• Editor

Harley-Davidson XLH 1000 Sportster 1979 Diubah Jadi Hardtail Chopper Agar Turing Makin Asyik!

Teks dan Foto: Onno 'Berserk' Wieringa (madnessphotography.nl)

OTOPLUS-ONLINE I Mengendarai motor turing Harley dengan segala kelebihannya memang sangat nyaman untuk perjalanan jauh. Tapi kadang ada juga yang pengin turing naik Harley bergaya old-school chopper, yang ringan, gesit, dan terlihat sangar.

Nah ini yang dilakukan Eric Kerstens. Dia ingin 'back to basic'. Untuk itu dia memodifikasi Sportster miliknya yang sudah berumur untuk dijadikan hardtail chopper, tapi tetap nyaman digunakan sehari-hari.

Keinginan itu mengganggunya cukup lama. Sampai akhirnya, setelah turing jauh yang indah tapi tidak terlalu mengasyikkan dengan HD Touring-nya, dia memberi tahu saudara iparnya, Rob, bahwa dia ingin mewjudkan keinginannya.

"Selain H-D Touring bike, saya pengin sekali punya Sportster hardtail, yang bisa saya custom sesuai gaya."

"Dan itu adalah sesuatu yang tidak akan saya lupakan," Eric tertawa, "Saya bilang ke dia hari Minggu, dan Senin besoknya, dia sudah menelepon saya. Dia kasih tahu, ada kenalannya yang pengin jual motornya!"


Baca juga: Indian Chopper Ini Pantas Jawara Bigtwin Show, Detailnya Bikin Geleng Kepala


Singkat cerita, motor tersebut sudah lebih dari setengah tahun ini menjadi milik Eric. Dia mengaku sudah melakukan banyak hal sendirian, sambil terus tukar pikiran dengan rekan satu klub motor Rob.

Eric mengaku tidak mudah mewujudkan keinginannya. "Ya, H-D Ironhead punya saya ini keluaran tahun 1979, dan itu adalah semacam tahun transisi antara tahun konstruksi atau model yang berbeda," jelas Eric.


Banyak juga: Motor Custom Gaya Bagger Ini Bikinan Mantan Drag Racer Belanda, Bas Grondhuis


"Artinya, banyak yang sama, tapi banyak juga yang diubah. Dan keluaran tahun 1979 ini adalah salah satunya, sehingga semua komponen yang ingin saya pesan sering kali harus naik ke model tahun 1978, atau ke model tahun 1980. Ada banyak modifikasi yang harus dilakukan, penyesuaian, plus banyak umpatan,” senyum Eric sambil menghela nafas.

Dicontohkannya ketika knalpot upswept fishtails (model ekor ikan dengan bagian belakang terangkat) pesanannya didapat, ternyata master silinder rem belakang punya H-D Ironhead model tahun 1979 justru menghalangi pemasangan knalpot tersebut.

"Makanya saya pesan sprocket cover model tahun 1980, tapi kemudian mekanisme pengereman di belakang sprocket cover harus diubah total, sementara kami juga sudah punya komponen bolt-on (langsung pasang) untuk sub-frame belakang yang dibutuhkan untuk mengubahnya menjadi hardtail (minus suspensi belakang). Kami juga harus memodifikasi itu agar sesuai dengan rem cakram!”

Memang, 'model menengah' dengan frame atau rangka modifikasi Sportster Model XLH dari 1979 bukan tahun yang baik untuk direnovasi.


Baca juga: Ducati Panigale 1199 S-F Jawara Bigtwin Bikeshow 2021


“Anda menemukan semua jenis masalah, terutama bahwa tidak ada yang benar-benar cocok,” gumam Eric. “Hahaha, pokoknya sengsara deh... Itulah yang sering terjadi!”


Baca juga: Chopper Berjuluk Captain Larry Ini Dirakit dari Barang Dagangan Zodiac


Pelan tapi pasti, chopper ini dibangun setahap demi setahap. Satu per satu masalah terpecahkan. Sementara itu bagian-bagian seperti sissy bar (sandaran), dan sadel juga dibuat.

“Sissy bar itu adalah desain saya sendiri, tapi dibuat oleh Roel Puts. Sama seperti sadel, yang kemudian di-bekleed oleh Tony de Bruijn,” tunjuk Eric sambil menambahkan, bilah sissy bar itu dilapis dengan krom.

Sementara itu Kees v/d Bosch sudah menyelesaikan cat motor ini. “Ya, sangat indah dan persis seperti yang saya inginkan. Hitam mengkilap dengan nyala api dalam serpihan Hijau-Kuning berlapis warna Hijau permen di atasnya," puji Eric.

Paling tidak ada sembilan lapis clear coating diberikan, kemudian diampelas kembali agar semuanya halus.

Detail yang lebih kecil seperti baut dan mur juga tidak dilupakan. Eric mengganti semua baut dan mur dengan stainless steel.

Akhirnya, dia menambahkan, “Tank-lifter buatan sendiri siap dipasang.” Dan keinginan Eric turing menggunakan Ironhead (Sportster) hardtail chopper pun bisa diwujudkan.


DATA TEKNIS

(Sesuai keterangan pemilik/pembuat motor)


UMUM

Pemilik: Eric Kerstens Builder: H-D / Eric Kerstens Merek: Harley-Davidson Model: XLH 1000

Waktu pengerjaan: 5 bulan


MESIN

Tahun pembuatan: 1979 Builder: Harley-Davidson Kapasitas mesin: 1000cc Tipe: XLH Karburator: CV

Rumah filter udara: S&S Pengapian: Dyna 'S' Knalpot: Paughco (upswept fishtails) Girboks: standar


SASIS:

Rangka: standar Fork depan: DNA Springer Swingarm: bolt on hardtail (disesuaikan untuk disc brake) Ban depan: Metzeler Perfect 3.00-19 Ban belakang: Metzeler Perfect 120/90-16 Rem: Jay Brake


LAIN-LAIN

Sepatbor belakang: flat fender 5 inci Fender struts: homemade sissybar Tangki bahan bakar: standar Dashbor: side mount speedometer dengan air filter Tangji oli: aluminum bundar Setang: Biltwell Z-bar

Spion: vintage style Handles: vintage style Rumah saklar/Tuas rem dan kopling: Jay Brake Lampu depan: billet chrome Lampu belakang: Motone Bel Air Sadel: King & Queen saddle bekled oleh Tony de Bruijn Sissybar: buatan sendiri Foot Pegs: Brushed & Customized Pedal rem dan kopling: orisinal


CAT

Warna: Glossy Black with Green-Yellow and Candy Green Tukang cat: Kees vd Bosch Kruisland Ide dan Desain: Eric Kerstens


Terima kasih kepada:

  • Teman satu klub motor Rob karena telah diperbbolehkan memakai garasi dan peralatan kerja

  • Roel Puts telah membantu pembuatan sissy bar dan dudukan Sadel

  • Freek Puts atas bantuan teknik yang diberikan

  • Tony de Bruijn yang telah membungkus sadel

  • Kees vd Bosch yang telah melakukan pengecatan dengan bagus (the metal flake flames-nya sangat cantik!)