top of page
  • Gambar penulisEditor

Fat Black Bagger dari Imagineering Customs Jakarta Siap ke WSBK Mandalika

Turut meramaikan gelaran World Superbike di Pertamina Mandalika International Circuit bersama 40 motor custom lainnya.

OTOPLUS-ONLINE I Beberapa hari lalu, Tedja Widjaja dari Imagineering Customs Jakarta memposting salah satu custombike garapannya dengan disertai caption menarik.

"Rapi2 ... persiapan kirim ke Pertamina Mandalika International Circuit / Lombok .. World Super Bike 19 - 21 November 2021."


Dari sini OTOPLUS-ONLINE menghubungi pria yang dikenal konsisten dengan aliran bagger ini, dari mulai tahun 2009 sampai sekarang.


Tedja membenarkan motornya ini akan dibawa ke Mandalika, untuk dipajang di sana meramaikan gelaran World Superbike.



"Tapi saya enggak sempat hadir di Mandalika.. Lagi sibuk urusin kerjaan kantor," lanjut Tedja yang juga sering terlihat mengikuti ajang kontes custombike tingkat nasional maupun internasional.

"Setahu saya semua motor custom yang dibawa ke Mandalika cuma display only. Sebab pas kirim, kita harus kosongkan tangki bensin dan kuras kosongin tangki oli," kata Tedja sambil menambahkan, ada sekitar 40 motor custom akan dipajang di sirkuit Mandalika.


Dijelaskannya lebih lanjut, panitia yang akan jemput motor ini, dan selesai acara nanti, mereka juga yang akan kirim balik motor tersebut. "Jadi sepertinya motor ini nanti dikirim by towing atau container," kata Tedja.


Baca juga: The D R A K O N


Obrolan pun kemudian berlanjut ke bagger custom berbasis Harley-Davidson Roadking tahun 1990 garapan Imagineering Customs yang akan berangkat ke Mandalika ini.

Tedja mengatakan, konsep bagger kali ini lebih ke arah custom untuk riding dan touring. Jadi tidak murni untuk kontes. "Itu bisa dilihat dari ground clearance-nya yang rada tinggi, enggak terlalu ceper," kata Tedja.


Untuk itu, konsep modifikasi ini bagger tidak mengubah sama sekali frame dan swing arm motor.

"Tetap pakai frame genuine Harley-Davidson," tutur Tedja. Perubahan radikal cuma di triple tree yang menurutnya ada di posisi 40 derajat.



Lanjut ke kaki belakang, Tedja cuma melakukan pengantian shock breaker belakang, dari genuine ke custom yang lebih pendek.

Paling menarik pada project kali ini, menurut Tedja ada pada bentuk body kit yang mengusung konsep one-piece body kit, atau tanpa sambungan sama sekali. Dari mulai gas tank sampai ke fender atau sepatbor belakang.


Khusus untuk tangki bahan bakar, Tedja menyebut kapasitasnya 8 gallon dan dibentuk model teardrop, dengan posisi dipasang extension.

"Jadi lebih tinggi 2 inci dibandingkan posisi gas tank genuine Harley. Tujuannya untuk mendapatkan lekukan atau flow body motor yang lebih sexy dan ekstrem," jelasnya.



Sebagai info, one-piece bodykit untuk motor bagger seperti ini jarang sekali diterapkan. Bahkan menurut Tedja, di Amerika pun jarang builder yang mau custom one-piece body kit.


"Ya karena tingkat kesulitan dan proses kerjanya yang rumit itu," kata Tedja.

Terkait finishing, Tedja mengaitkan dengan nama yang diberikan pada bagger ini, Fat Black! "Nama itu diambil dari permainan warna yang dominan hitam dan size motor touring Harley yang besar atau fat," senyum Tedja yang juga berperawakan tinggi besar itu.

Sebagai owner custom garage yang menjadikan custom bagger sebagai trade mark, Tedja mengatakan, motor ini siap dipakai touring. "Hampir sama nyamannya dengan motor genuine Harley. Saya sudah pakai touring dari Jakarta ke Jogja pergi-pulang," pungkas Tedja.


Sayang ya belum sempat diajak turing ke Mandalika...


Data modifikasi

Mesin: Harley-Davidson Roadking tahun 1990, 1600 cc Frame: genuine Harley-Davidson Fork depan: Arleness Pelek depan: 26" SMT Machine Pelek belakang: 18" SMT Machine Ban: V Rubber Headlamp: Imagineering Customs (7 inci) Headlamp grill cover: Arlenness Handlebar: Imagineering Customs Riser: Imagineering Customs Handgrips: Baddad Gas tank (with extension): Imagineering Customs (teardrop) Fender belakang: Imagineering Customs Side cover: Imagineering Customs Spinner cover: Imagineering Customs Riser cover: Imagineering Customs Engine chrome cover: Kuryakyn Single seat: Imagineering Customs Narrow saddlebag: Imagineering Customs Floorboard: Arleness Airfilter: Paul Yaffee Design Tuas persneling: Paul Yaffe Design Pedal rem: Paul Yaffe Design Lingkage: Imagineering Customs Knalpot: Dirty Bird Cat dan airbrush: in house at Imagineering Customs


Builder: Tedja Widjaja (Imagineering Customs) Address: kawasan Pergudangan Mutiara Kosambi 1 Blok A6 No. 3, Jalan Raya Perancis No. 188, Dadap, Tangerang – Indonesia Website: www.imagineeringcustoms.com IG: imagineering.customs


Teks: Indramawan

Foto: Imagineering Customs/Charles Sumardi

bottom of page