• Editor

Khofifah Jajal Sirkuit Mandalika Bersama Mario Aji, Pembalap Moto3 Asal Magetan

Khofifah beri dukungan kepada Mario Aji saat berlatih menghadapi gelaran Moto3 di sirkuit Mandalika.

Khofifah bersama Mario Aji menjajal sirkuit Mandalika pada Rabu, 19 Januari 2022 kemarin (Foto: Instagram @khofifah.ip)


OTOPLUS-ONLINE I Ada yang menarik pada akun Instagram milik Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.


Pada hari Rabu, 19 Januari 2022 kemarin, Khofifah mengunggah foto-foto dirinya menjajal Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan menggunakan Honda ADV150.


Menariknya lagi gubernur perempuan pertama di Jatim ini bersama dengan Mario Suryo Aji, pembalap binaan Astra Honda Racing Team (AHRT) yang menjadi satu-satunya wakil Indonesia di Grand Prix (GP) Moto3 pada musim 2022 mendatang, bersama dengan Honda Team Asia (HTA).

Khofifah memberikan dukungan kepada Mario Aji yang akan berlaga secara penuh di Moto3 2022 (Foto: Instagram @khofifah.ip)


"Alhamdulillah, berkesempatan menjajal Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan skuter matic sembari memberi dukungan kepada Mario Suryo Aji, Riders asal Magetan Jawa Timur dalam sesi latihan jelang Moto 3 GP," tulis Khofifah.


"Tahun ini Mario akan berlaga di 16 negara sebanyak 21 seri di berbagai belahan dunia. Mohon do'a semuanya ya. Semoga Mario sukses membawa harum nama Indonesia. Rabu (19/1)," imbuhnya.


Bukan kali ini saja Khofifah memberikan dukungan kepada Mario. Sebelumnya, pada 11 Desember 2021 lalu Mario pernah diundang ke Gedung Grahadi yang merupakan rumah dinas Gubernur Jawa Timur.


Baca juga: Pembalap Astra Honda Racing Team Unjuk Gigi di CEV Aragon


Sementara itu, mengutip dari situs resmi Astra Honda didapat informasi perjalanan karier Mario di arena balap.

Mario Aji adalah pembalap muda asal Magetan, Jawa Timur yang baru berusia 17 tahun, dan merintir karier sebagai pembalap profesional dari Astra Honda Racing School (AHRS) tahun 2016.


AHRS merupakan program dasar pembinaan balap berjenjang AHM untuk mengembangkan bakat pembalap belia di Tanah Air. Selepas program tersebut, performa Mario semakin berkembang. Kesempatan untuk berprestasi di ajang balap yang lebih tinggi pun semakin terbuka.


Pada tahun 2017, Mario mulai mengikuti ajang Thailand Talent Cup. Aksi balapnya pun semakin gemilang. Hal ini membuatnya dipercaya menjadi bagian pembalap AHRT yang turun di ajang Asia talent Cup (ATC) dan Asia Road Racing Championship (ARRC) di kelas AP250 pada tahun 2018. Di ajang balap ATC, Mario mampu mengisi posisi 5 besar dan pada ajang ARRC AP250.


Baca juga: Mario Suryo Aji, Rider Asal Magetan Balapan di Dua Seri Moto3 World Championship 2021


Performa balap yang apik dari Mario membuka kesempatan untuk turun di ajang FIM CEV Moto3 Junior World Championship pada tahun 2019.

Mario Suryo Aji saat mengikuti putaran ke-3 FIM CEV Moto3 Junior World Championship 2021 di Catalunya - Barcelona (Foto: FIM CEV Repsol)


Memasuki tahun ketiga, penampilan yang semakin impresif. Finish di posisi keempat pada seri Estoril dan mengisi pole position di seri Catalunya merupakan raihan terbaik Mario di musim 2021.

Mario saat merebut pole position di seri ke-3 FIM CEV Moto3 Junior World Championship 2021 di sirkuit Catalunya (Foto: FIM CEV Repsol)


Penampilan balap yang terus berkembang dari Mario, membuat dirinya mendapatkan kesempatan wildcard di ajang GP Moto3 2021 pada seri Misano dan Algarve.


Baca juga: Honda ADV150 Jadi Kendaraan Operasional di Sirkuit Mandalika


Pada seri Misano, Mario sempat mencuri perhatian atas performanya di sesi latihan bebas pertama dengan mengisi posisi keempat.


Namun harapan Mario untuk mencetak prestasi di GP Moto3 seri Algarve, 13 November 2021 kandas seiring dengan insiden cidera pada paha kanan yang dialaminya saat latihan rutin di Barcelona, 2 November 2021.


Setelah mendapat kesempatan emas berlaga di GP Moto3 tahun 2021 lalu sebagai pembalap wildcard, Mario dipastikan akan menjadi pebalap HTA satu musim penuh pada tahun 2022 ini di kelas yang sama, GP Moto3.


Baca juga: Kesiapan Sirkuit Mandalika Gelar MotoGP 2022 Jadi Perhatian Besar Presiden Jokowi


Mario yang telah menjalani operasi dan sedang menjalani proses pemulihan akan berada satu tim bersama pembalap asal Jepang, Taiyo Furusato.

Mario saat berlatih di sirkuit Mandalika menggunakan Honda CBR250RR dengan didampingi Hendriansyah, pembalap legendaris berjuluk Si Dewa Road Race pada Rabu, 19 Januari 2022 kemarin (Foto: Instagram @mariosuryoaj1)


"Post injuries, back on the bike after my femur recovery and first taste of Mandalika Circuit are great! Keep focus. (Setelah cedera, kembali naik motor setelah pemulihan tulang paha saya dan merasakan pertama kali sirkuit Mandalika sangat menyenangkan! Terus fokus)," tulis Mario melalui akun Instagram-nya.


Teks: Indramawan

Foto: Instagram @mariosuryoaj1