• Editor

Isuzu Trooper Bighorn Irmscher-R Turbodiesel 1989 Ini Super Langka

Satu dari 100 unit yang dimodifikasi oleh tuner Opel, Irmscher Automobilbau bersama dengan Isuzu.

OTOPLUS-ONLINE I Isuzu Trooper 1989 ini adalah satu dari 100 unit yang dimodifikasi oleh tuner Opel, Irmscher Automobilbau bersama dengan Isuzu.

SUV ini diyakini telah diimpor ke Amerika Serika pada 2015 setelah sebelumnya berada di museum Jepang. Setelah berada di Amerika Serikat, mobil ini kemudian dibeli oleh penjualnya yang sekarang, dari pemilik sebelumnya tiga tahun lalu.

Begitulah riwayat kepemilikan Isuzu Trooper Bighorn Irmscher-R Turbodiesel 1989 yang diklaim super-rare atau super langka ini seperti kami kutip dari Bring A Trailer, sebuah platform lelang digital yang berkantor di San Francisco, California.


Baca juga: Isuzu Trooper II Turbodiesel 5-Speed 1986 Ini Terjual Rp243 Juta di Platform Lelang Digital

Kondisi pemakaian Trooper ini menunjukkan angka 41.000 Km, dan ditawarkan sesuai dengan appraisal report tahun 2016, dan dilengkapi dokumen Illinois yang lengkap. Alhasil laku terjual pada 15 April 2019 lalu dengan harga $22,500 atau jika dikurskan ke rupiah sekitar Rp320 juta.

Berikut ini beberapa detail menarik dari Isuzu Trooper Bighorn Irmscher-R Turbodiesel 1989:


Eksterior

Finishing pada bagian eksterior dilakukan dengan warna putih grafis Irmscher. Fitur termasuk bumper depan dengan lampu kabut terintegrasi, flare fender, step bar, hard cover untuk ban serep yang dipasang di belakang, hood scoop, dan flap lumpur bermerek.


Interior

Kabin dengan sistem kemudi di bagian kanan dilengkapi dengan kursi Recaro dua warna dengan sandaran kepala loop mesh.


Baca juga: 40th Anniversary Chevrolet Trooper: Kisah 20 Tahun Lebih Bersama Si Polisi Hutan


Lingkar kemudi berbalut kulit dan bermerek Irmscher, dan inclinometer yang dipasang di tengah dasbor. Odometer menunjukkan 41.000 Km.


Modifikasi Irmscher

Sementara modifikasi yang dilakukan Irmscher meliputi grafis eksterior, fender flare, velg palang delapan, jok Recaro, inclinometer, lingkar kemudi berlapis kulit, dan banyak lagi.


Mesin dan Girboks

Mesin turbodiesel empat 2.8 liter 4JB1 intercooler mengirimkan tenaga ke belakang atau keempat roda melalui gearbox manual 5-percepatan dan transfer case 2-percepatan.


Baca juga: 40th Anniversary Chevrolet Trooper: Berjasa Sukseskan PON XI Jakarta 1985


Pekerjaan perawatan dan perbaikan yang dilakukan selama tiga tahun terakhir termasuk pemasangan new clutch slave cylinder baru pada Agustus 2018, peningkatan alternator pada Juni 2018, serta penggantian oli pada Mei 2017.


Teks: Indramawan

Foto: Bring A Trailer