• Editor

FIFGROUP Ungkap Peluang Market yang Sangat Besar untuk Pembiayaan UMKM di Jawa Timur

FINATRA adalah line bisnis baru FIFGROUP yang berfokus pada pembiayaan mikro untuk pengembangan UMKM di Indonesia.

Astra Financial Talk digelar pada Jumat, 16 September 2022 di Hotel Grand Dafam Surabaya, Premiere Lounge Lt. 21


OTOPLUS-ONLINE I FINATRA adalah line bisnis baru FIFGROUP yang berfokus pada pembiayaan mikro untuk pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.


Pada acara Astra Financial Talk pada Jumat, 16 September 2022 hari ini di Hotel Grand Dafam Surabaya, Premiere Lounge Lt. 21, terungkap peluang market yang sangat besar untuk pembiayaan UMKM di Jawa Timur.

Dwi Tjahjono selaku Kepala Wilayah (Kawil) FIFGROUP Jawa Timur


"Kita pernah lakukan survey, dan ternyata segmen UMKM ini luar biasa besar namun yang diserap perbankan masih kecil," ujar Dwi Tjahjono selaku Kepala Wilayah (Kawil) FIFGROUP Jawa Timur.


Ia menambahkan, karena market yang sangat besar dan challenging ini maka akhirnya FIFGROUP memutuskan untuk masuk ke segmen UMKM melalui FINATRA.


"Dan meski pembiayaan line bisnis baru ini baru dibuka, namun dalam waktu 3 bulan sudah membukukan angka pembiayaan sekitar Rp10 miliar," ungkap Dwi Tjahjono sambil menambahkan besaran pembiayaan berkisar antara Rp15 - 25 juta dengan bunga kurang lebih sekitar 3-4 persen, dengan tenor 3 tahun.

Dari kiri: Dwi Tjahjono selaku Kepala Wilayah (Kawil) FIFGROUP Jawa Timur, Vieky Afrian selaku Branch Manager ACC Surabaya, Irwan Raharjo selaku Kawil TAF, dan Muliawansyah selaku Kawil Asuransi Astra.


Sebagai informasi, pada Astra Financial Talk atau acara ngobrol bersama rekan media di Surabaya kali ini hadir pula Vieky Afrian selaku Branch Manager ACC Surabaya, Irwan Raharjo selaku Kawil TAF, dan Muliawansyah selaku Kawil Asuransi Astra.


Acara ini sangat menarik, karena pada kesempatan ini disampaikan strategi masing-masing perusahaan dalam mengembangkan bisnis Astra Financial ke depannya.


Masih terkait dengan strategi untuk mengoptimalkan layanannya kepada customer, FIFGROUP juga melaksanakan pameran virtual, yaitu FIFGROUP FEST dan SPEKTRA FAIR di beberapa kota besar, mulai dari Sabang sampai Merauke.


Baca juga: Pengajuan Kredit Mobil Jadi Makin Mudah Dengan ACC Seamless Digital


Sementara ACC akan tetap mengacu pada core bisnis-nya, yaitu pembiayaan. ACC sejak dulu sudah mengembangkan inisiatif digitalnya untuk memudahkan customer mendapatkan pembiayaan dengan meluncurkan aplikasi mobile ACCYes!, ACC ONE, serta ACC ONE On The Web.


Di tahun ini, anak perusahaan ACC meresmikan Gedung Berjalan Digital Operation Center untuk memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik untuk pelanggan.


Baca juga: TAF Perbaharui Aplikasi Mobile FLEX untuk Konsumen dan Calon Konsumen


Sementara itu TAF terus berinovasi demi memberikan pelayanan yang terbaik dan kualitas proses bisnis seperti mobile apps FLEX, dan layanan baru TAF Online Services.


Selain itu, TAF juga bekerja sama dengan ekosistem digital di Astra Financial, seperti kolaborasi TAF dengan AstraPay, TAF dengan Maucash, TAF dengan SEVA dan juga kolaborasi TAF dengan ekosistem digital di ranah dealer.


Baca juga: Bus Trans Jatim Diresmikan, AstraPay Berikan Layanan Cashless Bagi Penumpang


Asuransi Astra juga secara konsisten menerapkan strategi 3P yaitu portfolio, people, dan public contribution.

Dari sisi portfolio, Asuransi Astra menerapkan diversifikasi portfolio. Dari sisi people, Asuransi Astra secara aktif meningkatkan kemampuan karyawannya melalui sertifikasi keahlian.


Dari sisi public contribution, Asuransi Astra turut serta dalam upaya perwujudan SDGs khususnya terkait bidang bidang kehidupan sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, serta pendidikan berkualitas melalui berbagai bentuk kegiatan.


Promo & Program Khusus Selama GIIAS Surabaya 2022

Di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2022, yang diselenggarakan di Grand City Convex 14-18 September 2022, ada 9 unit bisnis Astra Financial hadir dengan berbagai promo menarik.


Baca juga: Berbagai Promo Dihadirkan Astra Financial Bersama 9 Unit Bisnisnya di GIIAS 2022 Surabaya


Sebut saja ACC (Astra Credit Company) yang berkolaborasi dengan TAF (Toyota Astra Financial)menawarkan berbagai promo menarik untuk pengunjung yang ingin mendapatkan mobil impian, sebagai berikut:

  • Tenor 1 tahun: bunga mulai 0,77% dan bebas biaya admin

  • Tenor 2 dan 3 tahun: bunga sebesar 2,77%

  • Tenor 4 tahun: bunga sebesar 3,77%

  • Tenor 5 tahun: bunga sebesar 4,77%

Beda lagi dengan FIFGROUP yang menawarkan promo khusus untuk 2 tipe sepeda motor Honda, sebagai berikut:

  • DP ringan sebesar Rp1 juta, ataupun program hemat angsuran hingga Rp10 juta untuk pembelian motor Honda tipe ADV160 dan CB150X

  • DP 8% untuk Tipe Reguler, dan DP 15% untuk Tipe Big Bike (500cc ke atas).

  • Pelanggan juga berkesempatan untuk mendapatkan cashback saldo AstraPay senilai Rp1 juta (motor Big Bike), dan Rp500.000 (non Big Bike) untuk pelanggan repeat order FIFASTRA.

  • Seluruh customer juga berkesempatan mendapatkan jaket limited edition.

Tak mau ketinggalan Asuransi Astra juga menawarkan program menarik, yaitu: Hadiah langsung untuk 25 SPK berupa asuransi perlindungan kecelakaan diri Garda Me Micro.


Pengunjung juga berkesempatan mendapatkan 7 asuransi Garda Healthtech dan perluasan Jaminan Tanggung Jawab Hukum (TJH) melalui program lucky dip.


Teks: Indramawan

Foto: Indramawan, istimewa