• Editor

Porsche 911 GT2 RS Manthey Performance: Mobil Jalan Raya Tercepat di Nürburgring

Manthey Performance Kit tersedia dan bisa dipesan sekarang di Porsche Centers untuk pelanggan di Eropa, menyusul di negara lain.

Kern menorehkan kecepatan rata-rata 185,87 km/jam di atas 911 GT2 RS Manthey Performance


OTOPLUS-ONLINE I Nurburgring Nordschleife merupakan sirkuit jalan raya yang menjadi laboratorium pengujian bagi banyak produsen mobil atau performance part ternama. Porsche bahkan membangun markas riset dan pengembangan produk-produk mereka di sini.


Pasalnya sirkuit sepanjang 20,8 kilometer ini memiliki berbagai kondisi pengetesan yang sempurna untuk mewakili kondisi jalanan sesungguhnya.

Tim Porsche untuk pemecah rekor waktu putaran tercepat di Nurburgring Nordschleife bersama 911 GT2 RS Manthey Performance Kit untuk kategori mobil jalan raya


Rekor lap di Nurburgring Nordschleife untuk kategori mobil jalan raya adalah 6 menit 48,047 detik (6:48.047). Pada 14 Juni lalu, di hadapan notaris rekor itu berhasil dipecahkan Porsche 911 GT2 RS dengan catatan waktu 6 menit 43,3 detik (6:43,300).

Baca juga: Driving Impression Porsche Macan (1): Compact SUV Keren Sekaligus Garang!


Bukan 911 GT2 RS versi reguler melainkan 911 GT2 RS yang telah dilengkapi dengan Manthey Performance Kit!

Dalam kondisi standar top speed 911 GT2 RS mencapai 317 km/jam, dengan Manthey Performance Kit top speed meningkat jadi 339 km/jam


Performance Kit baru yang dikembangkan sebagai bagian dari kolaborasi erat antara insinyur Porsche di Weissach dan spesialis Nordschleife Manthey di Meuspath. Komponen yang masuk dalam katalog PorscheTequipment berfokus pada aplikasi di sirkuit dan dijual melalui Porsche Centres.


Manthey Performance Kit dari Porsche Tequipment terdiri dari komponen sasis, aerodinamis, dan rem yang dikembangkan khusus untuk 911 GT2 RS. Ini juga termasuk pelek magnesium alloy ringan Weissach Package.

“Komponen individual Performance Kit sangat cocok satu sama lain. Mereka hanya menjadi efektif sepenuhnya ketika semuanya dipasang bersama-sama. Sehingga, kit hanya tersedia saat ini sebagai paket lengkap. Penawaran individu saat ini sedang dievaluasi,” kata Alexander Fabig, Wakil Presiden Individualisasi dan Klasik di Porsche AG.


Komponen aerodinamis adalah hal pertama yang Anda perhatikan. Flap tambahan pada spoiler depan meningkatkan downforce pada poros roda depan dalam kombinasi dengan bodi bawah karbon dan elemen pemandu udara tambahan di area roda depan.


Baca juga: Porsche Cayenne Ini SUV Sultan! Harganya Ditentukan Fitur Yang Dipilih!


Downforce meningkat dari 49 menjadi 70 kilogram pada 200 km/jam, dan pada poros roda belakang dari 93 menjadi 200 kg pada kecepatan yang sama. Ini dimungkinkan berkat spoiler belakang baru, diffuser yang dimodifikasi, dan aerodisc di roda belakang.


Suspensi coilover yang dioptimalkan untuk lintasan mendapat manfaat dari pengalaman motorsport bertahun-tahun di Porsche dan Manthey. Tingkat peredaman suspensi depan dapat disesuaikan dengan tiga pengaturan berbeda dan ada empat pengaturan di belakang.


Baca juga: Kendarai Porsche Taycan Turbo S Ini Rasanya Seperti Didorong Jin!


Kampas rem balap khusus untuk sistem rem keramik PCCB mengurangi kikisan pada permukaan rem, sekaligus meningkatkan responsivitas dan presisi kontrol. Garis rem terbungkus baja memastikan umpan balik pedal yang lebih langsung.

Lap rekor baru tercipta berkat dukungan ban Michelin Pilot Sport Cup 2 R untuk pemakaian jalan raya


Pelek magnesium Weissach berdiameter 20 inci di depan dan 21 inci di belakang, menawarkan penghematan bobot 11,4 kg dan tersedia dalam warna Brilliant Silver, Black, Aurum, White Gold Metallic, dan Platinum.


Tangki air tambahan untuk spray-cooling intercooler meningkatkan volume keseluruhan sekitar sembilan liter, sehingga meningkatkan waktu antara pengisian ulang.


Baca juga: Komparasi Tiga Jagoan SUV Coupe Eropa: Mana Paling Menggoda?


“Dengan suku cadang yang baru dikembangkan ini, kami telah membuat mobil yang sangat bagus menjadi lebih baik. 911 GT2 RS dengan Manthey Performance Kit secara sempurna disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan yang ingin membawa mobil mereka ke trek, terutama Nürburgring Nordschleife," lanjut Alexander.

Frank-Steffen Walliser, Wakil Presiden Model Lines 911/718


“Pelanggan GT kami sering menggunakan mobil mereka di sirkuit, seperti pada track days,” kata Frank-Steffen Walliser, Wakil Presiden Model Lines 911/718. “Para insinyur di Manthey dan Porsche telah bersama-sama mengembangkan paket yang disetel sempurna yang memungkinkan 911 GT2 RS memberikan kinerja yang lebih tinggi lagi.”


Lars Kern, pebalap penguji dan pengembangan mobil-mobil sport Porsche memecahkan rekor tersebut di musim panas dengan suhu lintasan 41 derajat.

Lars Kern, pebalap penguji dan pengembangan mobil-mobil sport Porsche


“Dengan Manthey Performance Kit, GT2 RS menempel di trek seperti lem. Anda merasa seperti berada di dalam mobil balap, terutama ketika menaklukkan tikungan dengan cepat," kata pria usia 33 tahun berjuluk Porsche Guy yang menorehkan kecepatan rata-rata 185,87 km/jam pada pemecahan rekor ini.

"Sungguh menakjubkan bagaimana kemampuan mobil ini mengerahkan 700 PS (690,4 dk)-nya, dan mengerem dengan sempurna sembari tetap mudah dikendalikan,” lanjut Lars.


“Kam bangga Lars Kern mampu menciptakan lap rekor baru dengan 911 GT2 RS yang dikembangkan Porsche bersama Manthey Performance. Pengembangan dioptimalkan di banyak area,” kata Nicolas Raeder, Managing Director Manthey-Racing GmbH.

Bisa dipastikan, mobil yang lolos pengujian di Nurburgring Nordschleife akan memiliki performa dan pengendalian hebat, dan Porsche 911 GT2 RS Manthey Performance Kit mampu memangkas lap record hingga 4,747 detik!


Manthey Performance Kit oleh Porsche Tequipment tersedia untuk dipesan sekarang dari Porsche Centers untuk pelanggan di Eropa. Pasar lain akan menyusul. Selain itu, Porsche Approved Warranty sekarang dapat dibeli untuk setiap Porsche 911 GT2 RS dengan Manthey Performance Kit.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Porsche