• Editor

Gudang Unit MPM Honda Jatim Mampu Menerima dan Distribusikan 2.500 Unit Motor Per Hari

Dari lima gudang unit MPM Honda Jatim, tiga di antaranya telah mengantongi sertifikasi internasional untuk ISO 9001:2015 dalam hal sistem manajemen mutu.

Sertifikat ISO 9001:2015 diberikan oleh Lloyd secara virtual pada tanggal 12 Juli 2021. Pada ISO 9001:2015 ini difokuskan pada Logistic dan Warehouse Management


OTOPLUS-ONLINE I MPM Honda Jatim terus berupaya meningkatkan kepuasan konsumen. Tak hanya melalui layanan purna jual atau aftersales service yang baik, tapi juga dalam hal ketersediaan unit dan distribusinya. Konsumen tak perlu kuatir menunggu motor terlalu lama dikirim dari Jakarta.


Untuk itu dibutuhkan Gudang Penyimpanan Unit yang mampu menampung jumlah motor sesuai kebutuhan konsumen, dan sekaligus mendistribusikannya.


"Gudang unit kami mampu menerima dan mendistribusikan sekitar 2.500 unit motor setiap harinya," buka Suwito M. selaku Presiden Direktur MPM Honda Jatim.

Suwito M. selaku Presiden Direktur MPM Honda Jatim


Lebih lanjut Suwito menambahkan, saat ini MPM Honda Jatim mempunyai lima gudang penyipanan unit motor. Pertama adalah gudang unit Sidoarjo yang melayani jaringan wilayah Surabaya dan sekitarnya, Madura, Pasuruan dan dapat menampung kurang lebih 11.000 unit.


Kemudian gudang unit Jombang dengan kapasitas 18.000 unit yang melayani jaringan dealer wilayah Karesidenan Bojonegoro, Kediri, dan Madiun.


Baca juga: Manajemen Gudang dan Logistik MPM Honda Jatim Raih ISO 9001:2015


Selain itu, masih ada tiga gudang unit lain yang ada di Probolinggo yang melayani jaringan dealer wilayah kota Probolinggo, Lumajang, dan Karesidenan Besuki, lalu Gudang unit Malang yang melayani jaringan dealer wilayah Karesidenan Malang, dan gudang unit Kupang untuk melayani jaringan dealer NTT (Nusa Tenggara Timur).


Menariknya lagi, dari lima gudang unit tersebut, tiga di antaranya telah mengantongi sertifikasi internasional untuk ISO 9001:2015. Dengan kata lain, tiga gudang peyimpanan unit milik MPM Honda Jatim ini telah mendapatkan pengakuan bertaraf internasional, atau telah sesuai memenuhi persyaratan internasional dalam hal sistem manajemen mutu.


Menyusul Gudang Penyimpanan Unit yang terletak di Desa Keboan Anom, Kec. Gedangan, Sidoarjo, pada tahun 2021 ini ada dua gudang lagi milik MPM Honda Jatim yang meraih Sertifikasi Internasional Kualitas Manajemen Mutu sesuai ISO 9001:2015. Dua gudang penyimpanan unit itu masing-masing ada di Jombang, dan Malang.


Baca juga: Ayo Bisnis AHASS Aja: Modal Rp250 Juta Sudah Bisa Miliki Bengkel AHASS


Pencapaian ini merupakan bukti komitmen PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) sebagai distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT dalam memberikan mutu layanan kepada konsumen, khususnya jaringan dealer yang menjadi prioritas.


Adanya standarisasi ini akan membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi mengenai jaminan kualitas yang disediakan sebuah organisasi.


Sertifikat ISO 9001:2015 diberikan oleh Lloyd secara virtual pada tanggal 12 Juli 2021. Pada ISO 9001:2015 ini difokuskan pada Logistic dan Warehouse Management.


Baca juga: MPM ERRO Part Shop: Bakal Berkembang Menjadi Jaringan Bisnis Waralaba?


Penilaian standar Manajemen logistik dan warehouse meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sistem manajemen penerimaan, penyimpanan serta distribusi unit sepeda motor dengan memperhatikan kontrol risiko operasional, pemeliharaan sistem dan infrastruktur, pengembangan sumber daya manusia serta penerapan budaya Kesehatan, dan Keselamatan Kerja (K3).


Dalam mendapatkan sertifikasi ini, audit eksternal dilakukan secara virtual terhadap dokumen, standar teknis dan non teknis secara end-to-end pada proses pengelolaan dan operasional pada tanggal 28 – 29 Juni 2021


"Seluruh gudang kami telah dilengkapi dengan sistem manajemen pergudangan yang terkomputerisasi, sehingga memampukan kami mengelola waktu persediaan sekaligus mengendalikan persediaan stock," kata Suwito.

Seluruh gudang unit telah dilengkapi sistem manajemen pergudangan yang terkomputerisasi, sehingga waktu persediaan bisa dikelola dengan baik, sekaligus mengendalikan persediaan stock


Ditambahkannya, "Hal itu sesuai dengan komitmen kami untuk senantiasa meningkatkan kepuasan konsumen dengan strategi yakni memastikan ketersediaan unit sepeda motor Honda di Dealer Jawa Timur dan NTT sesuai kebutuhan pasar, serta kualitas pengiriman yang andal.“


Teks: Indramawan

Foto: MPM Honda Jatim