea Bastianini (juara 3)


Yang menarik adalah Enea Bastianini dari tim Avintia Ducati. Dia start dari posisi 16 di grid namun pada lap terakhir berhasil merebut posisi ketiga dari Quartararo di Caro hairpin. Ini adalah podium MotoGP keduanya.

Valentino Rossi menggunakan home race di Misano ini untuk ucapkan perpisahan dengan seluruh fans karena tahun depan berhenti balap


Selamat bagi Quartararo yang berhasil menjadi pembalap Yamaha pertama yang memenangkan kejuaraan dunia MotoGP sejak 2015.


Baca juga: BOS Drag Racing Permanent Circuit di Surabaya Ditargetkan Selesai Desember 2021


"Menurut saya konsistensi adalah kunci atas keberhasilan tahun ini. Kami bisa menyelesaikan semua seri dan mengumpulkan angka demi angka," kata Quartararo.

Selebrasi Fabio Quartararo sebagai juara dunia MotoGP 2021


"Bahkan di Jerez, saya masih bisa mengumpulkan 3 angka dengan masalah pada lengan saya. Saya pikir konsistensi di musim 2021 ini sama dengan 2019, hanya saja kami sekarang lebih cepat. Menurut saya, itulah kunci memenangkan gelar juara dunia tahun ini."


 



Teks: Indramawan

Foto: Motogp.com