top of page
  • Gambar penulisEditor

Inilah Mercedes-Benz S-Class dan E-Class Rakitan Bogor

Sedan mewah produksi pabrik Mercedes-Benz Indonesia di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat.

OTOPLUS-ONLINE I PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia dan Mercedes-Benz Indonesia melakukan 'roll-off' dua sedan mewah terbaru, yaitu S-Class dan E-Class yang diproduksi di pabrik Mercedes-Benz Indonesia di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat.


Turut hadir pada prosesi “roll-off” tersebut, Duta Besar Republik Federal Jerman untuk Indonesia, H.E. Ibu Ina Lepel dan Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Transportasi, dan Elektronika (ILMATE), Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Bapak Taufiek Bawazier.

Dari kiri: Choi Duk Jun, Presiden Direktur PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, H.E. Ms. Ina Lepel, Duta Besar Republik Federal Jerman untuk Indonesia – Bapak Taufiek Bawazier, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Transportasi, dan Elektronika (ILMATE), Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Patrick Schwind Presiden Direktur, PT Mercedes-Benz Indonesia berfoto bersama di pabrik Wanaherang, Bogor


Diperkenalkannya dua sedan mewah Mercedes-Benz tersebut melanjutkan komitmen kuatnya sebagai satu-satunya perusahaan mobil Eropa yang berinvestasi dan merakit kendaraan di fasilitasnya sendiri di Indonesia.

“Sedan mewah baru dari Mercedes-Benz menjadi tolok ukur di kelasnya masing-masing, dan kami bangga produk baru ini dirakit di pabrik Mercedes-Benz Indonesia di Wanaherang,” ujar Choi Duk Jun, Presiden Direktur, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia


Baca juga: Ini Alasan Mercedes-Benz AMG G63 Jadi SUV Pilihan CEO, Bos Mafia, Sampai Raja! Dalam kunjungan tersebut, perwakilan Kedutaan Besar Republik Federal Jerman untuk Indonesia dan perwakilan Kementerian Perindustrian diundang ke fasilitas produksi PT Mercedes-Benz Indonesia untuk plant tour yang dipimpin oleh Patrick Schwind, Presiden Direktur PT Mercedes-Benz Indonesia.

S-Class (kiri) dan E-Class baru rakitan Bogor

“Kami sangat bangga, bahkan selama pandemi, kami telah berhasil merakit S-Class baru dan E-Class baru. Mercedes-Benz S-Class adalah limusin mewah terkemuka di segmennya dan kami telah berhasil menerima 'Green Quality Release' dari auditor independen untuk perakitan kendaraan ini di Indonesia,” terang Patrick.


"Kami melanjutkan jalan kami untuk merakit kendaraan Mercedes-Benz berkualitas tinggi dengan mengikuti standar kualitas bersertifikat. Kami bangga memiliki sekelompok talenta yang sangat termotivasi dan bersemangat dalam merakit mobil Mercedes-Benz untuk pelanggan Indonesia kami."

Mercedes-Benz dapat melihat kembali sejarah penuh warna di Indonesia. Sebagai informasi, kendaraan bermotor pertama yang pernah ada di Nusantara adalah Benz: Benz Victoria Phaeton. Kendaraan ini dimiliki oleh Soesoehoenan Solo, Pakoeboewono X yang membeli kendaraan tersebut pada tahun 1894. Benz Victoria Phaeton menandai dimulainya era mobilitas di Indonesia.

Baru pada tahun 1970 perusahaan manufaktur dan perusahaan distribusi Mercedes-Benz didirikan, namun Pada tahun 1973, mobil penumpang Mercedes-Benz pertama dirakit di Indonesia, pendahulu dari E-Class, generasi Mercedes-Benz W 115, juga dikenal sebagai Mercy Mini.



Sementara S-Class rakitan lokal pertama yang masih dianggap sebagai limusin termewah di Indonesia adalah generasi W 126 yang dikenal sebagai 'Eagle' atau Elang pada tahun 1979.


Pada tahun 1978, pembangunan pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang dimulai dan mulai beroperasi pada tahun 1982. Salah satu model pertama yang dirakit di sini adalah G-Class atau 'G-Wagon' yang ikonik.

Tamu undangan beserta karyawan PT Mercedes-Benz Indonesia berfoto dengan S-Class baru dan E-Class baru yang dirakit di pabrik Wanaherang

Saat ini, PT Mercedes-Benz Indonesia beroperasi di area seluas 411.000 meter persegi, dan memproduksi kendaraan berkualitas tinggi yang diharapkan oleh pelanggan cerdas dari Mercedes-Benz.


Sepuluh model Mercedes-Benz dirakit di pabrik di Wanaherang, ditujukan untuk pasar Indonesia: sedan A-Class, C-Class, E-Class dan S-Class, serta SUV GLA, GLC, GLE dan GLS, dan AMG A 35 Sedan dan GLA 35. Teks: Nugroho Sakri Yunarto Foto: Mercedes-Benz Indonesia

bottom of page