top of page
  • Gambar penulisEditor

Hasil Lengkap MotoGP Amerika 2023: Francesco Bagnaia Nyungsep, Alex Rins Juara!

Alex Rins, eks rider Suzuki mampu persembahkan podium pertama bagi Honda hanya dalam 3 kali balapan.

Alex Rins, pembalap LCR Honda Castrol/Idemitsu menangkan MotoGP Amerika, Minggu 16 April 2023.


OTOPLUS-ONLINE I Balap yang dramatis kembali terjadi pada putaran ketiga MotoGP 2023 yang berlangsung di Circuit of The Americas (COTA), Texas-Amerika Serikat pada Minggu, 16 April 2023 waktu setempat.


Bayangkan saja, usai merajai sesi kualifikasi dan Sprint race, sang juara dunia bertahan MotoGP, Francesco Bagnaia justru mengalami kecelakaan.


Pada putaran sebelumnya, di MotoGP Argentina, Francesco Bagnaia juga mengalami kecelakaan.


Sebaliknya, hanya dalam 3 kali balapan bersama Honda, Alex Rins, eks pembalap Suzuki yang musim ini membalap untuk LCR Honda Castrol/Idemitsu justru tampil gemilang mempersembahkan podium pertama bagi tim sayap mengepak.



Sebenarnya, saat lampu padam tanda balap dimulai, Francesco Bagnaia mampu membuat start yang brilian. Ia mampu menahan Alex Rins di tikungan pertama.


Sementara itu, insiden terjadi di barisan belakang, saat Jorge Martin menabrak Alex Marquez hingga mengakibatkan keduanya terjatuh.


Insiden ini bermula setelah Alex Marquez yang sebelumnya terpaksa juga harus tersingkir dari Sprint race karena terjatuh, 'dijemput' oleh Martin yang jatuh tepat di depannya.



Pembalap papan atas lain yang jatuh di lap pembuka adalah Aleix Espargaro yang kehilangan cengkeraman roda depan motornya dan nyungsep di tikungan 12.


Kembali ke barisan depan, Bagnaia terus memimpin di depan meski ada tekanan dari Rins.


Di belakangnya, ada Jack Miller yang mampu membuat kemajuan cepat dengan menyodok ke urutan ketiga. Bahkan pada lap ketiga, serangan Miller semakin menakutkan ketika ia mencatatkan lap tercepat dan mulai mendekati Rins dan Bagnaia.



Rins pun meningkatkan speed-nya hingga mendekati Bagnaia. Namun Miller terus memburu kedua pembalap tersebut. Sayang, karena terlalu ngotot, Miller akhirnya justru tersungkur di lap 7!!!


Kejadian ini membuat Bagnaia dan Rins bernafas sedikit lega. Bahkan Bagnaia mulai menjauh dari Rins seperti yang ia lakukan di Sprint race hari Sabtu kemarin.


Namun, Bagnaia membuat kesalahan besar lagi. Pembalap juara dunia MotoGP 2022 ini untuk kedua kalinya dalam dua balapan berturut-turut tersingkir, saat Rins mengambil alih kepemimpinan.



Peluang podium pun kini terbuka bagi Fabio Quartararo dan Luca Marini. Pembalap jagoan Yamaha itu coba menahan serangan rider Ducati itu. Bahkan Quartararo mampu menyamai kecepatan Rins.


Seperti yang dilakukan Bagnaia pada Alex Rins di Sprint race, Marini juga menunjukkan kecepatan luar biasa motor Ducati-nya di trek lurus. Ia pun akhirnya mampu melewati Quartararo pada delapan putaran tersisa.


Marini pun terus menjauh dari Quartararo pada beberapa lap terakhir.

Alex Rins, eks rider Suzuki mampu persembahkan podium pertama bagi Honda hanya dalam 3 kali balapan dan merayakannya dengan Shoey, tradisi minum champagne dari sepatu.


Begitu pula Rins yang mampu mengontrol jaraknya dengan Marini hingga ia mampu melewati bendera finish menuju kemenangan pertamanya untuk Honda, hanya dalam balapan ketiganya.


Atas hasil ini, posisi Honda yang pada klasemen konstruktor sebelumnya jeblok di urutan kelima atau paling bawah, kini naik ke urutan kedua.


Sebuah angin segar yang memberikan kekuatan moril, di tengah ketertinggalan Honda dari pabrikan lain, terutama Ducati.


Sebagai catatan, deretan pembalap Honda lain yang mengalami kecelakaan dan tak bisa meneruskan balap adalah Stefan Bradl (Repsol Honda Team), Takaaki Nakagami (LCR Honda IDEMITSU HONDA), Joan Mir (Repsol Honda Team).





Teks: Indramawan

Foto: motogp.com

Commentaires


bottom of page