• Editor

Jonathan Rea Double Winner, Toprak Razgatlioglu World Champion 2021

Hasil putaran ke-13 WorldSBK 2021 di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit pada 21 November 2021.

Sportivitas yang luar biasa ditunjukkan Jonathan Rea dan Toprak Razgatlioglu di tengah kerasnya persaingan perebutan gelar juara dunia


OTOPLUS-ONLINE I "Selamat @toprak_tr54, musim kompetisi yang sangat mengesankan. Nikmatilah moment ini!" Begitulah bunyi caption pada unggahan Jonathan Rea di akun instagram yang dituliskannya sebagai ucapan atas keberhasilan Toprak Razgatlioglu menjadi juara dunia WorldSBK 2021.

Jonathan Rea dan Toprak Razgatlioglu saling memberikan ucapan usai menyelesaikan Race 1


Satu jam kemudian, Toprak pun membalas ucapan selamat ini. "Terima kasih legend (sebutan Toprak kepada Rea sebagai pembalap legendaris WorldSBK dengan 6 gelar juara dunia berturut-turut 2015 - 2020). Sangat menyenangkan dan sebuah kebanggan bagi saya untuk bertarung melawanmu. Terima kasih untuk semuanya CHAMP @jonathan_rea."


Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit sebagai tempat penyelenggaraan putaran ke-13 atau putaran terakhir WorldSBK pada 21 November 2021 kemarin memang meninggalkan kesan tersendiri kepada dua pembalap ini.


Baca juga: Cuaca Buruk Perburuk Peluang Jonathan Rea Pada Penentuan Juara Dunia WSBK 2021 di Mandalika


Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha with Brixx WorldSBK Team) mempersembahkan gelar juara dunia WorldSBK 2021 yang baru saja diraihnya di sirkuit Mandalika Lombok, NTB ini kepada mendiang ayahnya.

Foto yang diunggah Toprak di akun Instagram-nya 5 hari sebelum dia menjadi juara dunia WorldSBK 2021 disertai caption: "I will do my best for you this weekend dad T.T.A


"Ini adalah untuk ayah saya," kata pembalap kelahiran Alanya, Turki, 16 Oktober 1996 ini. "Dia banyak membantu saya, tapi sayang dia sekarang tidak mungkin melihat saya menjadi juara dunia. Tapi dia selalu berkata, 'Toprak akan menjadi juara dunia.' Dia meninggal empat tahun lalu, tapi hari ini kami berhasil menjadi juara, dan semua ini saya persembahkan untuknya."

Jalannya Race 1 yang digelar dalam kondisi kering dimenangkan Rea dan disusul Toprak


Toprak berhak menyandang gelar juara dunia World Superbike 2021, meskipun hanya menempati posisi kedua di Race 1, dan posisi keempat di Race 2.


Sementara Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK) meski berhasil menjuarai Race 1 dan Race 2, namun perolehan total poinnya tak mampu mengejar rival beratnya itu.

Aksi wheelie dilakukan Toprak Razgatlioglu tepat di garis finish untuk merayakan keberhasilannya


Bahkan pengumuman Toprak Razgatlioglu sebagai juara dunia WorldSBK 2021 telah diumumkan usai Race 1 digelar pada Minggu siang, 21 November 2021.


Baca juga: Jonathan Rea Merasa Sirkuit Mandalika Cocok dengan Kekuatan ZX10-RR


Sebab dengan total angka 551 hingga Race 1 digelar, Toprak mampu mengunci gelar juara dunia di Race 1 WorldSBK Mandalika.


Pasalnya, meski menempati posisi pertama Race 1, namun total angka Jonathan Rea hanya 526 poin. Meski beda poin keduanya 25 poin, namun Toprak lebih banyak memenangkan balap ketimbang Rea.

Selebrasi keberhasilan Toprak jadi juara dunia WorldSBK 2021


Dengan demikian, Toprak dinyatakan berhak mempersembahkan gelar juara dunia WorldSBK kepada Yamaha sejak musim 2009.


Acung jempol buat Jonathan Rea yang meski tak mampu memenuhi ambisinya mempertahankan gelar juara dunia 7 kali berturut-turut, namun tetap tampil maksimal di Race 2 yang digelar Minggu sore, 21 November 2021.


Baca juga: Persiapan Akhir Toprak Jelang Penentuan Juara Dunia SBK 2021 di Mandalika: Sabit Rumput!


Sempat terganggu oleh hujan, Race 2 ini mengalami penundaan start. Akhirnya diputuskan untuk mengurangi jumlah putaran dari 21 lap menjadi 12 lap saja.

Jonathan Rea kembali memenangkan Race 2 yang kali ini digelar dalam kondisi hujan


Pada kesempatan ini, Jonathan Rea bertartung dengan Scott Redding (Aruba.it Racing – Ducati) di posisi terdepan. Sementara Toprak berada di posisi keempat, di belakang Michael van der Mark (BMW Motorrad WorldSBK Team).


Baca juga: Ditundanya ATC 2021 di Sirkuit Mandalika, Marshal Tak Mau Kerja atau Dyan Dilato Hina Marshal?


Meski akhirnya Jonathan Rea mampu menjadi double winner di WorldSBK Mandalika, namun poin yang dikumpulkannya (551 poin) tak mampu mengejar perolehan total poin Toprak Razgatlioglu (564 poin).

Jonathan Rea puas dengan hasil balap yabg diraihnya


"Balap yang super, sangat puas dengan itu," kata Rea dalam Instagram-nya. "Setelah FP1 pada hari Jumat kami menghadapi beberapa kesulitan dan untuk bangkit seperti ini, untuk kembali dan menang di lintasan kering dan menang di lintasan basah seperti ini, saya sangat senang."


"Selamat untuk Toprak dan timnya. Mereka melakukan musim yang luar biasa, mereka sangat cepat!"





Teks: Indramawan

Foto: www.worldsbk.com, Instagram @jonathan_rea, Instagram @toprak_tr54