• Editor

Konsumsi BBM DFSK Super Cab: Tempuh 12,9 Km per Liter Dengan Beban 1 Ton

Hasil pengujian pada DFSK Super Cab Media Challenge Surabaya.

DFSK Super Cab Media Challenge diikuti 10 media lokal dan nasional


OTOPLUS-ONLINE I Di segmen kendaraan komersial, DFSK menawarkan Super Cab, kendaraan dengan fungsionalitas tinggi, kemampuan andal, perawatan mudah, terjangkau, irit bahan bakar dan biaya operasional yang ekonomis.


Keunggulan yang ditawarkan DFSK Super Cab ini sangat cocok untuk menunjang berbagai aktivitas usaha dan meningkatkan keuntungan bisnis.

DFSK Super Cab, satu-satunya di segmen kendaraan komersial ringan yang menawarkan dua pilihan mesin, yakni Bensin 1.500 cc, dan Diesel 1.300 cc


"DFSK Super Cab dirancang oleh para insinyur kami untuk memenuhi kebutuhan konsumen kami di Indonesia, baik dari segi konstruksi, fungsinya, tenaga, hingga konsumsi bahan bakar yang ideal bagi konsumen kami," ungkap Achmad Rofiqi, PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile.

Perawatannya mudah dengan biaya perawatan yang terjangkau


"Kami berharap kehadiran DFSK Super Cab, dan seluruh kendaraan yang kami tawarkan, bisa menjadi solusi mobilitas yang dibutuhkan serta memberikan keuntungan yang lebih banyak bagi usaha konsumen kami. Pada akhirnya, peningkatan usaha ini akan membantu perekonomian negara untuk terus bergerak dan semakin baik di masa mendatang," ujarnya.


Baca juga: Driving Impression DFSK Super Cab 1.3L Turbo Diesel (1): Kabin Lega untuk 3 Orang


Untuk membuktikan efisiensi bahan bakarnya PT Sokonindo Automobile selaku produsen DFSK yang bermarkas di Cikande, Serang Banten menggelar event DFSK Super Cab Media Challenge.


“Surabaya jadi kota keempat setelah Jakarta, Denpasar dan Bandung yang menyelenggarakan event ini,” tukas Achmad Rofiqi.

Yansen Tan, Operational Manager CV Manang Sejahtera Abadi (MSA)


“Melalui event ini awak media akan membuktikan sendiri bagaimana rasa berkendara dan seberapa efisien DFSK Super Cab saat dipakai beraktivitas layaknya kendaraan komersial,” ujar Yansen Tan, Operational Manager CV Manang Sejahtera Abadi, dealer utama DFSK wilayah Surabaya dan Sidoarjo. Unit yang disiapkan yaitu Super Cab 1.5 DVVT yang bermesin bensin 1.500 cc.

Tantangan suhu udara mencapai 39 derajat celsius, dan setiap kendaraan diisi 1 ton semen


Untuk mensimulasikan kondisi sebenarnya, setiap kendaraan diisi dua orang awak media sebagai penumpang beserta 20 sak semen sehingga beban total yang digendong mencapai 1 ton.


Baca juga: Test Drive DFSK Super Cab 1.5L Gasoline Surabaya - Pasuruan


Tantangan lain adalah dari suhu udara Surabaya yang saat pengetesan ini mencapai 39 derajat celcius.

Menggunakan metode penghitungan full to full


Penghitungan konsumsi bahan bakar menggunakan metode full to full. Setelah bahan bakar dipastikan penuh hingga bibir tangki dan disegel, setiap peserta start dan diwajibkan mengikuti rute yang telah ditentukan dengan total jarak 62 kilometer.

Setiap peserta ditantang mengemudikan seefisien mungkin menempuh rute sejauh 62 Km mengunjungi dealer-dealer DFSK milik MSA yang berjumlah 5 outlet


Tiba di lokasi finish, tangki kembali diisi penuh hingga kembali ke bibir tangki. Tiga Super Cab teririt mencatatkan konsumsi bahan bakar di atas 12 km/liter yaitu 12,9 km/liter, 12,7 km/liter dan 12,4 km/liter.

Rute bervariasi, mulai jalan tol yang lancar sampai jalan arteri yang macet


“Uji coba yang kami lakukan kali ini merupakan simulasi bagaimana DFSK Super cab digunakan sehari-hari dengan mengangkat beban yang berat dan menghadapi berbagai kondisi jalan di Surabaya dengan cuaca panas ekstrem," ungkap Achmad Rofiqi.

Total 5 ton semen disumbangkan untuk masjid di sekitar lokasi dealer DFSK Kenjeran oleh Cheliyono Jenardi T., Direktur MSA (kanan)


"Efisiensi bahan bakar yang dihasilkan ini tergolong sangat ekonomis dan bisa membantu menekan biaya operasional, hingga akhirnya meningkatkan omset keuntungan usaha lebih baik lagi."


Baca juga: Uji Coba Jalan Raya, Konsumsi BBM DFSK Super Cab Tembus 12,3 Km/Liter


"Ini adalah bukti nyata yang kami hadirkan dan kami berharap akan semakin banyak konsumen yang kemudian merasakan keunggulan yang ditawarkan DFSK Super Cab untuk para pengusaha di Indonesia," pungkasnya.


Tipe dan Harga OTR Surabaya DFSK Super Cab (Oktober 2021)

  • 1.5 DVVT (Bensin): Rp159.750.000

  • 1.3 TDI (Diesel): Rp190.750.000


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Nugroho Sakri Yunarto, DFSK