• Editor

Ground Clearance Tinggi, Tapi Kenapa Mobil Terlihat Rendah?

Ketinggian ground clearance ditentukan dari jarak center muffler atau saringan knalpot bagian tengah ke tanah.

Ground clearance dihitung dari jarak center muffler ke permukaan tanah


OTOPLUS-ONLINE I Istilah ground clearance atau jarak terendah ke tanah umumnya tertera di spesifikasi teknis mobil. Umumnya kebanyakan orang akan menganggap jarak tersebut dihitung dari komponen mobil yang paling dekat dengan permukaan tanah, bisa komponen suspensi atau karter mesin, mungkin juga komponen sistem penggerak.

Jarak komponen suspensi dengan permukaan tanah, BUKAN acuan untuk menghitung ground clearance


Nah pemahaman komponen mobil dengan titik paling rendah dengan tanah ini yang menyesatkan. Padahal, “Ground clearance yang dimaksud ditentukan dari jarak knalpot, tepatnya bagian center muffler atau sarangan knalpot di bagian tengah dengan permukaan tanah,” ungkap Soni Satriya, Design Engineering Executive Coordinator R&D PT Astra Daihatsu Motor.


Baca juga: Pahami Crossover Audio untuk Maksimalkan Kualitas Suara dari Speaker


Itu akan menjawab mengapa ada mobil yang terlihat rendah tapi angka ground clearance-nya tinggi misalnya Nissan Grand Livina (2007-2017) yang mencantumkan ground clearance 180 mm pada spesifikasinya.


Begitu juga sebaliknya, mobilnya terlihat jenjang namun angka ground clearance-nya biasa saja. Misalnya, Honda HRV yang pada spesifikasi teknis tertera 185 mm saja.

Ground clearance Daihatsu Sirion hanya 150 mm


Untuk diketahui, pabrikan tentunya sudah memperhitungkan dengan detail soal ketinggian ground clearance yang ideal. Mobil-mobil di kategori city car umumnya memiliki kisaran ground clearance antara 140-170 mm.


Baca juga: AC Jadi Kurang Dingin? Hati-Hati, Ini Salah Satu Tanda Air Radiator Habis!


Salah satu contohnya adalah Daihatsu Sirion dengan jarak ground clearance 150 mm. Ini sesuai dengan konsep city car sebagai mobil perkotaan yang mungil, gesit, irit bbm.

Ground clearance Honda City berkisar 165 mm


Sementara untuk mobil sedan yang didesain untuk mengejar kenyamanan dan performa di jalanan dengan aspal mulus umumnya memiliki ground clearance di kisaran 160-170 mm. Contohnya Honda City yang memiliki jarak ground clearance 165 mm.

All New Toyota Veloz ground clearance-nya menyentuh 205 mm


Mobil yang masuk kategori ground clearance sedang, seperti pada umumnya jenis MPV, yang memang didesain sebagai kendaraan serbaguna.


Baca juga: Peugeot 5008 SUV Bisa Makin Nyaman dan Aman dengan Maksimalkan Kursi Baris ke-3


Memiliki jarak terendah dengan permukaan jalan atau tanah sekitar 190-200 mm, Toyota Avanza atau Toyota Veloz terbaru bahkan memiliki ground clearance sampai 205 mm.

Ground clearance Mitsubishi Pajero Sport hingga 225 mm


Sementara mobil jenis SUV yang didesain sebagai kendaraan yang memiliki performa mumpuni dalam berbagai medan dari mulai dari aspal bergelombang, hingga light off-road memiliki ground clearance tinggi. Umumnya memiliki jarak terendah ke aspal atau tanah di atas 200mm. Contohnya ground clearance Mitsubishi Pajero Sport yang menyentuh 225 mm.


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto