• Editor

Mengenal Teknologi i-Smart Pada MG HS Magnify

Fitur Smart Drive, Smart Check, Smart Command, dan Smart Connect yang canggih ini mewujudkan kemajuan teknologi Internet of Things.

Eksteriornya tidak berbeda dengan MG HS tanpa teknologi i-Smart


OTOPLUS-ONLINE I MG i-Smart yang merupakan sekumpulan kecerdasan simbol keistimewaan MG HS tipe Magnify meliputi Smart Drive, Smart Check, Smart Command, dan Smart Connect yang canggih ini mewujudkan kemajuan teknologi Internet of Things (IoT) yang begitu pesat serta memungkinkan penggunanya untuk selalu terhubung dengan kendaraannya setiap saat. Semua itu disematkan guna memberikan kemudahan dan keselamatan yang prima bagi seluruh pengendara MG.

Seremoni peluncuran MG HS i-Smart Magnify dilaksanakan hari ini, 2 Juni 2021


“Memasuki tahun kedua beroperasinya MG di Indonesia, respon konsumen terasa semakin positif dan membuat kami semakin percaya diri. Kebutuhan masyarakat untuk senantiasa terhubung serta keeratannya dengan teknologi yang kian besar,“tutur Arief Syarifudin, Marketing and PR Director MG Motor Indonesia.

Arief Syarifudin, Marketing and PR Director MG Motor Indonesia


"Kami mempunyai data kalau orang Indonesia yang mengakses internet ada sebanyak 202 juta jiwa dimana 96,4 persennya melalui perangkat mobile atau ponsel. Hal itulah yang memicu kami untuk menyegarkan MG HS dengan injeksi teknologi MG i-Smart,“ lanjutnya.

Smart Drive

MG Pilot yang merupakan kesatuan Advanced Driver Assistance System (ADAS) pada MG HS merupakan teknologi berkendara otonom yang canggih dan dapat membuat pengemudi berkendara dengan kepercayaan diri ekstra dan merasa aman selama di perjalanan.


Baca juga: MG HS i-Smart Magnify: SUV Pintar Berteknologi MG i-Smart


Kamera 360 derajat kini melengkapi visualisasi pengemudi dari segala sudut saat mengemudi sehingga meningkatkan kemampuan antisipasi pengemudi dari kemungkinan terjadinya insiden. Gambar visualnya dapat dilihat pada layar sentuh infotainment display berpenampang 10,1 inci.

Adanya Lane Assist System (LAS) yang terdiri dari Lane Departure Warning (LDW), Lane Departure Prevention (LDP) serta Lane Keep Assist (LKA) yang akan memperingatkan serta mengoreksi pengendara agar tetap berada pada lajur yang tepat saat berkendara


Kecanggihan MG HS i-Smart ini ditunjukkan dengan adanya Lane Assist System (LAS) yang terdiri dari Lane Departure Warning (LDW), Lane Departure Prevention (LDP) serta Lane Keep Assist (LKA) yang akan memperingatkan serta mengoreksi pengendara agar tetap berada pada lajur yang tepat saat berkendara.


Ada juga Front Drive Assist (FDA) juga tersedia untuk memberi ragam kemampuan pada kendaraan yang dapat menyesuaikan dengan keadaan di depannya. Contohnya adalah Adaptive Cruise Control sebagai sistem otomatis yang menyesuaikan kecepatan dan jarak kendaraan dari kendaraan lain yang ada di depannya, atau Traffic Jam Assist (TJA) yang mampu mengatur laju kendaraan secara otomatis pada saat kendaraan berada di tengah kemacetan.


Baca juga: MG HS Tawarkan Kualitas The Best Medium SUV Dengan Harga Memikat


Terakhir adalah Rear Drive Assist (RDA) yang akan membantu pengemudi lebih memperhatikan keadaan di bagian belakang kendaraan lewat fitur keselamatannya yang canggih seperti Door Opening Warning (DOW) dan Blind Spot Detection (BSD).

Smart Check

Dengan teknologi MG i-Smart, pengguna MG HS dimudahkan untuk melakukan banyak hal dari jarak jauh menggunakan ponsel tentunya setelah mendownload aplikasi MG. Mulai dari menyalakan mesin dan AC, membuka dan mengunci pintu, memantau performa dan kondisi mobil seperti tekanan ban, volume bahan bakar, hingga mengecek dan menemukan letak kendaraan.


Baca juga: MG HS, Line Up Terbaru MG Motor Indonesia Yang Lebih Sporty


Selain itu, para pengguna juga dapat menemukan tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi sebelum melakukan perjalanan dan menggunakannya sebagai Travel Plan.


Seluruhnya dapat diakses pada sebuah aplikasi bernama MG i-Smart yang kini sudah tersedia untuk diunduh pada Google Play Store dan App Store.

Smart Command

Teknologi MG i-Smart pun semakin memudahkan para pengemudi sepanjang perjalanannya bersama MG HS yang kini memungkinkan mereka tetap fokus dalam berkendara. Cukup sapa mobil dengan “Hello, MG!” maka sistem kendaraan dapat membantu pengemudi untuk melakukan banyak hal hanya lewat perintah suara.

Pengemudi bisa melakukan banyak hal hanya lewat perintah suara.


Mengatur suhu AC, membuka-menutup sunroof atau jendela sampai memainkan music juga mengangkat panggilan telepon dapat dilakukan melalui perintah suara.

Smart Connect

Dengan Smart Connect pada teknologi MG i-Smart pengemudi maupun penumpang akan tetap dapat terhubung saat berkendara. Mencari lokasi penting yang ingin dituju seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit sampai tempat kekinian menjadi sangat mudah karena dapat diakses langsung pada layar infotainment system. Belum lagi aktivitas streaming musik secara online untuk menemani para pengguna MG melewati kemacetan, melihat keadaan jalanan secara real time lewat Smart Navigation, atau pun selalu update dengan informasi cuaca terkini melalui AVN Weather.

Smart Connect pada teknologi MG i-Smart pengemudi maupun penumpang akan tetap dapat terhubung saat berkendara


Fitur-fitur canggih yang memudahkan para pemilik MG ini menjadi mungkin berkat dukungan besar dari sejumlah mitra MG. Untuk Mobility Assistant Platform dikembangkan oleh Cerence yang membenamkan teknologi kecerdasan buatan untuk dapat mengenali hingga lebih dari 100 perintah suara yang dapat diakses pada MG HS i-Smart. Kemampuan itu akan terus bertambah seiring pembaruan perangkat lunak.


Baca juga: MG Perkenalkan Mobil Listrik Pertamanya di Indonesia, MG ZS EV di IIMS Hybrid 2021


MG juga berkolaborasi dengan Bosch untuk mengembangkan teknologi MG Pilot – ADAS yang menjadi ciri khas terbaru dari teknologi MG dan memperkuat reputasinya sebagai mobil yang aman untuk dikendarai.


Kerja sama dengan sejumlah perusahaan teknologi lainnya turut menyempurnakan ekosistem MG i-Smart menjadi teknologi cerdas yang dapat diandalkan, beberapa di antaranya adalah Here untuk sistem peta dan navigasi, serta Cloud Service dari Amazon Web Service (AWS). Keseluruhan sistem tersebut dilengkapi juga dengan fungsi FOTA (Firmware Over the Air) yang memudahkan pengguna untuk melakukan membaruan firmware secara online melalui koneksi internet.

Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: MG