• Editor

Pilih Obat Jamur Kaca Sesuai Spesifikasi Material Kaca

Salah penanganan bisa berdampak negatif pada kaca.

Kebersihan kaca depan menunjang keamanan dan kenyamanan berkendara


OTOPLUS-ONLINE I Kenyamanan dan keamanan berkendara ditentukan oleh banyak hal. Salah satunya kebersihan kaca depan.


Selain tidak sedap dipandang, kaca depan yang kotor juga mengurangi visibilitas pengemudi. Kaca depan yang bersih membuat pandangan ke depan menjadi leluasa dan jernih.


Noda ataupun kotoran pada kaca akan mudah dibersihkan bila segera diseka dengan air bersih.

Jamur yang sudah terlanjur terbentuk harus ditreatment secara khusus


“Tapi kalau noda pada kaca sulit dibersihkan meskipun sudah berulang kali dicuci maka kemungkinan permukaan kaca mobil sudah banyak dihinggapi jamur. Perlu penanganan khusus untuk menghilangkan jamur yang terbentuk pada permukaan kaca,” jelas Roni Agung, Workshop Head Body & Paint Astra Peugeot Sunter.


Baca juga: Reflektor Headlamp Peugeot Lawas Menguning


Jamur pada kaca bisa muncul karena air, biasanya air hujan yang tidak segera diseka dan dikeringkan. Air hujan yang kemudian langsung terpapar terik panas matahari dan terbentuklah water spot mula munculnya jamur.


Namun keadaan ini terkadang sulit dihindari jika mobil kita terparkir di tempat terbuka di musim penghujan yang sebentar hujan dan sebentar terik. Kondis itu kian mempercepat proses munculnya jamur. Titik-titik air akan menguap dan meninggalkan kerak air.


Baca juga: Tips Menjaga Mobil Tetap Sehat di Masa PPKM Darurat


Hujan, panas bisa mempercepat terbentuknya jamur kaca


Selain itu faktor alam, kesalahan langkah pada proses pencucian juga dapat menyebabkan timbulnya jamur. Sebaiknya lakukan pencucian mobil saat panas matahari tidak terik.


Seperti saat pagi hari antara pukul 7-8 atau sore hari antara pukul 16-17. Gunakan shampoo khusus untuk mobil dan lap microfiber untuk membasuhnya.


Baca juga: Daihatsu Berikan Tips Rem Blong pada Mobil Matic, Bisa Terjadi Karena Vapor Lock!


Pastikan pengeringan dilakukan sempurna guna menghindari munculnya water spot yang bisa memicu munculnya jamur.


Lalu bagaimana kalau permukaan kaca sudah terlanjur dipenuhi jamur?


“Untuk menghilangkannya pun tidak bisa sembarangan. Di pasaran memang banyak produk cairan khusus untuk mengusir jamur kaca ditawarkan. Tapi yang harus diperhatikan spesifikasi material kaca setiap produsen mobil berbeda-beda, khususnya untuk mobil-mobil buatan Eropa, seperti Peugeot yang asalnya dari Perancis. Salah penanganan bisa berdampak negatif pada kaca. Bukannya jernih, kaca justru menjadi berkabut,” wanti Roni.


Baca juga: Busi Mati Dalam Kondisi Darurat? Ini Solusinya!


Untuk Peugeot, Roni memastikan seluruh cabangnya menyediakan servis khusus rawat kaca mobil yang dikerjakan oleh mekanik terlatih dengan material dan peralatan khusus.


Paket perawatan ini masuk dalam kategori perawatan eksterior, namun prosedurnya bisa dikerjakan terpisah atau khusus.

Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Nugroho Sakri Yunarto, Peugeot