top of page
  • Gambar penulisEditor

Ternyata Ini Alasan Marc Marquez dan Enea Bastianini Tidak Jadi Balapan di MotoGP Amerika

Miguel Oliveira satu-satunya pembalap cedera yang memutuskan akan balapan di MotoGP Amerika.

Meski memegang rekor kemenangan tujuh kali di MotoGP Amerika, namun akhirnya Marc Marquez memutuskan untuk absen kali ini dan peluang gelar juara dunia semakin jauh darinya.


OTOPLUS-ONLINE I Setelah sempat dikabarkan akan kembali balapan, namun akhirnya Marc Marquez dan Enea Bastianini memutuskan untuk absen dari MotoGP Amerika.


Putaran ketiga MotoGP 2023 yang akan digelar di Circuit of The Americas (COTA), Texas ini akan berlangsung pada 14-16 April 2023 mendatang.


Pihak Repsol Honda terlebih dahulu mengeluarkan pernyataan bahwa Marc Marquez urung comeback setelah sempat absen dari putaran kedua di Argentina.



Hal ini tentu mengejutkan sekaligus patut disayangkan, mengingat pembalap Repsol Honda itu pemenang balapan di MotoGP Amerika sebanyak tujuh kali!


Dari rekor kemenangan di MotoGP Amerika tersebut, Marquez mencatat enam kemenangan beruntun pada 2013-2018. Sayang rekor kemenangan ini sempat terhenti pada 2019 ketika Marc Marquez terjatuh saat berada di posisi terdepan.


Sementara pada 2020, COTA tidak menggelar balap karena pandemi Covid-19. Setelah itu, Marc Marquez menang lagi pada 2021.



Dengan posisinya yang sudah tertinggal 43 poin di belakang pemimpin klasemen sementara MotoGP 2023, Marco Bezzecchi, Marc Marquez tentu sangat berharap bisa mendapat poin maksimal di COTA.


Namun, pada Selasa, 11 April 2023 kemarin pihak Repsol Honda akhirnya mengeluarkan pernyataan untuk menunda keikutsertaan Marc Marquez di putaran ketiga ini.



“Setelah pemindaian CAT terakhir, Marc Marquez dan tim medisnya, dipimpin oleh Dr. Ignacio Roger de Oña, di Ruber Internacional Hospital di Madrid telah memastikan metakarpal pertama masih dalam proses penyembuhan."


“Setelah bekerja sama erat dengan Tim Repsol Honda dan HRC, semua yang terlibat telah memilih untuk membiarkan cedera sembuh sepenuhnya dan menghindari risiko yang tidak perlu."


"Marquez akan terus bekerja melalui program rehabilitasinya di rumah untuk kembali dengan kebugaran penuh sesegera mungkin."



Demikian bunyi pernyataan Repsol Honda. Setelah itu giliran Ducati yang mengumumkan bahwa Enea Bastianini juga akan absen di MotoGP Amerika.

Enea Bastianini juga akan absen dari MotoGP Amerika 2023.


Bastianini cedera sehari lebih awal dari Marquez. Ia tersingkir dari Sprint race GP Portugal setelah disodok leh Luca Marini.


Pembalap Italia itu mengalami patah tulang belikat dalam kecelakaan itu, dan terpaksa absen dari Argentina pada minggu berikutnya.


Nah, meski sempat mencoba berkendara di sirkuit Misano dengan Ducati Panigale V4S pada Selasa, 11 April 2023, namun Bastianini akhirnya memutuskan untuk tidak balapan di MotoGP Amerika.



Keputusan ini ia buat setelah melakukan pemeriksaan dan konsultasi bersama dokter bedah yang merawatnya, Dr Porcellini.


Menurut David Emmett, seorang jurnalis sekaligus pemerhati MotoGP, dan editor untuk situs motomatters.com, seperti halnya Marquez, keputusan Bastianini itu masuk akal.


"Austin adalah trek paling fisik dalam kalender, menuntut banyak kekuatan dan energi tubuh bagian atas selama balapan 20 putaran. Cukup berat bagi pengendara yang fit sepenuhnya, bagi siapa pun yang masih dalam pemulihan dari patah tulang, tekanannya bisa terlalu besar."


Demikian penuturan David Emmett dikutip dari motomatters.com.



Michele Pirro pun kemudian direkrut untuk menggantikan Enea Bastianini. Sementara di kubu Repsol Honda, Stefan Bradl ditunjuk menggantikan Marc Marquez.


Selain dua nama pembalap besar yang akan absen di MotoGP Amerika, ada lagi Pol Espargaro dari tim GasGas Tech3 yang sedang menjalani proses rehabilitasi yang diperpanjang. Jonas Folger ditunjuk menggantikan Pol Espargaro.


Dengan demikian, hanya Miguel Oliveira satu-satunya pembalap yang cedera di Portimao, yang akan balapan di MotoGP Amerika. Meski demikian, pembalap RNF Aprilia itu harus menjalani pemeriksaan medis sebelum bisa balapan.


Teks: Indramawan

Foto: motogp.com

Comments


bottom of page