• Editor

Fungsi Grill Pada Mobil Bukan Sekadar Estetika

Grill memiliki beberapa fungsi lain yang sangat membantu performa mobil ketika digunakan sehari-hari.

OTOPLUS-ONLINE I Letaknya yang tepat berada di depan, dan biasanya dibarengi dengan logo merek mobil membuat keberadaan grill mudah terlihat.


Banyak orang mengira, grill mobil hanya untuk mempercantik penampilan. Padahal grill memiliki beberapa fungsi lain yang sangat membantu performa mobil ketika digunakan sehari-hari.


Berikut ini fungsi grill pada mobil sebagaimana dilansir dari Auto2000.


Menjadi Saluran Udara

Fungsi grill dalam mobil yang pertama adalah menjadi saluran udara. Mesin memiliki temperatur panas yang cukup tinggi. Untuk itulah perlu aliran udara yang jelas dan tepat.


Baca juga: AC Jadi Kurang Dingin? Hati-Hati, Ini Salah Satu Tanda Air Radiator Habis!


Untungnya setiap mobil sudah memiliki radiator yang sistem kerjanya juga terbantu dengan grill ini. Kisi-kisi yang memang selalu menjadi bagian dari desain grill membuat udara bisa masuk dengan mudah.


Secara garis besar, aliran udara yang masuk melalui grill membuat sistem kerja mesin tetap maksimal ketika digunakan.


Estetika Mobil Lebih Baik

Desain grill mobil berbeda-beda. Ada desain grill yang klasik dan timeless, tapi ada juga yang futuristik serta berbeda di antara lainnya.


Setiap pabrikan mobil mencoba memberikan desain grill yang berbeda serta terlihat ikonik. Kalau biasanya hanya berdesain persegi panjang secara vertikal, saat ini sudah banyak desain grill yang mengarah horizontal. Kemudian ada pula desain grill honeycomb.


Baca juga: Ground Clearance Tinggi, Tapi Kenapa Mobil Terlihat Rendah?


Intinya grill tidak hanya untuk menjaga kinerja mesin tetap prima, tetapi membuat estetika mobil menjadi lebih baik lagi. Itulah mengapa pilihan desain grill juga berbeda-beda, tergantung dengan keputusan setiap pabrik mobil.


Memberikan Aerodinamika dan Performa

Tidak hanya memiliki dua fungsi di atas saja, grill mobil juga berguna untuk meningkatkan aerodinamika mobil secara optimal. Pada dasarnya, mobil harus memiliki desain aerodinamika yang baik agar memiliki performa konsisten.


Apakah Anda sadar bahwa desain grill pada model mobil sekarang ini semakin minim lubang untuk memberikan saluran udara ke bagian mesin?


Baca juga: Pahami Crossover Audio untuk Maksimalkan Kualitas Suara dari Speaker


Tujuan dari semakin minimnya lubang dalam grill agar udara yang menabrak bagian depan mobil bisa mengalir ke sisi samping atau atas. Tidak terlalu banyak udara yang masuk ke dalam lubang tersebut.


Alasan utamanya adalah semakin banyak udara yang masuk, maka semakin besar pula hambatan mobil. Inilah yang akhirnya membuat sisi aerodinamis mobil menjadi lebih buruk.


Jadi sekarang Anda tidak perlu lagi kebingungan mengapa desain grill pada mobil mulai berbeda karena lubang yang tersedia semakin sedikit. Ini semua demi memberikan aerodinamika lebih bagus untuk meningkatkan performa mobil.


Teks: Indramawan

Foto: Dok. OTOPLUS-ONLINE