top of page
  • Gambar penulisEditor

GESITS Diekspor Perdana ke Senegal, Digunakan Sebagai Armada Taksi Motor Moderen

Dipesan Ndiaye Transport, perusahaan pelopor layanan taksi motor modern di kota Thies, Senegal.

Ada 3 produk dalam line-up GESITS (Foto Ilustrasi: WIMA)


OTOPLUS-ONLINE I Sebanyak satu kontainer motor listrik buatan anak negeri, GESITS diekspor secara perdana ke Senegal.


Di negara yang berada di kawasan Afrika Barat tersebut, motor listrik yang diproduksi oleh PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA) tersebut akan digunakan sebagai armada taksi motor modern milik Ndiaye Transport.


Acara Pelepasan Perdana Ekspor Motor Listrik produksi anak bangsa, GESITS, ke Senegal ini diselenggarakan secara virtual oleh PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA) pada 16 Oktober 2021 kemarin di Bogor.

Acara Pelepasan Perdana Ekspor Motor Listrik produksi anak bangsa, GESITS ke Senegal digelar di Bogor, 16 Oktober 2021 secara virtual (Foto: Kemlu)


Pada kesempatan itu, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) RI Dakar, Dindin Wahyudin yang turut menyaksikan acara menyampaikan, ekspor perdana motor listrik produksi PT WIMA ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan promosi motor GESITS yang dilakukan KBRI Dakar sebelumnya, pada 8 Juni 2021 di Promenade de Thiessois, Thiès, Senegal.


“Realisasi ekspor perdana motor GESITS ke Senegal ini tidak hanya merupakan langkah awal keberhasilan motor listrik gesits di pasar Senegal, namun juga diharapkan dapat turut berperan sebagaj push factor realisasi ekspor motor gesits ke wilayah lainnya," kata Dindin Wahyudin seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia pada Minggu, 17 Oktober 2021.



Selain itu, disampaikan pula bahwa peluang Motor GESITS untuk masuk ke Kawasan Afrika Barat masih terbuka lebar. Misalnya Pantai Gading, dimana pemerintahnya telah mengumumkan akan menghentikan impor sepeda motor berbahan bakar fosil dalam waktu dekat.


Tentunya kebijakan ini merupakan kesempatan bagi GESITS untuk lebih awal diperkenalkan kepada masyarakat di negara tersebut.



Selain itu, Dubes RI menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang berperan penting dan mendukung kesuksesan realisasi ekspor motor GESITS ke Senegal, antara lain PT WIKA, PT WIMA, dan PT Laila Ndiaye Prima (LNP) Senegal.


Selain itu, apresiasi juga diberikan kepada Ndiaye Transport, sebagai perusahaan pelopor layanan taksi motor modern di kota Thies, Senegal sekaligus pengguna motor GESITS pertama di Senegal.

GESITS diproduksi oleh PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA), perusahaan Joint Venture antara PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi dengan PT GESITS Technologies Indo yang didirikan pada tahun 2018 (Foto: WIMA)


Selanjutnya, Direktur Operasional PT WIKA, Bapak Rudy Hartono, dalam sambutannya juga turut memberikan apresiasi kepada Dubes RI Dakar beserta jajarannya yang telah memfasilitasi realisasi ekspor motor listrik GESITS ke Senegal tahun ini.


Diharapkan, keberhasilan ini akan mendorong keberhasilan GESITS dalam menembus pasar-pasar motor di negara asing lainnya.



Disampaikan pula bahwa pada pengiriman pertama ini, sebanyak satu kontainer motor listrik GESITS beserta spare parts direncanakan akan tiba di Senegal pada akhir bulan November 2021.


Teks: Indramawan

bottom of page